3 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online yang Mudah!

Cahaya Bintang June 8, 2024

Bagaimana sih cara mencetak kartu BPJS Kesehatan online? Simak dan perhatikan, berbagai cara untuk kamu jadikan referensi. Berikut cara cetak kartu bpjs kesehatan online, dengan cara yang mudah dan simpel. kamu bisa dapatkan hanya dari ponsel saja, dengan hanya berdiam diri saja dirumah kamu akan bisa lakukan berbagai macam transaksi yang kamu kamu.

Salah satunya dengan melakukan pencetakan kartu BPJS Kesehatan, yang bisa kamu lakukan secara online. Hanya dari rumah dan tudak perlu mengantri panjang untuk kamu bisa dapatkan kartu BPJS Kesehatan.

Semakin tahun tentunya BPJS Kesehatan akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hanya dengan menggunakan ponsel kamu dapat melakukan berbagai macam kegiatan, dan menikmati fasilitas apapun yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan. Berbagai informasi telah dikembangkan, sehingga segera cek apa saja sih yang baru.

Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Online, Emang Bisa?

Tentu saja bisa dong, Sekarang kamu bisa lakukan pencetakan Kartu BPJS Kesehatan online. Dimana kartu tersebut akan langsung terhubung dengan Kantor pusat BPJS Kesehatan. Berbagai macam teknologi pengembangan yang telah di perbarui, hal tersebut dilakukan untuk kenyaman para pengguna agar semakin terasa nyaman dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan.

Memiliki Kartu BPJS Kesehatan, dapat kamu gunakan dengan berbagai macam fasilitas kesehatan dengan simpel dan mudah. saat kamu mengalami berbagai macam masalah, seperti kehilangan kartu, atau kartu BPJS Kesehatan kamu telah tidak nampak jelas terlihat lagi. Diakibatkan karena gesekan gesekan antar kartu, ketika diletakkan di dalam dompet.

Baca juga: Cara Membuat Berkas Lamaran Kerja Beserta Susunannya

Berikut Ini 3 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online yang Sudah Terdaftar

Berikut Ini 3 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online yang Sudah Terdaftar

Dua cara ini bisa kamu gunakan untuk bisa cetak langsung kartu BPJS Kesehatan online, hanya dari rumah kamu bisa dapatkan kartu BPJS Kesehatan. Jika kamu belum menggunakan BPJS Kesehatan, maka sekarang kamu wajib untuk menggunakannya. Kamu akan menikmati beragam fitur baru, selain dari biaya kesehatan kamu akan terjamin dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Berikut ini 2 cara yang bisa kamu gunakan, untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan online. Dapat kamu lakukan kapanpun dan dimanapun untuk kamu dapatkan kartu BPJS Kesehatan online.

1. Cara Cetak BPJS Menggunakan Aplikasi JKN Mobile

Cara Cetak BPJS Menggunakan Aplikasi JKN Mobile

Aplikasi JKN Mobile merupakan salah satu aplikasi yang dihadirkan, untuk mempermudah kamu dalam melahukan berbagai macam fasilitas yang hadir dari BPJS Kesehatan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di platform pembelian aplikasi yang terdapat di ponsel kamu, baik dari playstore atau app store.

Berikut langkah langkah sebagai referensi untuk menuntun kamu ketika cetak kartu BPJS Kesehatan online dengan menggunakan Aplikasi JKN Mobile :

  1. Download aplikasi untuk kamu hadirkan di ponsel kamu yang terdapat di plastore atau appstore.
  2. Setelah itu buka aplikasi JKN Mobile. lalu lakukan pendaftaran, klik opsi Daftar yang terdapat pada layar di sebelah bawah kemudian ikuti alur dari pendaftaran.
  3. Namun bagi kamu yang telah memiliki akun dan sudah terverifikasi, kamu bisa langsung lakukan login dengan memasukkan UserID dan Password BPJS Kesehatan.
  4. Setelah kamu masuk ke akun BPJS Kesehatan, maka akan muncul tampilan utama aplikasi JKN Mobile. Kemudian masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, Password, dan juga sesuaikan kode captcha yang digunakan untuk mensingkronkan akunmu.
  5. Setelah kamu berhasil login, lalu pilihlah menu Kartu Peserta dengan tampilan ikon kartu yang terletak pada layar sebelah bawah, di samping menu Home
  6. Selanjutnya pada tampilan akun kartu KIS, pilih opsi pengiriman Email yang terketak di kanan bawah menu tampilan.
  7. Maka akan muncul notifikasi pop up yang berisi “Apakah Anda ingin mengirim kartu e-ID ke email?” Pilih YA untuk kamu lakukan pencetakan kartu BPJS Kesehatan online.
  8. Setelah itu maka kartu BPJS Kesehatan kamu akan dikirimkan melalui email yang kamu gunakan pada akun BPJS dalam bentuk e-ID.
  9. Selanjutnya lakukan pengecekan pada email, akan muncul pada inbox email dengan pesan “Kartu e-ID BPJS Kesehatan“. Buka dan unduh file yang dilampirkan di dalamnya.
  10. Setelah file tersebut terdownload, kamu bisa langsung mencetak kartu untuk dijadikan hardcopy.

Dengan adanya aplikasi JKN Mobile Transaksi dan kebutuhan yang kamu butuhkan dapat terselesaikan hanya dari rumah, berikut ini cara berikutnya yang bisak kamu gunakan untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan online tanpa mendownload aplikasi.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Online Via HP dan Offline di OJK

2. Cetak Kartu Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan

Cetak Kartu Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan

Dengan menggunakan cara yang kedua ini, kamu tidak perlu download aplikasi apapun, hanya perlu membuka browser kamu dan kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan. Berikut ini beberapa langkah, untuk kamu lakukan pencetakan kartu BPJS Kesehatan.

  1. Saat mengakses situs resmi BPJS pastikan koneksi pada ponsel kamu tetap stabil, masukkan alamat situs dan buka BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Lakukan login akun dengan menggunakan email dan password yang digunakan pada saat mendaftar.
  3. Kemudian setelah berhasil masuk, pilihlah menu Cetak Kartu. lalu klik menu data, dan pilih Cari Data di laman pencarian, masukkan nomor NIK atau data peserta untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan.
  4. Selanjutnya saat pencarian berhasil ditemukan, maka kamu bisa langsung klik Cetak Kartu.
  5. Kartu BPJS Kesehatan online kamu telah terdownload, dan bisa langsung di cetak menggunakan printer.

itulah kedua cara yang biasa digunakan banyak orang untuk mengakses berbagai keperluan mereka, saat menggunakan BPJS Kesehatan. Namun kamu juga bisa memanfaatkan fitur lainnya yang memiliki hubungan langsung dengan Perusahaan BPJS Kesehatan.

3. Cetak Kartu BPJS Lewat Aplikasi Ebadu

Cetak Kartu BPJS Lewat Aplikasi Ebadu

Aplikasi ini langsung terhubung dengan para anggota BPJS Kesehatan, baik peserta asuransi kesehatan maupun karyawan dari perusahaan BPJS Kesehatan itu sendiri. Layanan pribadi yang bisa kamu nikmati, kapanpun dan di manapun. Saat kamu tidak mempunyai waktu banyak untuk lakukan pembayaran, atau ingin membuat kartu BPJS Kesehatan.

Dengan aplikasi ini kamu juga bisa cetak kartu BPJS Kesehatan online, dengan melakukan beberapa cara berikut untuk kamu bisa cetak langsung dari ponsel yang kamu miliki.

  1. Download Aplikasi Ebadu pada platform pembelian aplikasi playstore atau appstore di ponsel kamu.
  2. Setelah terdownload, kamu bisa langsung membuka aplikasi eDabu BPJS Kesehatan.
  3. Lakukan login akun dengan memasukkan User ID beserta password yang telah terdaftar.
  4. Setelah berhasil melakukan login, kamu bisa meilihih menu “Peserta” yang tertera pada halaman utama. Lalu, klik “Input Data“.
  5. Lakukan pengisian Nomor kartu BPJS Kesehatan/NIK/Nomor Pegawai/Nomor KK untuk mempermudah kamu dalam menemukan kartu BPJS Kesehatan online . kemudian klik menu “Selanjutnya“.
  6. Lalu akan muncul menu baru, kamu bisa memilih menu “Jenis Mutasi Cetak KIS“.
  7. Selanjutnya kamu bisa klik tombol biru, maka sistem akan mengunduh kartu BPJS Kesehatan kamu.
  8. Setelah Kartu BPJS Kesehatan kamu terdownload, kamu bisa langsung mencetak kartu BPKS Kesehatan dengan menggunakan printer.

Berbagai macam cara untuk kamu mencetak kartu BPJS Kesehatan, yang telah dijelaskan secara lengkap. Sehingga kamu tidak akan kebingungan, untuk tetap bisa miliki kartu BPJS Kesehatan online.

Manfaat Dari Kegunaan Kartu BPJS Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan dari penggunaan kartu BPJS Kesehatan online, di berbagai macam transaksi. Kartu BPJS Kesehatan online berisikan data diri kamu dan keluarga, yang telah terdaftar pada asuransi BPJS Kesehatan. berikut berbagai macam manfaat untuk kamu bisa rasakan kenyamanan saat memiliki kartu BPJS Kesehatan online.

  1. Saat Kartu Tertinggal – Tidak perlu khawatir akan tertinggalnya kartu BPJS Kesehatan, saat kamu ingin melakukan transaksi pembayaran ketika kamu sedang berobat. Kartu BPJS Kesehatan online bisa kamu gunakan sebagai pengganti kartu yang tertinggal.
  2. Kehilangan Kartu – Kehilangan kartu merupakan suatu hal yang sangat fatal, apabila terjadi. namun kamu tidak perlu khawatir. saat ini kamu bisa tetap melakukan transaksi apapun, dengan sementara waktu menggunakan kartu BPJS Kesehatan online. Bahkan kamu juga bisa mencetak ulang kartu BPJS Kesehatan, dengan mendatangi toko percetaka terdekat.
  3. Mudah dan Aman – kamu tidak perlu merasa takut kehilangan kartu BPJS Kesehatan, kan semuanya sudah tersimpan di ponsel kamu. Jadikan berbagai macam aktifitas yang kamu lakukan, menjadi lebih simpel dan aman.

Sangat terasa kenyamanan yang kamu dapat, saat kamu menggunakan kartu BPJS Kesehatan online. kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah, aman dan nyaman.

Baca juga: CroxyProxy Aman & Gratis Untuk Buka Situs yang Diblokir

Artikel Terkait