Contoh Proposal Kegiatan Sekolah (Osis) Singkat & Lengkap

Cahaya Bintang February 27, 2024

Berikut merupakan contoh proposal kegiatan sekolah yang diajukan ke pihak sekolah maupun bisa juga ditambahkan untuk mencari sponsor, sebagai pendukung acara yang kalian buat di sekolah. Merancang bersama teman teman, yang biasanya setiap kegiatan sekolah diadakan oleh pengurus osis. Terbagi dari beberapa orang, untuk membentuk suatu tanggung jawab yang di pegang.

Proposal kegiatan sekolahan merupakan proposal yang sering dibuat, karena kegiatan yang beragam bisa kamu buat di internal sekolahan.

Apa Bisa Membuat Proposal Kegiatan Sekolah yang Simpel Namun Bisa Terlaksana Dengan Mewah?

Hal tersebut sangat bisa kamu wujudkan untuk mengadakan kegiatan yang dilaksanakan di sekolahan, bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut. Kamu hanya butuh kerja sama yang baik antar pengurus satu dengan yang lain, dipimpin oleh ketua yang mengayomi setiap anggotanya.

Dengan semangat yang tinggi kamu tidak akan kewalahan dalam menjalankan sebuah acara, dengan menanamkan mindset susah satu susah semua capek satu capek semua. Yakin dengan kemampuan teman, maka kegiatan yang kamu buat akan berjalan dengan lancar, walaupun simpel namun acara terkesan mewah.

Baca juga: Pengertian Startup Menurut Para Ahli dan Contohnya

3 Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Singkat Namun Bisa Terlaksana Mewah

Inilah 3 Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Singkat Namun Bisa Terlaksana Mewah

Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di internal sekolah, dengan kegiatan yang berbentuk simpel namun bisa sukses kamu laksanakan dengan mewah.

Tidak perlu berencana terlalu tinggi namun kegiatan tersebut mustahil, untuk dapat terlaksana oleh team yang kamu bentuk. Lebih baik memilih kegiatan yang sederhana, namun tingkat kesuksesan acara lebih dapat kalian capai.

Buktikan kepada guru dan teman teman kamu, bahwa kamu dan team bisa membuat kegiatan sekolah yang berkelas. Dengan tingkat kegagalan yang minim, tentunya akan membuat kamu dan team akan selalu diingat dan akan selalu menjadi motivasi. Berikut 3 kegiatan yang direkomendasi sebagai kegiatan yang bisa menjadi referensi kamu, agar lebih aktif di sekolahan.

1. Proposal Kegiatan LKBB Paskibra Tingkat SMA Se Kotamadya Memperingati Hari Kemerdekaan

Proposal Kegiatan LKBB Paskibra Tingkat SMA Se Kotamadya Memperingati Hari Kemerdekaan

A. LATAR BELAKANG

Menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dari berbagai macam aspek seperti, meningkatkan jiwa berkebangsaan Indonesia. Meningkatkan jiwa korsa yang telah tumbuh pada taruna paskibra di setiap sekolah, serta menumbuhkan sikap kedisiplinan yang tinggi dalam menjalani setiap aktifitas di kehidupan sehari hari.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan mental persaingan secara sehat, yang dilakukan oleh setiap sekolah. Sekaligus menjalin tali silaturahmi antara sekolah yang ada di kotamadya. Mengenang perjuangan para pejuang patriotisme untuk mendapatkan kemerdekaan, dan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk pembangunan jati diri.

Serta kelak dapat menjadi pemimpin bangsa, yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian pancasila.

Bertepatan dengan Dirgahayu Republik Indonesia segenap Pengurus Paskibra Sekolah, kami akan mengadakan Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) antar pelajar se-Kotamadya.

B. TEMA KEGIATAN

Tema dari kegiatan Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) yang diikuti oleh seluruh pelajar tingkat SLTA/SMA/SMK sederajat adalah “Menumbuhkan Semangat Kebangsaan, Patriotisme dan Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) Tahun 2022 se-Kotamadya”.

C. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan kegiatan Lomba PBB ini adalah adalah:

  1. Memperingati HUT RI Ke 77 Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme.
  2. Menumbuhkan mental persaingan secara sehat.
  3. Menjalin tali silaturahmi antara sekolah yang ada di kotamadya.
  4. Mengenang perjuangan para pejuang patriotisme untuk mendapatkan kemerdekaan.

D. PESERTA KEGIATAN

Adapun peserta kegiatan ini diikuti oleh seluruh pelajar tingkat SLTA sederajat se-Kotamadya yang tergolong dalam ekstrakulikuler Paskibra dan Pramuka.

E. JENIS KEGIATAN

Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) yang menunjukkan kekompakan, dan kreatifitas yang diimplementasikan ke PBB.

F. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Terlampir

G. SUSUNAN PANITIA KEGIATAN

Terlampir

H. ROUND ON KEGIATAN

Terlampir

I. RINCIAN DANA KEGIATAN

Terlampir

J. PENUTUP

Semoga kegiatan lomba ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun, serta mendapat ridho Tuhan Yang Maha Esa. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.

2. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Acara Turnamen Futsal Antar Kelas

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Acara Turnamen Futsal Antar Kelas

A. PENDAHULUAN

Meninjau kegiatan yang paling diminati oleh para siswa, dengan ini maka, diadakanlah turnamen futsal antar kelas. Menyalurkan hobi para siswa terhadap hobi bermain futsal agar semakin berkembang, dengan adanya turnamen futsal yang dilakukan di sekolah SMK Tunas Dwipa Matra.

Baca juga: Arti Mimpi Menerima Uang Dari Seseorang Teman, Pertanda Baik?

Mencari pemain pemain muda yang di memiliki bakat dan kemampuan yang mumpuni, yang akan dipantau sejak sekarang. Sebab telah bermunculan seiring dengan perkembangan dunia olahraga.

Hal ini tidak lepas dari peran serta dari beberapa pihak yang memberikan support dan fasilitas yang mendukung para siswa untuk mengaktualkan kreativitas dan sportivitas mereka dalam sebuah tournament.

B. TUJUAN KEGIATAN

Mencari bibit bibit unggul untuk ekstrakurikuler futsal SMK Tunas Dwipa Matra melalui proses pengembangan potensi para siswa dalam bidang olahraga khususnya dalam bidang olahraga Futsal.

C. PELAKSANA KEGIATAN

Pelaksana kegiatan ini adalah pengurus osis yang bekerja sama dengan ekskul futsal SMK Tunas Dwipa Matra.

D. NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah “TDM Championship Futsal Competition“.

E. TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan ini adalah “Good game for Fair Play Is Our Game“.

F. SASARAN KEGIATAN

Seluruh siswa SMK Tunas Dwipa Matra Perwakilan satu tim setiap kelas.

G. WAKTU DAN TEMPAT

Waktu: hari, dd, yyyy

Jam: 08.00 s-d 12.00 WIB

Tempat: Lapangan futsal SMK Tunas Dwipa Matra

H. ANGGARAN DANA

Konsumsi panitiaRp.
Air MineralRp.
P3KRp.
Lain LainRp.
SnackRp.
TotalRp.

I. PENUTUP

Dengan ini kami hadirkan kegiatan turnamen futsal yang akan diikuti oleh seluruh siswa perwakilan kelas, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

3. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Pentas Seni

3. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Pentas Seni

A. Judul Proposal

Gelanggang Pertunjukan Seni siswa SMK Dwipa Matra, sekaligus perpisahan kelulusan siswa siswi kelas XII mengenang kebersamaan dan canda tawa semasa sekolah.

B. Latar Belakang

Pentas seni adalah sebuah ajang pengembangan kreativitas, menunjukkan berbagai macam seni siswa-siswi di luar potensi akademik. Agar tercipta keberagaman kemampuan dalam bidang seni, sehingga dapat lebih berkembang.

Pertunjukkan pentas seni seperti ini sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang dalam menumbuhkan bakat di bidang seni.

C. Tema

D. Macam-Macam Kegiatan

Adapun tema yang dihadirkan sebagai judul, dari penyelenggaraan ini adalah mengembangkan kreatifitas dengan menginovasi agar semakin berkembang.

Adapun berbagai macam kegiatan yang bisa kamu nikmati, dari ekstrakurikuler seni SMK Tunas Dwipa Matra sebagai berikut :

  1. Teater
  2. Pagelaran music band
  3. Sendratari
  4. Drama kolosal
  5. Seni islami
  6. Pertunjukan pencak silat
  7. Stand up comedy

E. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI dan XII SMK Tunas Dwipa Matra.

F. Waktu dan tempat

Menyampaikan informasi yang menyangkut pelaksanaan pentas seni, dimana acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Waktu: hari, dd, yyyy

Jam: 08.00 WIB – selesai

Tempat: Aula SMK Tunas Dwipa Matra. jl. Pramuka. Bandar Lampung

G. Susunan Panitia

Adapun susunan panitia yang telah dirancang dari acara ini, akan ditampilkan pada tabel dibawah ini:

Penanggung Jawab Kegiatan: Kepala Sekolah
Pengarah Kegiatan
Ketua Kegiatan Pentas Seni
Wakil Kegiatan Pentas Seni
Sekretaris
Bendahara
Acara
Perlengkapan
Humas
Keamanan
Dokumentasi
Konsumsi

H. Anggaran Dana

Berikut rancang yang akan kami ajukan untuk menjalankan acara ini, terdapat pada tabel di bawah ini

Transportasi juriRp.
Air mineralRp.
konsumsi juriRp.
Konsumsi PanitiaRp.
SnackRp.
Perlengkapan kegiatan pentasRp.
P3KRp.
Sewa PerlengkapanRp.
Lain – LainRp.
TotalRp.

Kegiatan sekolah merupakan bagian penting dalam menunjang kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, setiap sekolah perlu memperhatikan dan mengelola kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa.

Demikianlah contoh proposal kegiatan sekolah yang dapat dijadikan referensi bagi pengurus sekolah dalam menyusun proposal kegiatan. Dalam menyusun proposal kegiatan sekolah, pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik setiap tahapannya dan melibatkan semua pihak terkait untuk menghasilkan kegiatan yang sukses dan bermanfaat bagi siswa.

Artikel Terkait