Aplikasi Edit Video di Laptop Ringan & Gratis Buat Pemula

Arif Rudianto June 13, 2024

Banyak dari para content creator yang merasa belum puas dengan pengeditan video pada aplikasi editing smartphone. Hal ini membuat banyak dari mereka yang beralih dan mencari tahu mengenai aplikasi edit video terbaik di perangkat Laptop atau PC.

Langkah tersebut bertujuan agar hasil video yang akan diupload pada platform media sosial tertentu dapat diterima dan dinikmati oleh para penggemarnya. Sehingga konten yang dibuatnya akan selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmatnya.

Terlebih, berkualitasnya konten video yang dilakukan juga akan mempengaruhi popularitas dari seorang content creator. Jadi, editing video ini memang sangat penting dilakukan baik untuk content creator pribadi maupun yang bekerja untuk instansi.

Tentunya skil editing video ini harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjadikan content creator sebagai pekerjaan utama. Maka dari itu, pemilihan aplikasi editing video juga harus benar-benar diperhatikan agar mendapatkan kualitas video yang bagus.

Nah, pada artikel ini kami tentunya akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi editing video terbaik khusus di perangkat PC atau Laptop. Bagi pembaca yang merasa penasaran maka kami sarankan untuk tetap menyimak artikel ini hingga selesai.

Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik di Perangkat PC dan Laptop yang Ringan & Gratis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemilihan aplikasi edit video di perangkat PC atau Laptop dan smartphone harus benar-benar yang terbaik. Sehingga editing yang lebih leluasa akan mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan.

Terlebih, aplikasi editing video ini juga memiliki perbedaan sesuai fungsi utamanya dari setiap aplikasi. Jadi, penggunanya perlu menentukan jenis aplikasi editing seperti apa yang cocok digunakan untuk melakukan editing video sesuai dengan konten.

Namun beberapa content creator mengkombinasi beberapa aplikasi editing video tersebut untuk mendapatkan kemudahan dalam mengedit sesuai dengan yang dia inginkan. Sehingga kualitas konten yang ia hasilkan akan jauh lebih berkualitas dari yang lain.

Tentunya cara tersebut bisa diikuti oleh orang-orang yang baru memulai karir serupa agar cepat mendapatkan perhatian dari warganet karena konten yang berkualitas. Selain itu, pemahaman konsep dari aplikasi editing video juga harus dipahami baik.

Sehingga pemahaman mengenai setiap aplikasi editing video tersebut akan membantu penggunanya untuk memilih salah satu sesuai dengan konten yang ingin dibuat. Bahkan juga dapat membantu kelancaran editing sesuai dengan konsep tertentu.

Sesuai dengan apa yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa akan memberikan beberapa kumpulan aplikasi edit video terbaik khusus di perangkat PC dan Laptop. Maka tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan beberapa aplikasi editing terbaiknya.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Laptop Gratis yang Ringan & Legal

1. Avidemux

Avidemux

Avidemux adalah aplikasi editing video berbasis Windows yang dirancang untuk membantu penggunanya melakukan editing semudah mungkin. Aplikasi ini akan membantu para penganutnya untuk melakukan editing sekecil dan sebesar apapun.

Aplikasi edit video berbasis di laptop ini dapat menginput video dengan berbagai format. Diantara format tersebut adalah AVI, MPEG, WMV, ASF, MPEG-4, MOV (Quick Time), 3GP, MP4, OGM, dan FLV (Flash Video) yang tentunya sangat beragam format.

Sedangkan hasil video yang diedit melalui aplikasi ini berformat AVI, m1v-m2v, MPG/MPEG (VCD/SVCD/DVD), TS, OGM, MP4, MKV dan FLV. Sehingga dengan keberagaman format yang dihasilkan membuat editor leluasa untuk mengedit jenis video apapun.

Selain fitur format yang sangat beragam, aplikasi ini juga memberikan fitur-fitur dasar yang wajib dimiliki oleh setiap aplikasi editing video. Bahkan aplikasi ini juga banyak memberikan fitur-fitur istimewa lainnya secara gratis tanpa perlu berlangganan.

Tidak perlu bingung untuk menemukan aplikasi ini, sebab pembaca hanya perlu mencarinya pada situs resmi dari Avidemux. Namun sebelum menggunakannya perlu mengetahui lebih lanjut mengenai cara penggunaan dari aplikasi editing video ini.

Baca Juga : Vivavideo Pro Apk No Watermark (VIP Unlocked) Gratis

2. Blender

Blender

Terkhusus para content creator yang membuat konten bertemakan animasi 3D, maka aplikasi Blender ini sangat cocok untuk digunakan. Dimana aplikasi ini selalu menjadi andalan sebagian content creator untuk membuat film animasi dan efek visual.

Namun tentunya tak hanya itu saja, sebab ada banyak konten-konten lain berkaitan dengan animasi 3D yang bisa dibuat melalui aplikasi ini. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk individu maupun studio kecil yang memproduksi konten-konten terkait.

Software ini sendiri dapat digunakan pada beberapa OS seperti Windows, MacOS, dan Linux. Memang terdapat banyak software animasi 3Dyang dapat digunakan, meskipun begitu, Blender tetap menjadi salah satu software animasi 3D terbaik saat ini.

Hal ini tentunya sangat sulit untuk dibantah, mengingat aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang menarik bagi para penggunanya. Seperti misalnya fitur modifier, seamless sculpting, animation, motion tracking, scripting hingga fitur interface.

Melihat dari fitur-fitur yang disediakannya saja, tentunya bisa membuktikan bahwa aplikasi ini merupakan software editing video dengan konsep pembuatan animasi 3D. Tentunya aplikasi ini sangat cocok bagi para pengguna yang memang membuatnya.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video di HP Gratis Tanpa Watermark Buat Pemula!

3. Openshot

Openshot

Aplikasi yang satu ini juga layak dipilih sebagai software editing video gratis dan terbaik di laptop atau PC. Sebab aplikasi ini merupakan pemenang award open source video editing software, sehingga bisa dibilang sebagai aplikasi editing video terbaik.

Openshot sendiri memiliki banyak sekali keunggulan yang beberapa diantaranya yaitu mudah untuk digunakan, dan memiliki fitur-fitur editing yang powerfull. Seperti misalnya mendukung berbagai format video, image, audio, hingga resizing.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendukung scaling, trimming, snapping, rotation, dan cutting video. Meskipun terdapat banyak sekali fitur-fitur yang disediakan, aplikasi ini hanya memiliki ukuran yaitu 125 MB yang tergolong sangat ringan.

Sebenarnya ada banyak sekali fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, akan tetapi untuk menyebutkannya satu persatu akan sangat lama. Fitur-fitur tersebut juga sangat sering dimanfaatkan oleh editor video profesional untuk melakukan editing.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi terbaik yang bisa digunakan oleh setiap content creator. Bahkan juga aplikasi ini menjadi dambaan para content creator pemula karena akses aplikasinya yang gratis.

4. Shotcut

Shotcut

Shotcut adalah multiplatform sumber terbuka dan editor video yang memiliki sejumlah fitur termasuk dukungan untuk TV 4K Ultra HD. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung banyak format video dan audio serta codec, bahkan format gambar juga.

Tentunya aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu pengeditan para editor video. Mulai dari mendukung semua jenis format gambar, pengatur suara, rotasi otomatis, transisi bersih, hingga track composing / mixing mode.

Akan tetapi aplikasi ini tidak bisa sembarangan digunakan, sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahkan dipelajari terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan setiap fitur-fitur editing yang ada di dalamnya agar video menjadi lebih menarik.

Pengguna bisa mempelajari menggunakan aplikasi ini melalui tutorial Youtube agar jauh lebih jelas. Sehingga para editor video yang menggunakan aplikasi ini akan mendapatkan hasil video yang sangat berkualitas dan dapat dinikmati para penggemar.

Maka dari itu, tak heran jika aplikasi ini menjadi salah satu platform aplikasi edit video terbaik di perangkat laptop atau PC. Sebab kerumitan penggunaannya membuat para editor profesional sangat tertantang untuk melakukan editing melalui aplikasi ini.

Artikel Terkait