Aplikasi Edit Foto Laptop Gratis yang Ringan & Legal

Arif Rudianto April 15, 2024

Sebagian editor foto mungkin menyadari bahwa mengedit melalui perangkat PC atau laptop akan jauh lebih mudah dibanding menggunakan aplikasi edit foto pada ponsel. Hal ini disebabkan karena terdapat fitur-fitur yang lebih lengkap pada perangkat PC.

Selain itu, pengeditan foto pada perangkat laptop juga lebih leluasa dan bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, para editor yang ingin melakukan editing foto untuk poster, pamflet, dan lain-lainnya lebih memilih menggunakan laptop.

Bahkan untuk melakukan editing foto rumit pun, aplikasi editing foto di laptop akan jauh terasa lebih mudah digunakan. Terlebih, dengan kelengkapan fitur yang sangat memadai bagi seorang editor foto juga membuat aplikasi editing PC juga lebih laris.

Namun tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan di masing-masing perangkat. Dimana untuk aplikasi perangkat ponsel bisa diakses dimanapun dan kapanpun, sedangkan aplikasi editing perangkat laptop sangat sulit untuk diakses dimana-mana.

Nah, pada artikel ini kami telah menyediakan pembahasan lengkap mengenai kumpulan aplikasi-aplikasi editing terbaik untuk perangkat PC dan laptop. Bagi pembaca yang merasa penasaran maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Berikut Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Laptop dan PC Terbaik 2023

Sebagai seorang editor foto, tentunya pembaca akan terus mencari-cari aplikasi edit foto khususnya di perangkat laptop dan PC yang nyaman untuk digunakan. Sebab tanpa adanya kenyamanan mengakses aplikasi tersebut membuat hasil foto tidak sesuai.

Oleh karena itu, tentu banyak para editor yang masih mencari kenyamanan dalam melakukan editing foto pada beberapa aplikasi berbeda. Namun tentunya setiap aplikasi memiliki kemampuan yang dominan berbeda seperti khusus editing teks dan lainnya.

Sehingga pengeditan foto menggunakan aplikasi ini tidak bisa membutuhkan hanya satu software. Melainkan beberapa software yang akan saling membantu dalam melakukan pengeditan foto dengan memberikan hasil terbaik dan semaksimal mungkin.

Oleh karena itu, para editor foto harus mengetahui terlebih dahulu bidang pengeditan foto yang ingin dilakukan beberapa waktu kedepan. Dengan begitu, untuk memiliki aplikasi editing foto terbaik akan jauh lebih mudah dan nantinya akan merasa nyaman.

Bahkan aplikasi yang juga bisa dikombinasikan dengan beberapa aplikasi lain akan jauh lebih membantu ketika melakukan pengeditan pemula maupun profesional. Sehingga menghasilkan foto kualitas terbaik dan disukai oleh para penikmatnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi editing foto laptop atau PC terbaik. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan beberapa kumpulan aplikasi-aplikasi terbaiknya.

Baca Juga : Remini Pro Apk + Mod (Unlock Premium) Gratis & Terbaru 2023

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Tentunya software ini sudah sangat populer dikalangan editor foto.

Dimana aplikasi ini telah banyak digunakan oleh fotografer digital, editor foto, perusahaan iklan, sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar untuk perangkat lunak jenis pengolah gambar atau foto dan bersama Acrobat yang dinilai produk terbaik Adobe.

Hingga kini, terdapat 14 versi Photoshop yang dari versi kesembilan masih bisa digunakan untuk melakukan editing foto. Aplikasi ini pada awalnya hanya dirancang untuk menyunting gambar cetakan berbasis kertas ataupun cetakan jenis lainnya.

Namun kini, Photoshop juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web atau bisa dibilang di dunia internet. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur dan tool yang membuatnya sangat disenangi oleh kalangan editor foto.

Bahkan dengan kelengkapan fitur dan kepopulerannya saat ini, membuat aplikasi ini sebagai panutan bagi aplikasi-aplikasi editing foto lainnya. Bahkan bisa dibilang aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto perangkat laptop atau PC terbaik yang ada.

Baca Juga : Lightroom Mod Apk Premium Unlocked Gratis (Full Preset)

2. Canva PC

Canva PC

Software editing foto yang juga terdapat pada perangkat smartphone ini juga sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para editor foto. Seperti yang diketahui bahwa aplikasi Canva ini memiliki dua versi yaitu gratis dan Pro atau berbayar.

Dimana untuk mendapatkan versi gratisnya, pembaca bisa melakukan pengunduhan melalui Microsoft Store. Atau bisa juga mengunduh melalui web resminya dan memilih untuk berlangganan agar mendapatkan fitur-fitur yang jauh lebih lengkap.

Aplikasi ini tentunya sangat cocok bagi setiap editor yang sering memanfaatkan media sosial untuk promosi atau membuat konten serupa. Dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk memodifikasi foto dalam berbagai format sesuai kebutuhan para pengguna.

Misalnya saja membuat postingan media sosial yang menarik, infografis, poster, brosur, kartu undangan, dan lain-lainnya. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan template yang dapat diatur lagi sesuai keinginan masing-masing para penggunanya.

Fitur-fitur andalan aplikasi ini antara lain online editor, template desain, video maker, dan presentation. Aplikasi ini memiliki kelebihan yang cocok untuk digunakan pada pengguna baru dengan memberikan hasil editan seperti editan profesional.

Baca Juga : 10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis dan Tercepat (50rb Sehari)

3. Photoscape

Photoscape

Siapa sih yang tidak mengenal salah satu aplikasi editing foto kekinian yang sering digunakan para editor? Tentu Photoscape sudah sejak beberapa tahun yang lalu telah mempermudah para editor untuk melakukan perubahan pada karta foto mereka.

Dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini membuatnya banyak digunakan oleh editor foto profesional. Namun tak jarang pula sebagian dari mereka yang merasa aplikasi ini kurang rumit dan tidak memiliki pengaturan lanjutan.

Secara umum, aplikasi ini menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana untuk melakukan tambahan foto termasuk penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, mencetak, membuat animasi GIF, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya.

Aplikasi ini hanya tersedia untuk microsoft Windows dan tidak tersedia untuk Mac ataupun Linux. Selain itu, aplikasi ini memiliki bahasa bawaan yaitu Inggris dan Korea, dengan paket bahasa tambahan yang tersedia untuk diunduh dalam aplikasi ini.

Tentunya aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang disenangi oleh para editor foto untuk melakukan editing secara simple dan praktis. Maka dari itu, aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi terbaik di kelas edit foto khusus perangkat laptop atau PC.

4. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Lightroom yang sekilas tampak sama dengan Photoshop akan tetapi memiliki fungsi yang jauh berbeda. Jika dengan Photoshop bisa mengubah mengganti gambar dengan berbagai layer, pada aplikasi Lightroom ini pengguna tidak bisa melakukannya.

Lightroom ini bisa dikatakan merupakan software ekstensi dari Photoshop dengan fokus dalam editing pencahayaan dan filternya. Tentu meskipun sifatnya sebagai bagian dari Adobe, versi pengeditan efek pencahayaan yang lebih luas dan lengkap.

Adobe seolah memberikan kemudahan pada user, sehingga bisa memilih untuk menggunakan salah satunya saja. Bahkan bisa melakukan kombinasi aplikasi Lightroom ini dengan aplikasi edit foto laptop atau PC terbaik lainnya agar hasil maksimal.

Tentunya banyak yang melakukan hal tersebut untuk mendapatkan hasil foto terbaik dengan melakukan editing sesuai dengan kemampuan aplikasi tersebut. Bahkan juga bisa menghasilkan foto mahal dengan kualitas yang diakui oleh editor lainnya.

Oleh karena itu, aplikasi ini memang selalu menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk digunakan karena menjadi salah satu dari beberapa aplikasi editing foto terbaik untuk perangkat PC atau Laptop. Maka dari itu, segera gunakan aplikasi editing foto ini.

Artikel Terkait