Aplikasi Edit Foto di PC Gratis dan Terbaik Untuk Pemula 2024

Bunga Malam April 2, 2024

Kamera modern saat ini membuat fotografi digital menjadi sangat mudah, bahkan untuk objek foto yang paling dasar sekalipun tetap akan menghasilkan foto yang jernih dan tajam apalagi kalau kamu menggunakan aplikasi edit foto terbaik.

Namun bukan berarti tanpa masalah sedikitpun, kamu akan dihadapkan pada masalah lighting, white balance, red-eye dan masih banyak lagi. Maka alangkah baiknya jika kamu memasang aplikasi photo editor untuk membantu mengatasinya.

Saat ini aplikasi edit foto atau software edit foto yang paling banyak digunakan oleh para fotografer profesional di dunia mungkin masih aplikasi photoshop, dan tidak diragukan lagi.

Aplikasi fotografi Photoshop adalah aplikasi yang sangat bagus dengan banyak fitur. Untuk edit foto, aplikasi edit foto di komputer lebih dulu ada sebelum aplikasi edit foto muncul untuk smartphone.

Ciri khasnya adalah aplikasi atau yang biasa disebut software edit foto untuk komputer ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi namun sarat dengan fitur-fitur canggih. Biasanya ditujukan untuk kebutuhan profesional.

Tetapi jika keuangan kamu tidak cukup untuk membeli lisensi Photoshop, jangan khawatir, ada beberapa editor foto atau editor gambar gratis yang luar biasa.

Daftar Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik Dan Juga Gratis yang Cocok Untuk Pemula

Beberapa perangkat lunak pengedit foto ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Khusus untuk kali ini kita bahas yang gratisan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit foto di komputer yang bisa kamu download secara gratis dan mampu menyenangkan hati kamu.

1. Elemen Adobe Photoshop

elemen photo

Aplikasi edit foto di PC yang ideal dan cocok untuk pemula dan cukup kuat untuk veteran adalah Adobe Photoshop Elements yang kini hadir untuk membantu kamu mengedit foto pada komputer.

Aplikasi ini sangat profesional dalam memanipulasi setting secara detail dan tepat. Selain membantu kamu memaksimalkan potensi dan ide kreatif kamu, kelebihan aplikasi ini sangat fleksibel saat digunakan.

2. Foto Xara & Desainer Grafis

aplikasi edit foto di pc

Keuntungan yang dimiliki Xara Photo & Graphic Designer adalah mampu mengimpor hampir semua jenis gambar dan merupakan pengeditan serbaguna dengan rangkaian yang kuat.

Kamu juga akan membangkitkan kreativitas kamu dengan 360 font dan 60 filter yang membuat foto kamu benar-benar menakjubkan.

Kunci sukses dalam mengedit gambar menggunakan aplikasi ini adalah kesabaran pengguna yang kuat dan tinggi. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa mendapatkan hasil yang kamu harapkan.

3. Fotor

aplikasi edit foto di pc

Bagi kamu yang suka mengedit gambar klasik dan ingin belajar cara membuat kolase, kartu ucapan, dan gambar HDR, memiliki aplikasi edit foto online Fotor adalah pilihan yang tepat.

Selain aplikasi edit foto di komputer yang sangat user-friendly dan menarik ini, kamu juga dapat menggunakan beberapa utilitas foto tambahan yang telah disediakan untuk mengedit.

Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang ingin melakukan edit foto secara mendadak.

Artikel Lainnya:

4. Photoshop

aplikasi edit foto di pc

Salah satu aplikasi edit foto terbaik saat ini adalah Photoshop, banyak versi yang dirilis mampu meningkatkan rating pengguna komputer di dunia.

Padahal, aplikasi ini merupakan produk yang sangat populer, apalagi dengan dukungan penggunaan layar sentuh yang dapat memudahkan kamu untuk mengedit gambar.

Walaupun tidak sepenuhnya bisa menikmati aplikasi ini secara gratis, namun Adobe memang memberikan masa trial yang bisa dikatakan sangat memadai bagi kamu yang ingin belajar.

Selain itu, Photoshop juga memiliki beberapa aplikasi edit foto untuk Android.

5. Krita

aplikasi edit foto krita

Kemenangan yang diraihnya sebagai aplikasi terbaik tahun 2006 yang dideklarasikan oleh Academy Award, mampu menarik perhatian para pengguna komputer dalam mengedit foto di komputer menggunakan Krita.

Krita sebagai aplikasi edit foto di komputer penuh dengan fitur unik yang patut diacungi jempol dari para penggunanya.

Meskipun aplikasi ini tidak sehebat Gimp atau Photoshop, kemudahan penggunaan dan kemenangan yang diraihnya perlu dijadikan tolok ukur untuk memilih aplikasi ini.

6. Pic Monkey

pic monkey

Bagi kamu yang suka mendesain atau mengedit gambar di web, aplikasi Pic Monkey ini sangat cocok. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, kamu bisa bersenang-senang mengedit foto.

Sebagai aplikasi edit foto di pc berbasis web, ia memiliki beberapa fitur dan tools yang menarik untuk kamu gunakan, seperti: airbrushing, wrinkle-removers, evens, lip tint, sticker dan lain-lain.

Dan kamu bisa memiliki aplikasi ini secara gratis maupun berbayar.

7. Gimp

gimp

GIMP (GNU Image Manipulation Program) dirilis pertama kali pada tahun 1996, dan sejak saat itu telah diperbarui secara berkala, sehingga tidak heran jika paket aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto gratis terbaik, terlengkap.

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap yang bisa kamu gunakan seperti insert tool, image tool, selection tool, layer tool, color tool, filter, clone tool, blur tool, smudge tool, pen tool, healing tool, airbrush tool, dll.

Kamu juga dapat menambahkan bingkai dan menggabungkan foto/kolase menggunakan aplikasi ini.

8. Pixlr

pixlr

Sebagai aplikasi edit foto online gratis yang hidup dan berjalan pada browser, kamu tidak perlu meragukan kemampuan Fixlr. Karena banyak fungsinya yang sama dengan yang terdapat pada photoshop.

Kelengkapan fitur yang dimilikinya, serta antarmuka yang disesuaikan dengan menu yang dapat diubah ukurannya dan mudah dipindahkan, sangat memudahkan kamu dalam melakukan pengeditan.

Bahkan, kamu cukup terbantu dengan adanya shortcut keyboard seperti di photoshop.

9. CorelDraw

coreldraw

Corel Draw sebagai salah satu aplikasi desain grafis yang sudah sangat dikenal oleh banyak pengguna komputer. Ternyata bisa juga dijadikan photo editor untuk koleksi kamu, ini adalah aplikasi khusus untuk mengolah gambar vektor.

Namun jika sudah mahir menggunakannya, aplikasi ini juga bisa dijadikan pilihan alternatif dalam mengedit foto dengan hasil yang sangat bagus dan menarik. Kamu dapat menikmatinya selama masa percobaan secara gratis.

10. Photo Scape

photo scape

Tentu kamu sudah tidak asing lagi mendengar tentang aplikasi edit Photo Scape. Ya, aplikasi ini adalah alternatif yang dapat memudahkan kamu dalam mengedit foto secara ringan dan mudah.

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula atau para pengguna yang hanya ingin mengedit fotonya secara ringan serta dapat digunakan secara instan. Walaupun begitu, hasil editan foto kamu tetap baik dan bagus.

11. Chasys Menggambar IES

aplikasi edit foto

Chasys Draw IES terbukti menjadi editor foto yang luar biasa untuk PC dengan banyak fitur penting.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini antara lain; berbagai alat cat dan gambar, dukungan lapisan yang kuat, banyak efek khusus, penyesuaian warna dan pencahayaan, dukungan plugin Photoshop, dan banyak lagi.

12. Paint.NET

aplikasi edit foto

Aplikasi edit gambar untuk PC ini mungkin tidak sehebat dan sekeren GIMP, namun banyak yang menyukai Paint.NET.

Paint.NET kuat pada dasar-dasar pengeditan gambar, dengan opsi untuk mengubah ukuran, memutar foto, berbagai pilihan alat cat, dan beberapa efek khusus yang luar biasa.

13. Photo Pos

poto pos

Meskipun bilah alat perangkat lunak foto “Photo Pos Pro” kecil dan antarmukanya tidak modern.

Tapi itu tidak berarti Photo Pos Pro tidak terlalu menjanjikan, mulailah menjelajahi aplikasi ini dan kamu akan segera terkesan. Ada banyak opsi pemilihan, berbagai alat cat, koreksi warna, dan banyak lagi.

14. PixBuilder Studio

edit foto

PixBuilder Studio adalah editor foto PC kelas menengah dengan fokus kuat pada benda padat dan fitur praktis. Tidak seperti editor lain, apa yang dapat kamu tambahkan ke gambar kamu bukanlah clipart kartun dan efek artistik.

Artikel Terkait