Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang, Jenis dan Caranya

Bunga Malam April 1, 2024

Crafting atau kerajinan tangan merupakan jenis karya seni yang bukan sekedar hobi. Sehingga banyak remaja putri yang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan yang unik.

Namun, tidak semuanya menjadikan hobi ini sebagai ladang penghasilan tambahan selain gaji bulanan.

Kerajinan tangan memiliki peluang bisnis yang besar. Mengingat hasil karyanya tidak dibuat di pabrik, banyak orang yang mendapatkan produk kerajinan tangan yang unik.

Sayangnya, modal yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan tidaklah murah. Bahan yang dibutuhkan tidak tersedia di banyak toko.

Namun, menjadikan hobi ini sebagai penghasilan tambahan merupakan ide cemerlang bagi kamu yang ingin menjadikan hobinya sebagai bisnis. Yuk simak di bawah sini.

Pengertian Singkat Mengenai Kerajianan Tangan

Hasta Karya atau yang biasa kita kenal dengan kerajinan tangan merupakan kegiatan seni yang menitikberatkan pada keterampilan tangan individu.

Juga pemanfaatan bahan baku pengolahan yang banyak terdapat di lingkungan sekitar sehingga menjadi benda yang memiliki nilai guna, estetika, bahkan bisa menjadi sebuah nilai jual.

Dengan kata lain, kerajinan tangan adalah keterampilan tangan dalam mengolah dan menciptakan suatu benda sehingga menjadi sesuatu yang bernilai.

Artikel terkait:

Inilah Beberapa Kerajinan Tangan yang Bisa Menjadi Peluang Bisnis dengan Keuntungan Besar

Inilah Beberapa Kerajinan Tangan yang Bisa Menjadi Peluang Bisnis dengan Keuntungan Besar

Semakin tinggi dan maju taraf hidup membuat segala kebutuhan semakin meningkat. Kamu bisa mendapatkan uang melalui penghasilan kerajinan tangan yang bisa dijual secara online.

Dimana kerajinan tangan bisa menjadi hobi yang mendatangkan penghasilan lain bagi pemilik kerajinan tangan. Kamu bisa mencari referensi kerajinan tangan yang bisa dijual untuk menambah penghasilan kamu.

Untuk membuat kerajinan tangan, kamu bisa menggunakan barang bekas yang ingin dibuang orang. Dengan memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan tangan yang menghasilkan barang mahal.

Selain membantu mengurangi sampah, barang bekas bisa bernilai tinggi jika dimanfaatkan dengan baik. Berikut beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan pendapatan kamu.

1. Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

kerjainan tangan dari barang bekas

Kalau bicara barang bekas, pasti sudah banyak yang tahu bahwa barang tersebut tidak jauh-jauh dari botol plastik, kertas biasa, kertas koran, kardus, dan lain sebagainya.

Bagi banyak orang, barang bekas yang sudah tidak terpakai biasanya akan dibiarkan begitu saja, sehingga dapat menghasilkan limbah.

Sementara itu, bagi sebagian orang, kertas, koran, atau karton biasanya akan digunakan kembali untuk membungkus suatu barang.

Jika kamu memiliki banyak barang bekas atau jenis sampah lainnya di sekitar rumah, daripada membuang atau membakarnya, akan lebih baik sampah tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Banyak sekali hal yang bisa dihasilkan dari limbah bekas, salah satunya adalah membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Selain bisa digunakan untuk membuat hiasan di rumah, kerajinan tangan dari barang bekas juga bisa dijual. Meski begitu, kamu harus membuatnya dengan baik dan indah, sehingga memiliki penjualan yang tinggi.

Jika kamu sedang merasa bosan dan bingung harus berbuat apa, maka kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa mengisi waktu luang, tapi bisa lebih produktif dan juga bisa menghasilkan item baru.

Kerajinan tangan dari bahan bekas dapat diartikan sebagai keterampilan tangan dalam membuat dan menciptakan suatu barang atau produk yang berasal dari bahan atau barang yang sudah tidak terpakai lagi sehingga memiliki nilai guna, bahkan nilai jual.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan bahan bekas dari sampah anorganik untuk membuat kerajinan tangan, seperti botol, kertas, plastik, kain perca, kardus, dan sejenisnya.

Karena barang bekas sering berserakan di sekitar rumah, kamu tidak perlu repot mencari bahannya, sehingga lebih mudah membuat kerajinan dari barang bekas.

Tidak hanya membantu kamu membersihkan barang-barang bekas tersebut, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jadi tunggu apa lagi. Segera jadikan barang bekas yang menumpuk di rumah menjadi kerajinan tangan.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas :

  • Lampu dari Sendok

Bingung melihat banyak sendok plastik bekas yang sudah tidak layak pakai? Ingat, jangan dibuang. Kamu bisa mengumpulkan sendok plastik bekas ini untuk digunakan dalam membuat lampu yang bagus.

Daripada mubazir, sendok plastik bisa kamu jadikan sumber penghasil uang dari barang bekas yang memiliki nilai seni. Kamu dapat melihat cara membuatnya di Blendspace.

  • Boneka dari Sarung Tangan

Sarung tangan rajutan kamu sebenarnya bisa dibuat menjadi boneka mini. Caranya sangat mudah diterapkan. Pembuatannya cukup sederhana karena hanya membutuhkan bahan tambahan seperti kapas untuk mengisi bonekanya.

Bentuk bonekanya juga bisa sesuai dengan kreasi masing-masing. Bisakah kamu membuatnya terlihat seperti Mr. teddy bear?

Bean atau karakter lain yang kamu suka. Jika tidak punya sarung tangan, kamu juga bisa menggunakan kaus kaki bekas untuk membuat boneka lucu.

2. Kerajinan Tangan dari Tanah Liat

kerajinan tangan dari tanah liat

Kerajinan dari tanah liat merupakan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan seseorang.

Dan pada dasarnya tanah liat biasa juga digunakan sebagai salah satu jenis bahan baku yang berasal dari tanah tertentu dan memiliki sifat lengket serta mudah dibentuk untuk dijadikan sebagai barang kerajinan.

Warna clay juga terbagi menjadi beberapa yaitu merah, putih, coklat, dan masih banyak lagi. dari berbagai macam jenis clay terdapat manfaat yang berbeda-beda untuk masing-masing.

Biasanya tanah liat juga digunakan sebagai bahan bahan kecantikan alami serta bahan pembuatan genteng dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari tanah liat :

  • Kendi dan Guci

Kerajinan dari tanah liat berupa guci dan kendi bisa menjadi ide dekorasi hunian. Karena banyak kerajinan tanah liat yang paling mudah ditemukan dalam berbagai bentuk vas, guci, dan guci hias.

Dalam sebuah kerajinan, tanah liat dengan ukurannya sendiri yang besar kemudian dapat digunakan untuk mengisi sudut-sudut ruang yang kosong.

Sedangkan untuk guci dan kendi yang berukuran lebih kecil maka kamu bisa memajangnya di lemari hias atau di atas meja sebagai vas bunga.

  • Roster Terakota

Selain bentuk seni seperti vas bunga, kerajinan tanah liat juga memiliki banyak bentuk. Salah satu kerajinan tanah liat yang sangat berkaitan dengan rumah itu sendiri adalah roster. Sudah lama roster dibuat dari tanah liat.

Namun di era modern ini, bentuk ayam jago yang terbuat dari tanah liat memiliki banyak varian dan model bentuk sehingga bisa ditata dan disusun untuk menciptakan elemen dekoratif yang menarik untuk rumah kamu.

  • Ornamen atau Ukiran Timbul

Kerajinan dari tanah liat berupa hiasan di dinding. Kamu bisa menggunakan kerajinan tanah liat alternatif lain untuk mempercantik rumah kamu, misalnya pada hiasan dinding yang terbuat dari tanah liat.

Dengan tekstur dan warna yang khas, kerajinan tanah liat ini juga bisa kamu gunakan untuk menghias pilar atau sebagai pengganti lukisan untuk mengisi sisi ruangan yang kosong.

  • Peralatan Makan & Minuman Antik

Kerajinan tanah liat berupa piring dan cangkir di atas meja berwarna. Kerajinan tanah liat lainnya yang cukup umum antara lain berbagai peralatan dapur serta peralatan minum dan makan seperti periuk, gelas, mangkok, dan lain sebagainya.

Selain itu juga bisa digunakan sesuai fungsinya, kerajinan dari tanah liat juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai dekorasi ruangan, terutama pada area ruang makan.

  • Patung Dekorasi Pelengkap

Pilihan alternatif kerajinan tanah liat lainnya untuk dekorasi ruangan lainnya adalah patung atau pajangan karakter yang terbuat dari tanah liat.

Mulai dari patung dengan bentuk abstrak yang artistik hingga patung tanah liat sederhana dengan bentuk tumbuhan atau hewan bisa menjadi pilihan menarik untuk dekorasi interior.

  • Lampu Taman Etnik

Kerajinan dari tanah liat berupa lampu taman terakota. Tidak hanya untuk interior ruangan, kerajinan tanah liat juga bisa digunakan untuk mempercantik taman atau area outdoor rumah kamu.

Lampu hias taman dari tanah liat juga bisa dijadikan inspirasi. Dengan warnanya yang khas, kerajinan ini kemudian akan memberikan nuansa tradisional dan alami pada taman rumah kamu.

Artikel Terkait