Cara Cek Saldo Taspen Melalui NIP, Bisa Lewat HP!

Cahaya Bintang February 29, 2024

Informasi penting untuk para pegawai yang telah pensiun ketika untuk dapatkan tentang bagaimana cara cek saldo taspen, untuk kamu ketahui berapa besaran gaji pensiun yang kamu terima. karena saat masa jabatannya habis saat menjadi PNS, Anggota DPR, Aparatur Negara dan yang lainnya, maka kamu akan terima jatah pensiun kamu.

Dana Pensiun adalah Uang yang diberikan oleh negara untuk hari masa tua kamu, setelah berpuluh tahun mengabdi dan bekerja untuk negara, rata rata umur pensiun seseorang yaitu pada umur 60th sampai dengan 65th. Namun bisa juga mereka lakukan pensiun dini di umur 55 th jika tidak sudah ingin istirahat.

Sudahkah Kamu Melakukan Cek Saldo Taspen?

kamu bisa lakukan beberapa cara untuk membantu kamu dalam mengecek saldo taspen yang telah kamu miliki. Berbagai macam bisa kamu lakukan untuk mengetahui besaran saldo yang kamu terima.

Layanan dana pensiun yang akan kamu nikmati saat kamu sudah menginjak batas usia pensiun (BUP), akan segera diproses dengan beberapa ketentuan seperti :

  • Melakukan pembayaran iuran atau premi 4,75 persen dari penghasilan bulanan yang kamu terima.
  • Lakukan perubahan data alamat, nomor telepon, surat keterangan sekolah anak, perubahan status tunjangan.

Selain dana pensiun juga bisa juga kamu menikmati sumber dana lainnya yang diberikan pemerintah seperti JHT,JKK, dan JKM yang bisa kamu terima di masa masa lanjut usia ( lansia).

Sehingga masa hari tua yang kamu jalani dapat memanfaatkan dana tersebut untuk melakukan aktivitas lainnya saat kamu sudah beristirahat dari dunia kedinasan.

Baca Juga: Cek Pajak Kendaraan (Online) Untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Apa Manfaat Dana Pensiun Bagi Setiap Nasabah?

Apa Saja Manfaat Dana Pensiun Bagi Setiap Nasabah?

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan saat kamu telah mencapai batas usia pensiun (BUP), dengan berbagai manfaat yang kamu terima dari hasil kamu mengabdi kepada negara kamu dapat menjamin dirimu dan keluargamu yang membutuhkan. berikut ini berbagai manfaat dari dana pensiun yang kamu terima.

1. Hari tua terjamin2. Dapatkan dana santunan3. Pensiun Terusan
kamu akan tidak perlu khawatir akan kehidupan yang kamu jalani di masa tua, tanpa harus merepotkan orang lain, dengan jatah yang akan kamu terima saat pensiun.dana ini sangat bisa dimanfaatkan seandainya jika nasabah mengalami kecelakaan, ataupun telah mencapai akhir batas usia (Wafat).Apabila nasabah telah wafat maka dana pensiun mu dapat diteruskan kepada istri ataupun yang berwenang menerima dana terusan ini, dengan itu pensiunan kamu akan bermanfaat bagi keluargamu juga.

Begitu nikmat yang dirasakan oleh setiap orang yang bisa berprofesi menjadi pelayan masyarakat maupun bidang pekerjaan lainnya yang langsung dijamin oleh negara. kamu akan dijamin sampai lepas jabatan ketika tiba batas usia pensiun (BUP) telah tiba.

Berikut Cara Cek Saldo Taspen Online Melalui NIP Lewat HP

Berikut Cara Cek Saldo Taspen Online Melalui NIP Lewat HP

Kemajuan teknologi dapat kamu rasakan hingga akhir tua, salah satunya merupakan cara lakukan pengecekan saldo taspen via online, dengan berdiam diri dirumah sambil memegang ponsel kamu bisa mengetahui saldo taspen yang kamu terima.

Tak perlu merasa bingung dan khawatir akan kesulitan kamu untuk mengetahui saldo taspen kamu apakah sudah masuk atau belum.

Memanfaatkan berbagai macam kecanggihan yang sudah ada langsung dari ponsel kamu, kamu dapat melakukan pengecekan saldo taspen dengan menggunakan beberapa cara ini yang bisa kamu akses langsung dengan mudah dan cepat.

tanpa harus bepergian dan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan yang tentukan dirasakan oleh semua lansia setiap akan melakukan pengecekan saldo taspen pada saat tanggalnya telah tiba.

1. Cara Cek Saldo Taspen Via Aplikasi

Cara Cek Saldo Taspen Via Aplikasi

Download aplikasi taspen untuk kamu dapat mengecek besaran dana taspen yang masuk serta mengetahui apakah dana pensiun yang kamu terima sudah masuk ke rekening taspen kamu atau belum. Berikut merupakan cara untuk melakukan pengecekan saldo taspen :

  1. Download aplikasi Taspen mobile yang bisa kamu temukan di platform pembelian aplikasi.
  2. Buka aplikasi taspen mobile yang telah kamu download sebelumnya.
  3. Lalu pilih menu simulasi yang tersedia di aplikasi taspen mobile.
  4. Setelah kamu mengklik menu tersebut akan muncul dua menu yaitu menu estimasi tmt bup dan estimasi tmt bulan ini, kamu bisa memilih menu estimasi tmt bup.
  5. Kemudian Input Nomor Induk Pegawai (NIP) yang kamu miliki, lalu lakukan pengecekan.
  6. Tunggu beberapa saat maka akan terlihat tampilan data tentang informasi saldo Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun.

kamu bisa pergunakan untuk memverifikasi wajah ketika telah jatuh tanggal turunnya dana taspen yang kamu terima. Dengan memasukkan kode taspen kamu dan ikut berbagai perintah yang muncul setelah kamu masukkan nomor taspen ke dalam aplikasi.

Baca juga: Cara Tukar Poin Telkomsel Jadi Kuota dan Pulsa, Mudah!

2. Cara Cek Saldo Taspen Melalui Website E – Klim Taspen

Cara Cek Saldo Taspen Melalui Website E - Klim Taspen

Cara ini bisa kamu lakukan tanpa download aplikasi dari playstore atau appstore yang ada pada ponsel kamu, kamu akan langsung terhubung dengan berbagai macam data yang telah tersimpan di dalam akun taspen yang kamu miliki. Kamu bisa lakukan pengecekan saldo taspen dengan cara berikut.

  1. Akses link E – klim taspen untuk kamu dapat mengecek saldo taspen.
  2. kemudian masukkan Nomor Taspen, tanggal lahir dan nomor utuy kartu (tiga digit terakhir) yang ada pada kartu taspen.
  3. Selanjutnya lakukan login untuk masuk ke halaman akun taspen yang kamu miliki.
  4. setelah itu kamu akan menemukan berbagai macam fitur yang bisa kamu nikmati seperti Informasi Peserta, Estimasi Manfaat, Informasi, Informasi Rumah Sakit, Lokasi, Loyalty, Hubungi Kami, hingga Tentang Kami.
  5. Kamu bisa langsung memilih menu estimasi manfaat.
  6. lalu pilih estimasi hak usia pensiun (BUP)
  7. maka akan muncul keterangan saldo pensiun kamu dan tunjangan hari tua yang bisa kamu nikmati.

Taspen telah mempermudah bagi kamu untuk menikmati dana pensiun kamu, dan mengetahui berbagai informasi yang hadir melalui website ataupun aplikasi yang bisa langsung kamu download langsung.

Itulah dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek saldo taspen kamu hanya dari rumah, manfaatkan selalu teknologi yang tersedia untuk mendapatkan informasi apapun.

Adakah Cara Lain Untuk Cek Saldo Taspen Selain Dilakukan Secara Online?

Adakah Cara Lain Untuk Cek Saldo Taspen Selain Dilakukan Secara Online

terdapat cara lain untuk kamu bisa lakukan mendapatkan informasi tentang saldo taspen yang kamu miliki yaitu dengan memanfaatkan mitra taspen yang tersebar di seluruh indonesia.

Hal ini bisa kamu lakukan sambil berjalan jalan saat kamu rasakan kebosanan berdiam diri dirumah. kamu bisa melakukan pengecekan saldo dan melakukan pengambilan uang pensiunan yang kamu terima. Berikut beberapa pelayanan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek saldo taspen :

  • Kantor taspen
  • kantor POS

kamu bisa lakukan pengecekan saldo saat mengambil dana pensiun dengan mendatangi langsung kantor taspen ataupun kantor pos, yang akan dibantu oleh petugas taspen untuk menyelesaikan berbagai persoalan dana pensiun yang kamu terima.

Sekaligus bisa menjadi momen bagi kamu untuk bertemu teman teman seperjuangan untuk reunian selepas pensiun, berkumpul dengan sambil melakukan perbincangan hangat mengenang masa kerja.

Berikut informasi yang bisa disampaikan untuk mempermudah kamu untuk mengecek saldo taspen, dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang cara apapun bisa kamu nikmati.

Artikel Terkait