Game PPSSPP Ukuran Kecil Dari Berbagai Genre yang Seru

Arif Rudianto February 29, 2024

Game PPSSPP memang sudah sangat terkenal dengan keunikannya yang mana banyak sekali game PS1, PS2 hingga PSP dapat diakses melalui aplikasi emulator ini. Namun game PPSSPP tersebut memiliki ukuran yang beragam mulai dari kecil hingga besar.

Dimana ukuran-ukuran tersebut tergantung sesuai game yang ingin dimainkan. Bahkan terdapat game PPSSPP yang berukuran hingga GB dan biasanya akan memberatkan smartphone para penggunanya, dan tak jarang ponsel akan keberatan.

Game seperti ini juga terbilang sangat langka dan jarang dimainkan lagi untuk saat ini. Namun tak sedikit pula orang yang ingin memainkannya untuk bernostalgia. Sehingga bagi sebagian orang, game ini masih sangat seru untuk dimainkan lagi.

Jadi wajar saja jika hingga kini masih banyak yang mencari keberadaan dari game-game pada PS1, PS2 dan PSP. Sebab keseruan serta momen-momen nostalgianya lah yang membuat game-game sejenis ini selalu menjadi permainan paling menarik.

Pada artikel ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai kumpulan game-game PSP yang bisa dimainkan melalui smartphone dan juga memiliki ukuran yang kecil. Bagi pembaca yang penasaran, maka simak artikel ini hingga selesai.

Inilah Beberapa Game PPSSPP yang Memiliki Ukuran Kecil dan Masih Seru Untuk Dimainkan

Seperti yang diketahui bahwa untuk memainkan game PSP mungkin sudah tidak bisa kita lakukan lagi pada perangkat tersebut. Sehingga banyak yang mengakali dengan memainkan game-game tersebut melalui perantara emulator PPSSPP.

Namun seperti yang kita ketahui bahwa game PPSSPP sangat jarang ada yang memiliki ukuran kecil. Sebab rata-rata game tersebut memiliki ukuran ratusan MB hingga mencapai GB yang jika menyimpan banyak game akan memberatkan ponsel.

Akan tetapi ada beberapa game pada PPSSPP yang memiliki ukuran kecil atau bisa dibilang berukuran ringan. Sehingga tidak akan memberatkan ponsel penggunanya dengan syarat game yang ada pada emulator harus dalam batas secukupnya.

Sebab meskipun ukuran game kecil namun pengguna emulator mengoleksi banyak game juga akan memungkinkan smartphone yang dimiliki akan keberatan. Bahkan bisa juga menyebabkan emulator PPSSPP tidak akan bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, dibutuhkan developer penyedia game PPSSPP yang memberikan ukuran ringan terhadap game-game mereka. Tentunya game-game pilihan yang berukuran kecil tersebut masih seru untuk dimainkan sekaligus bernostalgia.

Namun beberapa game berukuran kecil yang disediakan mungkin asing untuk dikenali para penggunanya. Sehingga pengguna merasa heran serta penasaran dengan game tersebut dan ingin mencoba memainkan beberapa game yang direkomendasikan.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan mengenai rekomendasi game PPSSPP berukuran kecil yang masih seru untuk dimainkan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini daftar rekomendasinya.

Baca Juga Download Game PPSSPP Untuk Android Gratis, Ukuran Ringan!

1. Avatar: The Last Airbender

Avatar The Last Airbender

Game Avatar: The Last Airbender di PPSSPP tentu akan mengajak para playernya untuk bernostalgia dengan karakter-karakter khasnya. Misalnya saja karakter Aang, Katara, Sokka, Toph, dan Zuko yang masing-masing memiliki kekuatan uniknya.

Gameplay yang dimiliki pada emulator PPSSPP ini sama dengan gameplay yang diberikan pada PSP, PS1 dan PS2. Namun gameplaynya lebih condong mirip dengan PSP karena memiliki tombol-tombol yang fungsinya sama pada perangkat PSP.

Avatar The Last Airbender ini sendiri mengharuskan para playernya untuk menjelajahi dunia Avatar yang sangat luas. Setiap kali penjelajahan dilakukan, player tidak akan terhindar dari sebuah pertarungan yang sangat sulit karena melawan musuh berat.

Untuk melakukan petualangan serta pertarungan pada game ini, playernya bisa memilih karakter-karakter favorit. Dimana untuk memenangkan pertarungan dalam game, pemilihan karakter juga berpengaruh karena kekuatan yang dimiliki berbeda.

Untuk memainkan game ini pada emulator PPSSPP tentu pembaca bisa mengunduh langsung karena memiliki ukuran yang kecil dan ringan yakni 110 MB. Oleh karena itu, game ini masuk ke dalam rekomendasi game PPSSPP yang berukuran kecil dan ringan.

2. GTA: Vice City Stories

GTA Vice City Stories

Player PlayStation khususnya PS2 dan PSP tentu sudah sangat familiar dengan permainan GTA pada beberapa versi. Namun GTA Vice City Stories tentu memiliki kenangan tersendiri yang mana peta map dari versi ini sangatlah seru untuk dijelajahi.

GTA memang menjadi salah satu permainan yang selalu dimainkan di rental PS maupun PSP. Hal ini disebabkan karena GTA memiliki gameplay yang sangat bebas dan bahkan dikatakan bahwa game ini sama seperti kehidupan kita di dunia nyata.

Namun pada game ini tentu memiliki misi yang harus diselesaikan oleh para playernya. Dimana untuk menyelesaikan setiap misi ada berbagai tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Sehingga game ini dinilai sangat seru untuk dimainkan.

Game ini juga terkenal dengan cheat agar permainan lebih mudah diselesaikan dan lebih seru untuk dimainkan. Tentu pembaca pernah mengalami hal ini dan jika sejumlah cheat masih hafal, maka permainan yang ada di PPSSPP akan lebih seru.

Meskipun game ini memiliki map yang luas dan gameplay yang menarik, namun game ini hanya memerlukan space memori sekitar 826 MB saja untuk dimainkan pada emulator PPSSPP. Dengan ini, pembaca bisa mempersiapkan ruang terlebih dahulu.

3. Toy Story 3

Toy Story 3

Siapa sih yang tidak mengenal film animasi Toy Story 3 yang mengisahkan tentang kehidupan para boneka dan mainan ketika tidak diperhatikan oleh manusia. Tentu pembaca sudah sangat familiar film animasi komedi anak yang sempat populer ini.

Sangking populernya film animasi ini kala itu, salah seorang developer game menciptakan game Toy Story 3 ini yang disediakan pada perangkat PlayStation dan juga PSP. Dimana game ini juga tidak kalah laris dengan game-game PlayStation lainnya.

Game ini juga sudah tersedia pada perangkat emulator PPSSPP yang bisa dijalankan pada smartphone. Dimana untuk memainkan game ini, penggunanya perlu menyiapkan ruang 133 MB yang tentu masih sangat kecil dan ringan untuk ponsel.

Para player yang memainkan game ini pada emulator PPSSPP tentunya masih akan bertemu dengan karakter Woody dan kawan-kawan mainannya. Bahkan pengisi suara dari karakter dalam game ini sama dengan pengisi suara pada movie film animasinya.

Oleh karena itu, bagi pembaca yang ingin bernostalgia dengan film dan juga game pada PlayStation maupun PSP sangat cocok untuk memainkan game ini di perangkat emulator PPSSPP yang dimiliki karena memiliki ukuran yang kecil dan juga ringan.

4. Marvel Ultimate Alliance 2 (Avengers)

Para penggemar Marvel tentunya sudah tidak asing dengan permainan PlayStation yang bernama Marvel Ultimate Alliance 2 yang menceritakan tentang Avengers. Tentunya game ini tersedia pada perangkat PSP yang pada waktu itu sedang viral.

Game ini sendiri juga telah tersedia untuk dimainkan pada emulator PPSSPP perangkat smartphone. Dimana game ini juga memiliki ukuran yang kecil dan tidak akan memberatkan perangkat aplikasi emulator PPSSPP yang ada di smartphone.

Pada game ini, para player akan bertugas menjadi superhero Marvel favorit yang bisa memilih banyak karakter. Nantinya, player akan bertarung bersama para Avengers untuk menyelamatkan dunia dari kekacauan yang disebabkan para musuh Marvel.

Game ini tentu akan membangkitkan suasana ketika memainkan game ini pada PlayStation maupun PSP kala itu. Sehingga para playernya tidak akan merasa bosan memainkan game ini pada perangkat emulator PPSSPP pada smartphone.

Player yang memang dulu sangat senang memainkan game ini tentunya akan sangat cocok untuk menambahkan game ini pada list pengunduhan game khusus PPSSPP. Sehingga nantinya player akan merasakan kembali keseruan pada game Marvel ini.

Baca Juga : Game Online Gratis yang Masih Populer Ditahun 2023

5. Dead to Right: Reckoning

Selanjutnya adalah game Dead to Right : Reckoning yang juga sempat populer dimainkan pada PlayStation dan juga PSP. Game ini masuk pada salah satu rekomendasi permainan PPSSPP ukuran kecil karena hanya membutuhkan ruang memori 80 MB saja.

Game ini sendiri sudah dapat diakses pada emulator PPSSPP beberapa tahun lalu yang juga menampilkan gameplay mirip seperti aslinya. Sehingga player akan merasakan kembali sensasi dan suasana ketika memainkan game petualangan ini kala itu.

Dead to Right ini menghadirkan petualangan dengan menggunakan senjata-senjata ganas. Dimana senjata tersebut digunakan untuk mengalahkan musuh dengan menembak secara akurat untuk memenangkan pertarungan yang terjadi dalam game.

Tak lupa juga dengan kehadiran fitur slow motion yang memberikan keuntungan kepada para player untuk memenangkan pertarungan dengan sangat mudah. Tentunya fitur ini akan jauh membangkitkan kembali suasana yang terjadi saat itu.

Game ini bisa ditemukan pada situs-situs yang menyediakan unduhan khususnya. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukan game ini yang diakses pada perangkat emulator PPSSPP. Dengan ini, pembaca akan merasakan keseruan bermain gamenya.

6. Star Wars The Force Unleashed

Star Wars The Force Unleashed juga memiliki kesan nostalgia tersendiri yang ketika PlayStation serta PSP ramai digunakan, game ini turut populer dimainkan. Bahkan game ini selalu dijadikan permainan wajib ketika main di rental PS1 dan PS2.

Sesuai dengan namanya, game ini sendiri diangkat dari film Star Wars the Force Awakens yang dikembangkan oleh beberapa developer game terkenal. Diantaranya adalah LucasArts, THQ, Cameron Suey, Aspyr, Krome Studios, n-Space dan Universomo.

Dimana game ini benar-benar dirancang sebaik mungkin untuk bisa dimainkan para playernya di setiap perangkat yang menyediakannya. Bahkan kini, Star Wars The force Unleashed juga telah tersedia pada PPSSPP yang diakses melalui smartphone.

Melalui game ini, para pemain akan bertarung melawan musuh menggunakan senjata-senjata yang disediakan. Namun ada kalanya para player mendapatkan kesempatan untuk menggunakan senjata iconic yaitu lightsaber yang sangat ciri khas.

Selain itu, game ini juga masih sangat seru untuk dimainkan dan bahkan kini masih banyak orang yang mencari untuk memainkannya. Terlebih, untuk dimainkan pada PPSSPP, game ini termasuk memiliki ukuran yang kecil dan ringan dimainkan.

7. Street Fighter Alpha 3

Game pertarungan legendaris pada PlayStation dan PSP bernama Street Fighter ini telah hadir dan dapat dimainkan melalui perangkat smartphone. Game ini bisa dimainkan melalui perantara emulator PPSSPP yang tersedia dalam ukuran yang kecil.

Street Fighter Alpha 3 ini sendiri merupakan permainan pertarungan yang menyediakan 31 petarung. Tentunya setiap petarung yang ada pada game ini memiliki skill yang berbeda-beda untuk melumpuhkan lawan dan memenangkan permainan.

Selain itu, setiap karakter juga memiliki ciri khas lain yang cukup iconic dari masing-masing karakter. Sehingga memberikan daya tarik tersendiri untuk dipilih oleh para player demi memenangkan pertarungan yang terjadi di dalam permainan.

Game ini sendiri sudah sangat populer di era PlayStation dan PSP yang hampir setiap pengunjung rental PS akan memainkan game ini. Bahkan tak jarang ada yang menyelesaikan setiap misi yang tersedia untuk mendapatkan hadiah-hadiah tertentu.

Dengan kehadirannya pada emulator PPSSPP yang tersedia pada smartphone ini membuat para penggemar bisa memainkan game ini lagi dengan sensasi yang sama. Sehingga nostalgia memainkan PSP akan lengkap ketika memainkan game ini juga.

Baca Juga : Arti NT Di TikTok Baik Dalam Game Maupun Urusan Cinta

8. SBK: Superbike World Championship

Terkhusus bagi pembaca yang menyukai game balapan, SBK: Superbike World Championship versi PSP ini bisa menjadi pilihan untuk dimainkan. Dimana game ini sebelumnya telah tersedia pertama kali pada PlayStation 1 maupun PlayStation 2.

Meskipun pada saat ini PSP, PS1 dan PS2 sudah sangat langka ditemukan, maka emulator PPSSPP ini yang bisa melepaskan rasa kangen memainkannya. Game ini sendiri sudah tersedia cukup lama pada PPSSPP dengan ukuran file yang kecil dan ringan.

Di dalamnya, player akan bertanding layaknya seorang pembalap profesional yang saling bersaing merebutkan posisi pertama. Sama seperti aslinya, balapan disini harus melalui beberapa laps untuk diselesaikan bersama player lain dan memenangkannya.

Ada beberapa mode balapan pada game ini yang bisa dimainkan untuk mendapatkan keseruan menarik. Bahkan juga setiap mode balapan bisa memilih motor yang ingin digunakan ketika bertanding merebutkan posisi pertama dalam podium balap.

Tentunya game ini masih sangat seru untuk dimainkan, sebab sejak era PlayStation 1 game balapan selalu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa stres dan mendapatkan hiburan dengan balapan motor dalam permainan.

9. Hero of Sparta

Hero of Sparta merupakan game yang hampir mirip dengan God of War namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Dimana pada God of War sendiri memiliki ukuran yang sangat besar dan memungkinkan ponsel keberatan jika memainkan banyak game.

Game ini bisa dimainkan pada emulator PPSSPP karena memiliki ukuran yang kecil dan cukup ringan. Dimana game ini diambil dari perangkat PSP serta PlayStation yang sebelumnya memang sudah menyediakan game ini untuk dimainkan oleh publik.

Meskipun game ini tidak sebagus God of War, namun Hero of Sparta selalu menjadi andalan orang ketika memainkan PSP. Sebab gameplay yang diberikan cukup kompleks dan tingkat kesulitan yang terus meningkat sesuai level yang dimiliki.

Grafik dari game ini sendiri lebih ringan namun tetap memiliki antarmuka yang sangat rapi. Sehingga para player tidak akan merasa kecewa ketika memainkan game ini. Terlebih, game ini juga merupakan game PSP yang cukup populer pada masanya.

Sehingga ketika memainkan pada emulator PPSSPP ini para player akan merasakan nostalgia dan juga merasakan sensasi memainkan gamenya yang hampir sama ketika memainkan PSP. Oleh karena itu, game ini masuk pada rekomendasi terbaik.

10. Asphalt – Urban GT 2

Selain balap motor, PlayStation dan juga PSP juga memiliki game balap andalan namun dengan menggunakan mobil. Dimana game tersebut sudah sangat terkenal sejak dulu dengan nama Asphalt – Urban GT 2 yang selalu menjadi andalan.

Game yang dikembangkan oleh gameloft ini sudah memiliki kualitas gameplay dan grafis yang sudah terbilang bagus untuk ukuran PSP. Sehingga setiap kali memainkan PSP, player tidak lupa untuk memainkan game balap mobil Asphalt – Urban GT 2.

Game ini juga telah tersedia pada emulator PPSSPP dengan ukuran yang kecil dan juga ringan. Sehingga tidak akan memberatkan para penggunanya untuk menyimpan beberapa game lain untuk dimainkan pada emulator PPSSPP di smartphone.

Pada game ini, player melakukan kejar-kejaran dengan mobil yang diawasi oleh helikopter di atas. Dimana game ini bertujuan untuk memperebutkan posisi pertama untuk mendapatkan hadiah maupun item-item dalam game lainnya yang menguntungkan.

Meskipun game ini sudah tersedia secara langsung pada platform toko layanan aplikasi, namun game yang diakses melalui emulator PPSSPP ini cukup memberi kesan tersendiri untuk dimainkan serta bernostalgia di masa-masa memainkannya pada PSP.

Artikel Terkait