Cara Cek Nomor Smartfren Selain *995# (Masih Aktif atau Tidak)

Cahaya Bintang April 12, 2024

Pelanggan operator seluler Smartfren dapat mengecek nomor ponsel yang digunakan dengan beberapa cara. Dimana untuk melakukan cara cek nomor smartfren tersebut diantara lainnya seperti melalui MSM, aplikasi mySF, USSD Menu Browser (UMB) dan layanan operator.

Jika kamu ingin mengisi pulsa, internet, dan biaya telepon, tentunya kamu harus mengetahui nomor Smartfren operator. Jika kamu memiliki keperluan lain, seperti mendaftar WhatsApp atau login ke aplikasi, tentunya kamu juga memerlukan nomor ponsel.

Cara melihat nomor Smartfren bisa dilakukan dengan berbagai cara. Informasi nomor ponsel juga kerap dibutuhkan pengguna operator ini untuk membeli pulsa atau paket data. Moms and Dads bisa cek sendiri nomor Smartfren, misalnya lewat kode UMB ke WhatsApp. Jika Moms and Dads ingin tahu cara melihat nomor Smartfren yang mudah, cepat, dan tidak memerlukan pulsa sama sekali.

Pada awalnya, Smartfren merupakan operator telekomunikasi di Indonesia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev.A dan CDMA EV-DO Rev.B (setara dengan 3.5G pada GSM dengan kecepatan unduh hingga 14,7 Mbps) dengan Qualcomm sebagai penyedia infrastruktur. , dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan BlackBerry.

Kemudian di 19 Agustus 2015, Smartfren meluncurkan produknya yang bernama smartfren 4G LTE-Advanced dan menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi 4G LTE Advanced (atau yang dikenal dengan 4.5G dengan kecepatan unduh hingga 300 Mbps).

Saat ini, Smartfren hanya beroperasi dengan jaringan 4G (sebenarnya direncanakan menjadi 5G) setelah memutus jaringan CDMA pada akhir 2017. Penutupan CDMA juga dilakukan dengan menghentikan penjualan ponsel bermerek Andromax miliknya.

Lupa Nomor Smartfren? Cek Pakai Cara Dibawah ini!

Pasti masih ada yang bingung bagaimana cara mengecek nomor smartfren pada ponsel ya. Nah disini kamu ga perlu bingung lagi, karena mimin bakal kasih kamu cara-cara mudah untuk melakukan pengecekan nomor smartfren lho. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis dan Tercepat (50rb Sehari)

1. Cek Melalui SMS

Cara cek nomor kartu Smartfren yang pertama adalah melalui SMS, cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi pesan
  2. Masukkan format “INFO
  3. Kirim SMS ke nomor 995
  4. Selanjutnya, Smartfren akan mengirimkan pesan berisi nomor HP pengguna

2. Cek Nomor Smartfren Lewat Telepon

Berikut cara yang dapat digunakan untuk mengecek nomor Smartfren melalui telepon:

  1. Buka aplikasi telepon di HP
  2. Lalu masukkan kode USSD *999# dan klik Panggil.
  3. Lihat nomor kartu Smartfren pada jendela informasi.

3. Cek Melalui Aplikasi MySF

Selain itu, cara cek nomor kartu Smartfren juga bisa dilakukan langsung melalui aplikasi mySF. Cara mengeceknya sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi mySF melalui Google PlayStore atau AppStore
  2. Buka aplikasi dan masukkan data yang diperlukan
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu dapat melihat nomor ponsel Smartfren yang sedang kamu gunakan.

4. Cek Melalui Kode UMB *123#

Kamu juga bisa cek nomor kartu Smartfren lewat USSD Menu Browser (UMB) di *123#, berikut ini caranya:

  1. Tekan kode UMB *123# pada menu telepon
  2. Lalu tekan tombol “Call” (Panggilan)
  3. Tekan menu “8” untuk memilih opsi Info. Lalu informasi berisi nomor telepon dan saldo pulsa akan ditampilkan secara otomatis.

5. Cek Melalui Kode UMB *999#

Selain melalui UMB *123#, KAMU juga dapat menghubungi melalui kode UMB *999#. Metodenya adalah sebagai berikut:

  1. Smartfren juga menyediakan cara alternatif lain bagi pengguna untuk mengecek nomor ponsel Smartfren
  2. Caranya cukup tekan kode kontrol nomor Smartfren *999#
  3. Kemudian tekan tombol “Panggil” dan nomor telepon pengguna akan ditampilkan.

6. Cek Nomor Smartfren Melalui Layanan Operator

Cara cek nomor Smartfren melalui layanan operator merupakan cara terakhir untuk mengetahui nomor kartu yang terlupa. Pengguna cukup menelepon ke 888 untuk memverifikasi nomor kartu Smartfren.

Untuk pengguna nomor Smartfren pascabayar, panggilan ini gratis. Namun, pengguna prabayar akan dikenakan biaya Rp300 untuk setiap panggilan.

7. Cek Nomor Smartfren Melalui WhatsApp

Cara lain untuk mengecek nomor Smartfren yang kamu gunakan adalah lewat aplikasi WhatsApp. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi wajib yang dimiliki oleh seluruh pengguna smartphone. Aplikasi berkirim pesan ini menyimpa nomor ponsel untuk bisa digunakan.

Untuk melihat nomor ponsel yang terdaftar, kamu bisa melakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas
  3. Pilih menu Pengaturan/Pengaturan
  4. Klik nama/foto profil Whatsapp
  5. Inquire nomor Smartfren kamu akan terlihat di layar
  6. Itu dia sejumlah cara untuk melihat nomor Smartfren yang kamu miliki. Agar lebih nyaman menggunakan layanan Smartfren, jangan lupa selalu isi pulsa dan paket data ke nomor milikmu.

8. Cek Nomor Smartfren Melalui Missed Call

Trik ini bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor Smartfren dengan menghubungi nomor kontak lain tanpa perlu terhubung. Pastikan Kamu memiliki pulsa yang cukup untuk dapat melakukan atau mengecek dengan cara ini. Berikut cara mengecek nomor Smartfren dengan panggilan tidak terjawab:

  1. Buka menu Telepon/Telepon.
  2. Pilih kontak orang terdekat.
  3. Klik Panggilan/Telepon.
  4. Catat nomor Smartfren dari HP orang terdekat

Cara Memastikan Nomor Smarfren, Apakah Masih Aktif atau Tidak?

cek nomor smartfren masih aktif atau tidak

Untuk mengecek masa aktif kartu smartfren, kamu cukup masuk ke aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk mengetahui berbagai hal mengenai kartu yang digunakan. Kamu dapat mengunduhnya di MySmartfren baik di ponsel Android maupun di iPhone.

Setelah mengetahui masa aktif kartu, Kamu bisa memperpanjang kartu smartfren selama setahun penuh. Penasaran ingin tahu caranya? Simak informasinya di bawah ini.

Cara Perpanjang Kartu Smartfren Selama 1 Tahun

Kamu dapat memperpanjang kartu Smartfren selama setahun penuh dengan membeli paket 1ON+ di aplikasi MySmartfren. Buka aplikasi MySmartfren terlebih dahulu. Pastikan Kamu didukung oleh koneksi internet yang stabil dan lancar.

Pilih menu Shop/Belanja di bagian bawah layar sebelah kiri, lalu pilih menu Internet. Kamu akan dapat melihat penawaran paket 3 1ON+ yang dapat Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan Kamu. Ada paket 3GB seharga Rp15.000, 6GB seharga Rp35.000, atau 18GB seharga Rp55.000.

Setelah memilih paket 1ON+, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Lalu klik Bayar. Setelah proses selesai, paket 1ON+ akan aktif dan kartu Kamu akan memiliki masa aktif hingga 365 hari atau satu tahun.

Baca Juga: Cara Tukar Poin Telkomsel Jadi Kuota dan Pulsa, Mudah!

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Sudah Tidak Berlaku Lagi

Cara Mengaktifkan Kartu HP

Kartu Smartfren yang sudah habis masa berlakunya dapat diaktifkan kembali namun menjadi kartu pascabayar. Masa tenggang kartu Smartfren dibagi menjadi 2:

  1. One Way Block yaitu 30 hari pertama setelah masa aktif Smartfren berakhir (tidak bisa melakukan nelpon/SMS keluar, akses internet, dll tapi tetap bisa menerima nelpon/SMS masuk)
  2. Blok Dua Arah, adalah 30 hari setelah masa tenggang Blok Satu Arah (tidak dapat melakukan panggilan masuk/keluar/SMS, akses internet, dll)

Setelah masa tenggang Blok Dua Arah berlalu, kartu Smartfren akan dihentikan. Namun, kamu dapat mengaktifkan kembali kartu Smartfren yang telah diakhiri sebagai kartu pascabayar dengan mengunjungi galeri Smartfren. Persyaratan pengaktifan kembali sebagai kartu pascabayar:

  1. Bawa tanda pengenal
  2. Bawa kartu keluarga
  3. Beli paket pascabayar dengan uang tunai/kartu kredit
  4. Selambat-lambatnya 3 bulan setelah penghentian (masa tenggang Smartfren telah berakhir)

Dari semua tutorial yang mimin bagikan, mungkin kamu punya cara tersendiri yang akan kamu gunakan dalam melakukan pengecekan nomor smartfren. Jadi kami harapkan artikel ini dapat memberikan banyak manfaat kepada kamu, dan jangan lupa untuk menshare artikel ini sebanyak-banyaknya.

Apa itu Paket Smartfren 1ON+ yang Mungkin Selama ini Belum kamu Ketahui?

Paket 1ON+ merupakan paket internet dari Smartfren yang menawarkan kemudahan untuk masa aktif paket yang lama yaitu 365 hari. Dengan membeli paket ini, Kamu akan mendapatkan kuota bulanan 24 jam selama 6 bulan pertama. Ada 3 pilihan paket 1ON+ yang bisa kamu pilih:

  1. Pertama, paket 1ON+ 6GB dengan kuota 1,5GB/bulan di bulan 1-3, dan 500MB/bulan di bulan 4-6.
  2. Kedua, paket 1ON+ 9GB dengan kuota 1,5GB setiap bulan selama 6 bulan
  3. Ketiga, Paket 1ON+ 18GB yang memiliki kuota 3GB setiap bulan dan juga berlaku selama 6 bulan

Artikel Terkait