KUR Mandiri 2024: Syarat Pengajuan Pinjaman & Tabel Angsuran

Bunga Malam April 6, 2024

Jika kamu ingin memulai bisnis kecil atau mengembangkan usaha yang sudah ada, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri dapat menjadi pilihan yang tepat.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui, termasuk tabel dan syarat yang harus dipenuhi.

Bank Mandiri masih tercatat sebagai salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat, bisnis perbankan kelas IV ini sebenarnya merupakan salah satu bank milik negara selain BRI, BNI dan BTN yang dipercaya menyalurkan dana KUR.

Dengan penambahan subsidi bunga KUR tahun ini diharapkan dapat memperluas jangkauan penerima kredit berbunga rendah sekaligus mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi UMKM.

Namun secara umum tidak semua lembaga penyalur KUR memiliki kesempatan untuk menyalurkan semua skim kredit karena persyaratan yang ada.

Apa saja persyaratan untuk mengajukan KUR Mandiri? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini dan lihat simulasi bunga cicilan melalui tabel cicilan KUR Mandiri terbaru.

Apa itu Pinjaman KUR Mandiri?

KUR Mandiri adalah salah satu produk pinjaman yang disediakan oleh Bank Mandiri untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam memperoleh modal usaha.

KUR Mandiri dibuat berdasarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikelola oleh pemerintah. Program KUR ini bertujuan untuk membantu UMKM agar bisa memperoleh akses ke modal usaha dengan bunga yang terjangkau dan proses pengajuan yang mudah.

Baca Juga: Syarat Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan

Ketentuan Umum KUR Bank Mandiri

ketentuan umum mandiri
  • Calon debitur minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah, usia calon debitur untuk penempatan TKI dimungkinkan minimal 18 tahun, namun harus melampirkan surat keterangan dari calon debitur dan surat izin orang tua/wali untuk bekerja di luar negeri.
  • Pelaku korporasi yang dapat menerima KUR, yaitu memiliki kegiatan produktif yang dapat dilakukan dengan kriteria sebagai berikut:
    • Calon debitur saat ini dapat menerima kredit/pembiayaan yaitu KUR dari pemegang konsesi yang sama, KPR, KPR, KKB/Sewa Kendaraan Bermotor, Kartu Kredit, Pinjaman dengan Surat Keputusan Pensiun Jaminan dan Penerimaan Inventaris Dengan Jatuh Tempo Saat Ini.
    • Calon Peminjam masih memiliki Kredit/Pembiayaan Produksi dan saldo Kredit/Pembiayaan Program di luar KUR, diperlukan surat pernyataan pelunasan/roya dengan lampiran cetakan rekening dari pemberi pinjaman/pemberi pinjaman sebelumnya.

Apabila syarat-syarat di atas telah terpenuhi maka calon debitur dapat mengajukan KUR Mandiri. Selanjutnya, siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Jenis Pinjaman KUR Bank Mandiri

Ada 5 jenis KUR pada Bank Mandiri yang bisa kamu ajukan pinjaman. Berikut penjelasannya :

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro adalah pinjaman dengan batas kredit maksimum hingga Rp10 juta per peminjam dan berjangka waktu. jenis ini untuk Kredit Modal Kerja (KMK) sampai dengan 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) sampai dengan 5 tahun.

2. KUR Mikro

Sedangkan KUR Mikro adalah pembiayaan dengan limit kredit di atas Rp10 juta maksimal sampai dengan Rp50 juta per peminjam dan jangka waktu kredit modal kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan kredit investasi (KI) maksimal 5 bertahun-tahun.

3. KUR Kecil

KUR Kecil adalah pinjaman dengan batas kredit lebih dari Rp. 50 juta sampai dengan maksimal Rp. 500 juta per debitur, dan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) sampai dengan 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) sampai dengan 5 tahun.

4. KUR TKI

KUR Penempatan TKI Batas maksimal kredit untuk jenis KUR Penempatan TKI adalah sampai dengan Rp25 juta per debitur dengan jangka waktu maksimal sama dengan jangka waktu kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu maksimal 3 tahun.

5. KUR Khusus

Batas khusus KUR sampai dengan Rp500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola bersama dalam bentuk kluster dengan menggunakan mitra usaha perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan kecil.

Industri UMKM atau lainnya Produk sektor produktif yang dapat dikembangkan dalam KUR Khusus. Jangka waktu KUR khusus untuk kredit modal kerja (KMK) sampai dengan 4 tahun, dan kredit investasi (KI) sampai dengan 5 tahun.

Syarat Melakukan Pinjaman KUR Mandiri 2023 Online

kur mandiri

Bank Mandiri merupakan Bank Umum Kelompok Usaha IV yang dipercaya menyalurkan tiga jenis kredit usaha populer dimulai dari KUR Mikro, KUR Ritel/Kecil dan KUR TKI.

Kredit bermasalah dan sistem online bank Mandiri yang dipertahankan menjadi salah satu bukti bahwa kinerja bank pelat merah ini memang unggul.

Berikut tiga jenis KUR Mandiri yang bisa kamu ajukan sebagai pinjaman modal kerja, pinjaman modal TKI dan pinjaman investasi.

1. Kur Kecil

Kredit Usaha Rakyat Kecil atau KUR Ritel adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada usaha ritel sebagai kredit modal kerja dan investasi dengan nilai nominal pinjaman melebihi Rp25 juta dan maksimal Rp500 juta.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan modal kerja, kamu bisa mengunjungi Bank Mandiri dan mengajukan pinjaman KUR Mandiri dengan jangka waktu kredit hingga 4 tahun.

Sedangkan jika ingin mengajukan pinjaman sebagai modal investasi, kamu bisa memilih jangka waktu maksimal hingga 5 tahun.

A. Syarat Pengajuan KUR

Adapun syarat dan ketentuan pengajuan KUR Kecil Bank Mandiri, sebagai berikut :

  • Calon debitur merupakan pelaku usaha mikro kecil dan telah memiliki izin usaha dan/atau sertifikat usaha yang dapat menggantikannya.
  • Kegiatan yang dicakup oleh pinjaman telah berlangsung setidaknya selama 6 bulan.
  • Calon penerima saat ini belum memiliki fasilitas kredit produktif dari bank manapun.

B. Dokumen yang Dibutuhkan

  • Salinan kartu identitas
  • Salinan Kartu Keluarga (C1)
  • Izin usaha mikro dan kecil atau sertifikat perusahaan yang dapat menggantikannya.
  • Copy tambahan legalitas agunan sesuai mekanisme.

2. KUR TKI

KUR TKI adalah fasilitas pinjaman khusus calon tenaga kerja Indonesia dengan limit maksimal Rp 25 juta per peminjam. Persyaratan KUR TKI sebenarnya sangat berbeda dengan jenis KUR Mikro dan KUR Kecil.

Ketentuan pengajuan KUR TKI meliputi debitur yang merupakan calon pekerja migran Indonesia yang telah mendapatkan magang/pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Calon TKI dapat memilih jangka waktu kredit sampai dengan 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja yang dimilikinya sepanjang tidak melebihi tiga tahun.

Debitur dapat memanfaatkan KUR Mandiri khususnya jenis pembiayaan bagi TKI untuk pengurusan dokumen, pemeriksaan kesehatan, biaya pelatihan kerja dan sebagainya.

Persetujuan kredit kamu umumnya akan diperhitungkan dengan biaya penempatan kerja di negara tujuan TKI.
Syarat pengajuan KUR TKI.

A. Syarat Pengajuan KUR

Persyaratan utama bagi calon pekerja migran yang ingin mengajukan persiapan kredit pajak keberangkatan antara lain sebagai berikut:

  • Calon penerima kredit adalah tenaga kerja yang benar-benar memiliki perjanjian penempatan di negara tujuan.
  • Calon pekerja migran telah menandatangani perjanjian kerja dengan pengguna tenaga kerja.
  • Kamu sudah memiliki dokumen yang dibutuhkan untuk ditempatkan bekerja di negara tujuan.
  • Ketentuan utama bagi calon debitur yang ingin mengajukan kredit produktif ini.

B. Dokumen yang Diperlukan

  • Salinan kartu identitas (KTP).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (C1).
  • Bukti penempatan kerja oleh perusahaan penyalur tenaga kerja.
  • Bukti penandatanganan Surat Perjanjian dengan Pengguna Karya.
  • Mengkopi berkas-berkas lain yang dibutuhkan selama proses magang di negara tujuan.

3. KUR Mikro

KUR Mikro Mandiri merupakan jenis kredit usaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain suku bunga yang sangat rendah.

Jaringan Bank Mandiri yang luas memudahkan nasabah untuk mengakses dan mengajukan pinjaman modal kerja dan investasi KUR Mandiri secara bersamaan.

Umumnya, KUR Mikro hadir dengan limit maksimal Rp25 juta per debitur. Jangka waktu kredit yang dapat diambil antara 1-3 tahun sebagai modal kerja dan maksimal lima tahun sebagai investasi.

A. Ketentuan KUR Mikro Bank Mandiri

  • Calon debitur berkewarganegaraan Indonesia dan telah menjalankan usaha minimal 6 bulan.
  • Saat ini tidak menerima kredit produktif baik dari Banca Mandiri maupun dari bank lain.
  • Calon debitur bersedia menjadi objek usaha yang dibiayai sebagai agunan dengan memberikan agunan tambahan jika diperlukan.

B. Dokumen yang Dibutuhkan

  • Salinan kartu identitas.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (C1).
  • Izin usaha atau sertifikat yang dapat menggantikannya.
  • Tambahan legalitas agunan jika diperlukan.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri?

cara pinjam uang di bank mandiri

Berikut adalah cara mengajukan pinjaman KUR Mandiri:

  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, surat keterangan usaha, dan dokumen jaminan.
  2. Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau melalui aplikasi Mandiri Online.
  3. Ajukan permohonan pinjaman KUR Mandiri dan isi formulir yang disediakan.
  4. Setelah formulir diisi dan diserahkan, Anda akan diminta untuk menunggu beberapa waktu untuk proses verifikasi dan pengecekan dokumen.
  5. Jika dokumen dan persyaratan kamu memenuhi persyaratan, maka pinjaman akan disetujui dan dana akan dicairkan ke rekening kamu.

Baca Juga: Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023 Plafon 100 – 500 Juta

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023

tabel angsuran kur mandiri

Besaran pinjaman KUR Mandiri yang bisa diajukan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan mengembalikan pinjaman dari peminjam.

Tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman KUR Mandiri bervariasi antara 1 hingga 5 tahun, tergantung pada besaran pinjaman yang diajukan oleh peminjam.

Untuk bunga pinjaman KUR Mandiri yang dikenakan pada peminjam cukup terjangkau, yaitu 7% per tahun.

Pinjaman KUR Mandiri adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan modal usaha bagi UMKM yang membutuhkan. Dengan bunga rendah, besaran pinjaman yang cukup besar, dan proses pengajuan yang mudah, pinjaman ini bisa menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk memenuhi syarat yang ada dan mengetahui risiko yang mungkin terjadi.

Artikel Terkait