10 Kerajinan Dari Bahan Bekas yang Memiliki Nilai Jual (Mudah)

Cahaya Bintang May 8, 2024

Kerajinan dari bahan bekas bisa kamu buat dengan mudah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kamu. Setiap hari, sampah dikumpulkan dan ditumpuk di sekitar kita, mulai dari yang organik maupun non-organik.

Salah satu penyumbang sampah terbesar adalah berupa barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Terlebih lagi, limbah barang bekas dapat membuat lingkungan menjadi kotor, sehingga lingkungan menjadi rusak.

Kalau bicara soal sampah, pernahkah terlintas di benak kamu untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat? Jika iya, yuk simak ulasan berikut mengenai berbagai contoh kerajinan tangan dari barang bekas.

Apa Saja Kerajinan Barang Bekas yang Mudah Dibuat?

Kalau bicara barang bekas, pasti sudah banyak yang tahu kalau barang-barang tersebut tidak jauh-jauh dari botol plastik, kertas biasa, kertas koran, kardus, dan lain sebagainya. Bagi banyak orang, barang bekas yang sudah tidak terpakai biasanya akan dibiarkan begitu saja, sehingga dapat menghasilkan limbah.

Sedangkan bagi sebagian orang, kertas, koran atau kardus biasanya akan digunakan kembali untuk membungkus suatu barang. Jika kamu memiliki banyak barang bekas atau jenis sampah lainnya di sekitar rumah kamu, daripada dibuang atau dibakar, lebih baik dimanfaatkan.

Banyak sekali hal yang bisa dihasilkan dari limbah bekas, salah satunya adalah membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Selain bisa digunakan untuk membuat hiasan rumah, kerajinan tangan dari barang bekas juga bisa dijual. Meski begitu, kamu harus membuatnya bagus dan indah, sehingga memiliki penjualan yang tinggi.

Jika kamu sedang merasa jenuh dan bingung harus berbuat apa, maka kamu bisa mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Jadi, tidak hanya mengisi waktu luang, Kamu juga bisa lebih produktif dan menghasilkan hal-hal baru.

Dengan kata lain kerajinan tangan adalah keterampilan tangan dalam mengolah dan menciptakan suatu benda sehingga menjadi sesuatu yang bernilai.

Kerajinan tangan dari bahan bekas dapat diartikan sebagai keterampilan tangan dalam membuat dan menciptakan suatu barang atau produk yang berasal dari bahan atau barang yang sudah tidak terpakai lagi sehingga memiliki nilai guna, bahkan nilai jual.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan bahan bekas dari sampah anorganik untuk membuat kerajinan tangan, seperti botol, kertas, plastik, kain perca, kardus, dan sejenisnya.

Karena barang bekas sering berserakan di sekitar rumah, kamu tidak perlu repot mencari bahannya, jadi lebih mudah membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Tidak hanya membantu kamu membersihkan barang-barang bekas tersebut, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jadi tunggu apa lagi. Segera jadikan barang bekas yang menumpuk di rumah menjadi kerajinan tangan.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Untuk Umum (2023)

Berikut Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Mudah Dibuat & Memiliki Nilai Jual

Berikut Contoh Kerajinan dari Bahan Bekas yang Mudah Dibuat & Memiliki Nilai Jual

Nah setelah kamu tahu bahan bekas ini bisa kamu manfaatkan untuk beragam kerajinan tangan, pastinya kamu langsung ingin mencoba membuat sebuah kerajinan tangan dari bahan bekas yang ada disekitar kamu ya. Nah berikut ada beberaoa contoh yang bisa menjadi refrensi kamu untuk membuat kerajinan dari bahan bekas.

1. Membuat Lampu Sendok

Bingung melihat banyak sendok plastik bekas yang sudah tidak layak pakai lagi? Ingat, jangan dibuang. Kamu bisa mengumpulkan sendok plastik bekas ini untuk digunakan dalam membuat lampu yang bagus. Daripada mubazir, sendok plastik bisa kamu jadikan kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai seni. Kamu dapat melihat cara membuatnya di Blendspace.

2. Boneka dari Sarung Tangan

Sarung tangan rajutan kamu sebenarnya bisa dibuat menjadi boneka mini. Caranya sangat mudah diterapkan. Pembuatannya cukup sederhana karena hanya membutuhkan bahan tambahan seperti kapas untuk mengisi bonekanya. Bentuk boneka juga bisa sesuai dengan kreasi kamu.

Bisakah kamu membuatnya terlihat seperti Tuan Teddy Bear? Bean atau karakter lain yang kamu suka. Jika tidak punya sarung tangan, kamu juga bisa menggunakan kaus kaki bekas untuk membuat boneka lucu.

3. Membuat Tissue Roll Toilet

Ternyata tisu toilet gulung bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Kamu bisa membuat banyak kreasi dengan bahan ini. Misalnya tisu gulung bisa disulap menjadi wall art yang memperindah dinding ruangan, miniatur pembungkus kado, tempat pensil, tempat menyimpan gelang/jam tangan, bahkan phone holder.

4. Membuat Vas Bunga dari Bohlam

Biasanya banyak bola lampu yang tidak digunakan, sehingga bisa digunakan untuk sesuatu yang indah dan menarik. Jadi, jangan buang bola lampu bekasmu begitu saja karena kamu bisa mengubahnya menjadi vas bunga yang menarik dan unik.

Daripada dibuang begitu saja saat tidak bisa dihidupkan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah tampilan menarik pada kamar atau ruang tamu kamu.

5. Daur Ulang Botol, Baik Botol Plastik maupun Botol Kaca

Ada banyak kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu buat dari botol, baik botol plastik maupun botol kaca. Kamu bisa membuat vas bunga dengan menambahkan lukisan untuk menghias botolnya, atau menggunakan botol plastik bekas untuk membuat dompet koin.

6. Membuat Bunga dari Kertas atau Sedotan

Membuat bunga dari kertas atau sedotan seringkali menjadi bentuk kerajinan dari barang bekas yang dibuat. Hal ini karena pembuatannya cukup sederhana dan bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan. Kamu juga bisa menggunakan kertas bekas untuk paper quilling, yaitu seni menyusun potongan kertas kecil menjadi bentuk yang sangat detail.

Baca juga: Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP & SMA

7. Mengubah Kaleng Menjadi Tempat Sendok

Cara termudah untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas dari kaleng adalah dengan mengubahnya menjadi tempat sendok atau garpu. Selain itu, kamu juga bisa membuat tempat pensil untuk mempercantik meja belajar atau meja kerjamu. Caranya mudah, hias saja kalengnya sesuai selera agar tampilannya lebih menarik. Jika bingung ingin membuat apa, kamu bisa browsing internet untuk mencari inspirasi.

8. Hiasan bunga dari tutup botol

Jika selama ini banyak kerajinan tangan dari barang bekas yang hanya menggunakan botolnya saja, lalu bagaimana dengan tutup botolnya? Nah, kamu jangan langsung menimbunnya. Kamu juga bisa membuat tutup botol menjadi kreasi seni. Misalnya, tutup botol dapat digunakan untuk membuat jam dinding, tempat sampah, dan juga dapat digunakan sebagai cermin dekoratif.

Beberapa Jenis Kerajian Dari Bahas Bekas Berupa Botol yang Bisa Kamu Buat Dirumah

Beberapa Jenis Kerajian Dari Bahas Bekas Berupa Botol yang Bisa Kamu Buat Dirumah

Barang bekas seperti botol ini pasti sudah sering sekali kita melihat disekitar kita, nah dari bahan bekas ini bisa kamu manfaatkan menjadi sebuah karya atau kerajinan buatan tangan kamu sendiri loh. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan tangannya:

1. Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Sapu

Contoh kerajinan tangan dari barang bekas ini, tentunya bisa kamu ikuti dengan mudah tanpa perlu memiliki skil atau bakt sedikit pun. Atau supaya kamu bisa lebih mudahnya, kamu bisa menyimak kemudian mengeikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Bahan:

  • Botol bekas
  • Gunting/pisau
  • Kawat/tali
  • Kayu

Cara membuat :

  1. Kumpulkan bahan dan peralatan yang diperlukan sebelumnya.
  2. Setelah terkumpul, potong botol menjadi dua sesuai contoh di atas.
  3. Jika ingin sapu yang kuat, siapkan dua botol bekas.
  4. Setelah dipotong menjadi dua, potong lagi hingga menyerupai bentuk sapu.
  5. Gabungkan botol untuk membuatnya lebih kuat.
  6. Sediakan kayu untuk pegangannya.
  7. Ikat kayu dan botol menggunakan kawat atau tali. Alangkah baiknya menggunakan kawat saja agar lebih kuat dan tahan lama.
  8. Dan sapu dari botol bekas siap pakai.

2. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias

Kerajinan tangan dari barang bekas dengan bentuk lampu hias, bisa dikatakan saat ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Adapaun langkah-langkah atau proses pembuatannya, kini bisa langsung kamu simak dalam tutorial berikut:

Bahan :

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Cahaya lengkap
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Kucing
  • Tiang untuk dudukan lampu

Cara membuat :

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang diperlukan.
  2. Langkah selanjutnya adalah memotong botol plastik sesuai dengan gambar di atas.
  3. Potong sendok plastik sesuai gambar.
  4. Satukan botol dengan sendok agar terlihat cantik menggunakan lem.
  5. Cat sendok terlampir.
  6. Potong botol menjadi bentuk seperti daun nanas seperti gambar di atas, lalu cat.
  7. Pasang lampu dan tiang untuk berdiri.
  8. Dan, lampu hias dari botol bekas siap pakai.

Baca juga: Teks Editorial : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Artikel Terkait