Cara Menghapus Data Pinjol Ilegal yang Aman & Permanen

Bunga Malam March 1, 2024

Pinjaman online atau yang biasa disebut dengan pinjaman memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Banyak orang mengambil pinjaman melalui berbagai aplikasi pinjaman yang tersedia dan berniat untuk mencari cara menghapus data pinjol.

Namun setelah menyelesaikan pinjaman, banyak yang bingung bagaimana cara menghapus data pinjaman tersebut. Kemudian, simak cara menghapus data pinjaman online dengan mudah di sini.

Memang terkadang jika ingin mengambil pinjaman, masih banyak orang yang takut untuk melakukannya. Kecuali tidak berani memberikan pinjaman karena takut tidak mampu mengembalikannya.

Kebanyakan orang juga takut data yang mereka berikan tidak akan dihapus bahkan disalahgunakan.

Berikut 6 Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online dengan Mudah & Aman

cara menghapus data pinjol

Melakukan pinjaman online memang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya semua orang juga bisa melakukan pinjaman online dengan sangat mudah.

Hanya dengan bermodalkan data pribadi seperti KTP dan lain sebagainya, kamu akan bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat.

Selama kita tahu aplikasi yang digunakan resmi OJK atau tidak. Karena aplikasi tidak resmi ini akan menimbulkan banyak masalah saat digunakan. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memilih aplikasi dan wajib untuk aplikasi resmi dari OJK.

Apakah kamu meminjam uang secara online melalui aplikasi tidak resmi atau tidak dari OJK, maka kamu akan sering merasa terganggu. Terganggu yang dimaksud di sini adalah pihak pemberi pinjaman online ini sering menghubungi nasabah.

Terkadang kamu dapat dihubungi melalui WhatsApp atau SMS 3 hingga 5 kali sehari. Lebih buruk lagi, mereka dihubungi dengan nomor berbeda. Jadi jelas ini akan sangat mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran bagi pelanggan.

Karena ada ketakutan akan terungkapnya nomor telepon atau data pribadi yang dimiliki. Nomor pribadinya juga dimasukkan ke dalam sistem yang disebut SMS Flash.

Tidak jarang juga ditemukan pihak pinjaman online yang mengirimkan pesan-pesan kasar kepada kerabat terdekatnya. Ini akan sangat mengganggu dan membuat pelanggan merasa tidak enak karena mengganggu orang lain.

Padahal tujuan peminjam ini adalah mengirim SMS setiap saat agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan. Namun, hal ini sangat mengganggu nasabah yang telah melunasi seluruh pinjamannya.

Untuk itu banyak yang mencari tutorial menghapus data pinjaman online melalui internet. Jadi jangan khawatir, di sini kamu bisa menemukan beberapa langkah menghapus data aplikasi pinjaman online dengan cara yang sangat sederhana.

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

1. Membayar Hutang

Cara menghapus data pinjol yang pertama yaitu apabila kamu berutang pada pemberi pinjaman online, pastikan kamu melunasi utang tersebut terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membayar bunga pinjaman.

Apabila kamu telah melakukan pembayaran, itu berarti kesepakatan dengan peminjam telah selesai dan kamu dapat dengan bebas menghapus data pribadi kamu dari aplikasi.

2. Hapus Data Aplikasi Melalui Pengaturan

Sekarang bagi mereka yang telah melunasi hutang dan semua bunga pinjaman. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghapus data pinjaman online ini adalah menghapus data aplikasi.

Menghapus data aplikasi dapat dilakukan melalui menu pengaturan di perangkat atau ponsel masing-masing. Bagi yang belum tahu caranya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka saja menu pengaturan atau pengaturan yang tersedia di perangkat masing-masing.
  • Jika sudah, tinggal pilih menu pengaturan aplikasi.
  • Setelah itu, pilih aplikasi pinjaman yang digunakan > hapus data dan cache.
  • Selesai.

3. Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Mungkin jika sudah tidak digunakan dan datanya sudah terhapus, kamu bisa meng-uninstall aplikasi yang ada di perangkat tersebut. Agar semuanya cepat selesai dan teratasi, segera hapus aplikasi tersebut.

Menghapus aplikasi ini juga sangat sederhana dan bisa dilakukan di menu pengaturan. Berikut cara menghapus data pinjaman online menggunakan aplikasi pinjol remover dari perangkat :

  • Sama seperti cara diatas yaitu buka menu pengaturan.
  • Kamu cukup memilih menu pengaturan aplikasi.
  • Jika sudah, cukup pilih nama aplikasi pinjaman > klik Uninstall.
  • Harap tunggu hingga proses rilis aplikasi selesai.

4. Dapat Menghubungi Call Center Pinjol

Selanjutnya cara menghapus data pinjol apabila kamu sudah melakukan berbagai cara untuk menghapus data pinjaman online ini. Namun tetap saja kamu sering menerima SMS atau WhatsApp terkait pelunasan utang yang belum terbayar.

Cukup hubungi Call Center langsung dari permintaan pinjaman. Tentunya, kamu bisa langsung mengajukan permintaan penghapusan data pribadi melalui call center.

Asal mau tanya-tanya bisa lampirkan bukti pembayaran dan juga history history dari awal. Karena penghapusan data ini sangat penting dan tidak disalahgunakan oleh orang yang sangat tidak bertanggung jawab.

Artikel Lainnya :

5. Ubah Nomor HP atau Hapus Media Sosial

Setelah menghubungi call center, namun masih mendapatkan gangguan berupa panggilan atau SMS. Cara hapus data pinjaman online selanjutnya adalah dengan mengganti nomor handphone baru.

Dengan mengganti nomor baru, tentunya semua data yang kamu miliki tidak dapat terlacak lagi. Atau mungkin kamu bisa menghilangkan data pribadi dengan menghapus beberapa media sosial dan menggantinya dengan yang baru.

Menonaktifkan media sosial juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak ingin menghapus media sosialnya. Ini merupakan langkah yang mudah untuk menghapus data pinjol pribadi kamu.

6. Hubungi OJK Langsung untuk Melaporkan

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika kamu yakin bahwa data pribadi kamu telah disalahgunakan karena pinjaman online ini, kamu dapat melaporkannya ke OJK.

Karena OJK menerima laporan pinjaman online tidak resmi. Kamu dapat melaporkan ke OJK melalui email @ojk.go.id atau melalui nomor telepon 157.

Dengan cara ini tentunya kamu akan mendapatkan hasil penghapusan data dan kejelasan data pribadi yang telah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seberapa Penting Menghapus Data Dari Layanan Pinjol atau Pinjaman Online?

cara menghapus dengan aman

Mengingat risiko pinjaman ilegal cukup tinggi, maka kamu harus berusaha agar tidak lagi direpotkan dengan tawaran-tawaran tersebut. Di sisi lain, praktik pinjam meminjam online marak dibandingkan banyaknya keluhan pengguna.

Ini bukan hanya tentang mengirimkan penawaran produk ke nomor telepon. Namun, banyak peminjam yang merasa kerepotan dengan melakukan pembayaran tidak etis melalui SMS dan WA ke nomor handphone.

Parahnya lagi, aplikasi pinjaman juga “sering” mengintip nomor telepon yang tersimpan di smartphone pengguna. Efeknya DC sering menghubungi nomor HP yang tidak kita cantumkan di nomor darurat.

Bayangkan saja jika DC menghubungi atasan, rekan-rekan. Atau bahkan mitra bisnis penagihan. Selain mencemarkan nama baik, hal ini bisa dianggap serangan mental hingga membuat si peminjam merasa malu.

Tak heran jika mereka yang sudah berpengalaman merasakan jerih payah para penagih pinjaman online. Mencoba untuk membersihkan data pribadi dari database aplikasi pinjaman.

Dengan menghapus nomor telepon dan data pribadi diharapkan tidak ada lagi penawaran atau penagihan pinjaman melalui SMS atau WhatsApp (WA).

Inilah Jenis Data yang Biasanya Dibutuhkan Oleh Pihak Pinjaman Online

pinjol

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa beberapa data ini dapat membantu kamu mengakses pinjaman online dengan mudah.

Nah, bagi yang belum tahu, berikut adalah beberapa data yang dapat membantu pemberi pinjaman online mengakses data dengan mudah:

  • Yang pertama adalah akses abadi ke panggilan telepon.
  • Beberapa nama kontak terkait dengan pelanggan dan dapat dihubungi kapan saja.
  • Baca ID dari informasi tentang panggilan atau dari perangkat yang digunakan.
  • Menggunakan GPS atau perkiraan lokasi pemberi pinjaman, kamu akan dapat mengetahui di mana pelanggan berada.
  • Akses yang diambil dari file, video, gambar atau media dapat merugikan nasabah pinjaman online ini.

Sangat mengkhawatirkan jika kita benar-benar gagal melunasi hutang pinjaman, maka dari itu disini kami telah membagikan cara menghapus data pinjaman atau pinjaman online. Kemudian lakukan cara-cara di atas agar kamu bisa menghindarinya.

Artikel Terkait