Cara Cek NUPTK Aktif Dengan Nama dan NIK Secara Online

Cahaya Bintang February 23, 2024

Cara Cek NUPTK online mudah dan nyaman karena dapat dilakukan melalui gadget atau laptop yang terhubung dengan internet. Cek NUPTK penting untuk kamu yang berprofesi sebagai guru atau tenaga kependidikan (GTK).

NUPTK adalah nomor induk bagi seorang guru dan tenaga kependidikan, baik PNS maupun non PNS. Sebagai nomor identifikasi resmi, NUPTK diperlukan untuk mengetahui kegiatan terkait pendidikan. Intinya adalah untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan.

Oleh karena itu, mengetahui status NUPTK sangat penting bagi seorang dosen atau pengajar. Yuk simak lebih lanjut terkait NUPTK di bawah ini.

Pahami Lebih Jauh Tentang Apa Itu NUPTK?

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Seperti namanya, hanya pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki NUPTK. NUPTK ini dapat dimiliki oleh semua guru dan juga tenaga pendidik lainnya yang telah memenuhi kualifikasi. Perlu diketahui juga bahwa NUPTK dapat dimiliki oleh dosen yang berstatus PNS atau yang masih berstatus honorer.

Ketika seseorang mendapat NUPTK satu kali, jumlahnya tidak akan berubah meskipun kamu memilki perubahan status riwayat kepegawaian. Nomor NUPTK ini terdiri dari 16 nomor unik yang jelas berbeda untuk setiap orang.

Kode ini jelas dibuat untuk penggunaan terkait pendidikan tertentu. Tidak semua orang bisa mendapatkan kode NUPTK ini karena hanya mereka yang berprofesi sebagai guru dan juga pendidik yang berhak mendapatkan kode tersebut.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Operator Lain Tanpa Biaya

Syarat Untuk Memiliki NUPTK yang Bisa Kamu Pahami Terlebih Dahulu Sebelum Mengecek

Syarat Untuk Memiliki NUPTK yang Bisa Kamu Pahami Terlebih Dahulu Sebelum Mengecek Syarat Untuk Memiliki NUPTK yang Bisa Kamu Pahami Terlebih Dahulu Sebelum Mengecek

Apabila kamu seorang guru atau tenaga kependidikan di suatu sekolah dan diyakini belum menerima NUPTK. Jangan lupa untuk mendaftar agar atau registrasi agar kamu bisa mendapatkan kode khusus ini. Untuk mendapatkan kode NUPTK ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Ada persyaratan tersendiri dan perlu dibaca dengan seksama agar tidak salah untuk memiliki NUPTK ini. Proses aplikasi ini dapat dilakukan sendiri atau diserahkan langsung oleh sekolah. Namun, kamu tetap perlu mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan nomor unik guru dan tenaga kependidikan ini.

Apa syarat yang diperlukan? Berikut adalah daftar persyaratan yang harus kamu lengkapi jika ingin mendapatkan kode NUPTK resmi.

Berikut persyaratan pendaftaran kode NUPTK bagi guru honorer atau tenaga kependidikan.

  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Lampirkan ijazah sekolah dasar pada kualifikasi pendidikan terakhir yang diperoleh.
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan yaitu minimal D-IV atau S-1, khususnya bagi guru yang berada pada satuan pendidikan formal.
  • Melampirkan surat pengangkatan Kepala Dinas Pendidikan apabila menjabat pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Bagi guru atau tenaga kependidikan yang sudah menjadi PNS, kewajiban yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Memiliki kartu tanda penduduk (KTP)
  • Ijazah pendidikan
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan
  • Lampirkan SK pengangkatan PNS dan SK penugasan Dinas Pendidikan
  • jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang tertera di atas, kamu bisa meminta kode resmi NUPTK.

Apabila kamu sudah memenuhi semua syarat tersebut maka kamu bisa mengajukan untuk mendapatkan kode NUPTK yang resmi.

Inilah Cara Mendapatkan NUPTK Bagi Seorang Guru dan Tenaga Pendidikan

Inilah Cara Mendapatkan NUPTK Bagi Seorang Guru dan Tenaga Pendidikan

Sebelum membahas NUPTK, mungkin kamu juga penasaran bagaimana cara mendapatkan NUPTK ini. Ada beberapa cara yang harus kamu lalui sebelum akhirnya bisa mendapatkan kode numerik unik untuk guru dan tenaga kependidikan ini.

Cara mendapatkan NUPTK, hanya dengan mendaftar melalui dinas pendidikan. Walaupun sudah lama menjadi dosen atau tenaga kependidikan, belum pernah mendaftar untuk bergabung. Ya, itu berarti kamu tidak memiliki kode NUPTK dan kamu tidak dapat memeriksa apakah NUPTK aktif atau tidak. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan NUPTK.

1. Melengkapi Persyaratan yang Ada

Langkah pertama yang tentunya harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala persyaratan yang telah ditentukan. Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan apa saja persyaratan dokumen yang harus kamu lengkapi untuk mendaftar kode NUPTK ini.

Tidak boleh ada syarat yang tidak terpenuhi karena jika salah satunya saja tidak ada, kemungkinan akan sulit mendapatkan kodenya. Maka kamu dapat menyelesaikan semua persyaratan ini terlebih dahulu. Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online, dan kamu bisa scan semua persyaratan dokumen untuk kebutuhan pendaftaran kamu.

2. Mengajukan Pendaftaran

Jika semua persyaratan yang dibutuhkan sudah kamu lengkapi, maka saatnya mengajukan permohonan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan secara online sehingga tidak perlu pusing untuk pergi ke Biro Pendidikan atau tempat mengurus kode NUPTK ini.

Di mana kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan kode unik ini? kamu bisa langsung membuka link website data vervalptk kemendikbud dan harus memiliki akun untuk login terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Channel Akun YouTube yang Menghasilkan Uang

Biasanya semua tenaga pengajar harus sudah memiliki akun untuk mengakses website Kemendikbud ini. Jika sudah berhasil login, langkah selanjutnya adalah mengunggah semua persyaratan yang dibutuhkan pada kolom yang disediakan.

Baca dengan cermat formulir yang tercantum dan apa yang diperlukan. Jangan salah memasukkan data, karena akan berakibat fatal jika dikonfirmasi. Jika kamu telah mengunggah semua persyaratan yang diperlukan. Maka status pendaftaran kamu akan berubah menjadi antri. Kamu bisa menunggu beberapa saat hingga status pekerjaan berubah menjadi disetujui.

3. Lulus Verifikasi dan Validasi

Langkah terakhir adalah proses verifikasi dan validasi dan proses inilah yang menentukan disetujui atau tidaknya status pendaftaran kamu. Dalam hal ini, pelamar dapat langsung mendatangi kantor sekolah setempat untuk melakukan pengecekan dan validasi.

Agar status pendaftaran kamu bisa berubah menjadi lebih cepat disetujui. Jika sudah disetujui, kamu juga bisa melihat kode NUPTK kamu melalui website Kemendikbud.

Cara Cek NUPTK Secara Online Berdasarkan Nama

Cara Cek NUPTK Secara Online Berdasarkan Nama

Bagi kamu yang sudah mengajukan untuk mendaftar nomor NUPTK. Mungkin kamu belum tahu apa itu nomor kode unik, sehingga belum bisa melihat statusnya. Jangan lupa untuk mengecek NUPTK ini melalui website resmi GTK Kemendikbud agar dapat mengetahui status NUPTK bagi seorang guru dan tenaga kependidikan.

Jika masih bingung cara cek NUPTK ini. Bacalah penjelasan di bawah ini dengan seksama dan setelah itu kamu bisa langsung mempraktekkannya.

Perhatikan apa saja yang harus kamu isi pada halaman situs tersebut dan jangan sampai terjadi kesalahan selama proses pengisian. Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja ke pembahasan cara cek NUPTK melalui laman website Kemendikbud.

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka website untuk mencari akun GTK. Atau gunakan link berikut untuk akses lebih cepat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.
  2. Pindahkan tautan melalui bagian pencari apa pun dan kamu dapat langsung membuka situs tersebut.
  3. Apabila kamu berhasil masuk ke situs yang dimaksud, ada beberapa kotak yang harus kamu isi.
  4. Masukkan nama lengkap GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Atau di kotak itu kamu bisa memasukkan data lain berdasarkan apa yang tercantum di sana.
  5. Kemudian pilih provinsi tempat kamu tinggal saat ini.
  6. Kemudian pilih kota tempat kamu tinggal saat ini.
  7. Dan kamu tidak perlu mengubah dua kotak terakhir.
  8. Lanjutkan proses pencarian dengan mengklik tombol “Cari GTK“.
  9. Tunggu sampai selesai.

Kemudian setelah selesai akan muncul beberapa informasi antara lain kode UPTK 16 digit. Kodenya bisa langsung kamu copy agar tidak lupa, apalagi jika kamu belum memiliki kartu NUPTK.

Adapun Cara Cek Status NUPTK Via Online

Adapun Cara Cek Status NUPTK Via Onine

Kamu mungkin ingin tahu apakah kode NUPTK ini masih aktif atau tidak. Ada cara untuk mengecek status kode NUPTK secara online. Cek NUPTK juga tidak sulit. Apalagi jika kamu sudah mengetahui betapa uniknya kode NUPTK kamu melalui cara yang telah kami jelaskan sebelumnya di atas.

Disini mimin juga akan memberitahu cara cek NUPTK apakah statusnya sudah habis atau belum. Karena ternyata yang mendaftar NUPTK tidak valid atau statusnya belum aktif. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kembali apakah NUPTK ini sudah aktif, dan jika belum bisa segera diperbaiki. Langkah-langkah cek NUPTK online pun lebih mudah dari sebelumnya karena tidak banyak data yang harus dimasukkan.

Langsung saja yuk masuk ke pembahasan selanjutnya tentang cara cek status NUPTK secara online.

  1. Kunjungi website GTK Kemendikbud atau gunakan alamat web berikut http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. Kamu bisa memasukkan alamat website tersebut ke Google dan kamu akan diarahkan langsung ke website tersebut.
  2. Tampilan untuk mengecek status NUPTK jauh lebih sederhana dan tidak banyak kolom yang harus diisi.
  3. Ada kotak yang perlu kamu isi yaitu masukkan kode NUPTK. Di mana menemukan kode NUPTK ini? Ya, kamu dapat mencari melalui langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas.
  4. Jika kamu memasukkan kode NUPTK, klik tombol cari di sebelah kotak. lalu tunggu hingga proses selesai.
  5. Kemudian akan muncul di bagian bawah mengenai status NUPTK kamu.

Baca juga: 10 Game Penghasil Saldo DANA Tercepat dan Terbukti Bayar

Artikel Terkait