Amalan Malam Nuzulul Quran Pada 17 Ramadhan 2024

Cahaya Bintang May 10, 2024

Malam Nuzulul Quran merupakan momen penting dalam agama Islam, Malam yang dipercayai sebagai malam turunnya Al-Quran ke bumi ini dianggap sebagai malam yang penuh berkah. Biasanya pada malam tersebut terdapat amalan malam Nuzulul Quran agar kita bisa memperoleh keberkahan.

Oleh karena itu, umat Islam di seluruh dunia melakukan amalan-amalan tertentu untuk mengagungkan malam yang istimewa ini.

Apa itu Nuzulul Qur’an?

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al Qur’an pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril. Datangnya malam Nuzulul Qur’an dijadikan momentum bagi umat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, momen tersebut diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Nuzulul Qur’an merupakan peringatan turunnya Al-Qur’an dari langit pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi pada malam Lailatul Qadar, pada bulan Ramadan.

Sebagai umat Muslim, malam Nuzulul Qur’an sangat penting untuk kita rayakan. Kita dapat memperbanyak amalan ibadah seperti membaca Al-Qur’an, shalat malam, berzikir, dan bersedekah. Selain itu, kita juga dapat memperbanyak doa dan beristighfar untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Malam Nuzulul Qur’an juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan diri dan memperbaiki diri. Kita dapat mengevaluasi diri, memperbaiki kekurangan, dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Dengan begitu, kita dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Namun, kita juga harus mengingat bahwa amalan ibadah yang dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an tidak boleh hanya dilakukan sekali dalam setahun. Kita harus memperbanyak amalan ibadah di setiap hari-hari kita sebagai tanda rasa syukur dan cinta kita kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Teks 99 Asmaul Husna Arab, Latin dan Artinya Lengkap

3 Amalan Untuk Mengisi Malam Nuzulul Quran

malam nuzulul quran

Berikut beberapa amalan yang biasa dilakukan pada malam Nuzulul Quran:

1. Membaca Al-Quran

Pada malam Nuzulul Quran, umat Muslim di seluruh dunia biasanya membaca Al-Quran secara khusyuk agar memberikan banyak keberkahan.

Membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang paling utama di antara ibadah-ibadah yang lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man Ibnu Basyir:   

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ   

Artinya: Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

2. Melaksanakan Shalat Malam

Selain membaca Al-Quran, shalat malam juga menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nuzulul Quran. Shalat malam dapat memberikan pahala yang besar dan menghilangkan dosa-dosa.

Ada 5 keistimewaan yang dapat diraih bila mengerjakan shalat malam.

  • Shalat malam merupakan shalat yang paling utama setelah shalat maktubah (lima waktu).
  • Memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).
  • Menjadi ciri khas orang-orang shalih.
  • Allah membanggakan hambanya yang melakukan shalat tahajud kepada para malaikat.
  • Semua doa kebaikan yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah swt.

3. I’tikaf di Masjid Untuk Berzikir

Malam Nuzulul Quran juga menjadi saat yang tepat untuk berzikir kepada Allah SWT. Berzikir pada malam ini dapat membantu kita untuk merenungi makna Al-Quran dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Amalan-amalan yang dimaksud seperti berdzikir karena terdapat sebuah hadits yang menyarankan untuk melakukan i’tikaf yaitu berikut ini.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Artinya: “Bahwa Nabi saw melakukan i’tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i’tikaf setelah beliau wafat.” [HR. Muslim].

Doa Untuk Malam Nuzulul Qur’an

doa malam nuzulul qur'an

Doa Malam Nuzulul Quran merupakan doa yang dibaca pada malam Nuzulul Quran sebagai bentuk rasa syukur atas turunnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia.

Berikut ini doa yang dapat dibaca pada malam Nuzulul Quran:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Islam. Pada malam tersebut, kita dapat melakukan amalan-amalan yang dianjurkan untuk mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Melalui amalan yang kita lakukan pada malam Nuzulul Quran, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan malam Nuzulul Quran ini dengan sebaik-baiknya. Kita dapat memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan seperti membaca Al-Quran, shalat malam, berzikir, dan bersedekah. Selain itu, kita juga dapat membaca doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam melakukan amalan-amalan tersebut, kita harus benar-benar fokus dan khusyuk. Jangan sampai kita melakukan amalan hanya untuk formalitas saja, namun benar-benar merasakan manfaat dari amalan tersebut. Kita juga harus mengikhlaskan niat kita dalam melakukan amalan, yaitu semata-mata untuk mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulannya, malam Nuzulul Quran adalah momen yang sangat istimewa bagi umat Islam. Pada malam tersebut, kita dapat memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

Mari kita manfaatkan malam Nuzulul Quran dengan sebaik-baiknya, dan semoga kita dapat merasakan manfaat dari amalan-amalan yang kita lakukan.

Artikel Terkait