Link Untuk Cek Penerima PIP Sekolah Secara Online 2024

Cahaya Bintang February 7, 2024

Pemerintah saat ini selalu memberikan bantuan kepada masyarakat. Mulai dari bantuan tunai langsung hingga bantuan anak sekolah. Nah, untuk anak sekolah ini pemerintah memberikan bantuan berupa uang. Yang nantinya bisa digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah, ya. Maka daripada itu mimin sudah menyediakan cara cek penerima PIP, supaya kamu bisa mencairkan dana nya dengan mudah.

Namun, jika kamu adalah siswa yang belum menggunakan bantuan PIP, kamu dapat memeriksa apakah nama kamu ada dalam daftar penerima atau tidak. Bagi kamu yang belum mendapatkan bantuan melalui program Indonesia Pintar atau PIP, kamu perlu segera mengecek penerima PIP kamu dengan cara yang akan kami berikan di bawah sini.

Apa Itu PIP (Program Indonesia Pintar)?

Program PIP atau Indonesia Pintar merupakan program buatan pemerintah untuk pelajar atau mahasiswa. Program ini berupa bantuan yang disalurkan kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau rentan.

Bantuan atau program Indonesia Pintar ini sebenarnya diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu dalam bentuk uang, kesempatan belajar, akses yang dibutuhkan dan sebagainya. Dalam hal ini, tidak semua mahasiswa mendapatkan bantuan PIP atau program Indonesia Pintar, ya.

Nah, bagi pelajar atau mahasiswa yang memang akan mendapatkan bantuan ini dari berbagai tingkatan. Baik itu SD (Sekolah Dasar), Sekolah Menengah Pertama (Sekolah Menengah), SMA (Sekolah Tinggi) atau Sekolah Profesi Tinggi (Sekolah Profesional). Jadi, ya, jadwal ini dibagi rata.

Tujuan pemerintah untuk melatih program ini atau memberikan bantuan kepada pelajar di Indonesia agar pendidikan berkelanjutan di Indonesia dapat merata. Selain itu, pemerintah berharap dapat mengentaskan kemiskinan anak bangsa, ya.

Jadi dengan pendampingan seperti Program Indonesia Pintar atau PIP, tidak ada alasan untuk tidak sekolah formal bukan? Kenapa ya, sebelumnya pengasuhan pasti diberikan secara seragam dari SD hingga SMA atau sederajat.

Bagi kamu yang benar-benar ingin mengetahui apakah kamu mendapatkan bantuan dari program ini atau tidak, maka kamu harus menyimak pembahasan yang kami berikan dibawah ini.

Baca juga: Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP & SMA

Berikut ini Kriteria Siswa yang Berhak Mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP)

Berikut ini Kriteria Siswa yang Berhak Mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP)

Jika kamu menyimak pembahasan di atas pastinya kamu sudah mulai paham tentang program pemerinah yang satu ini ya, bantuan atau program ini akan disalurkan secara merata ke semua jenjang pendidikan. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa program pintar Indonesia ini juga ada prioritasnya lho.

Intinya begini, dalam program Indonesia pintar ini juga akan ada target atau orang yang berhak dibantu atau program ini. Oleh karena itu dibawah ini akan kami sampaikan pembahasannya kepada kamu. Agar setelah kamu bisa langsung paham, yuk langsung ke rincian tujuan PIP yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

  • Siswa yang berasal dari keluarga miskin rentan terhadap kemiskinan dan dengan pertimbangan khusus seperti tercantum di bawah ini.
  • Siswa yang terkena dampak bencana alam dan dampaknya.
  • Siswa yang tidak lagi bersekolah dan harus dapat kembali ke sekolah nanti.
  • Siswa yang mengalami bencana sebagai orang tua yang diberhentikan (PHK), berasal dari keluarga yang dipenjara, korban bencana, memiliki cacat fisik, memiliki lebih dari tiga saudara kandung yang tinggal dalam satu rumah.
  • Ia berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Kondisi siswa yatim piatu/yatim piatu atau dari panti asuhan atau panti sosial.
  • Siswa yang berasal dari keluarga penerima program Keluarga Harapan.
  • Siswa atau mahasiswa memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar).
  • Siswa yang berasal dari lembaga pendidikan non formal seperti kursus atau lainnya.

Nah itulah daftar atau syarat untuk siswa yang berhak mendapatkan bantuan atau beasiswa dari PIP ini. Jadi program ini memang dikhususkan untuk siswa yang kurang mampu ya.

Persentase Siswa yang Berhak Menggunakan Program Indonesia Pintar

Persentase Siswa yang Berhak Menggunakan Program Indonesia Pintar

Apabila kamu sudah memahami penjelasan tentang program Indonesia Pintar dan tujuannya, kini kami juga akan memberikan informasi tentang biaya siswa dan juga jumlah dana yang diberikan oleh bantuan ini. Pastinya kamu juga ingin mengetahui informasi ini ya.

Seperti yang kami sampaikan di atas, ya, jika bantuan ini diterima oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan formal. SD hingga SMA/SMK. Nah untuk lebih jelasnya nanti kami berikan berapa kuota yang bisa mendapatkan bantuan ini.

SD (Sekolah Dasar)10.360.614 siswa
SMP (Sekolah Menengah Pertama)4.369.968 siswa
SMA (Sekolah Menengah Atas)1.367.559 siswa
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)1.829.167 siswa

Panduan Cara Cek Penerimaan PIP 2023 Secara Online dengan Cepat dan Mudah

Panduan Cara Cek Penerimaan PIP 2023 Secara Online dengan Cepat dan Mudah

Saat ini kamu sudah mengetahui hampir semua informasi tentang program Indonesia Pintar bukan ? Jika ya, kali ini kami akan memberi tahu kamu tentang panduan untuk memeriksa penerima PIP. Karena sebenarnya penerima PIP harus mengeceknya agar diketahui nantinya. Nah, mengecek ini juga sangat sederhana.

Baca juga: 4 Cara Download Video di Pinterest ke Galeri HP Tanpa Aplikasi

Karena setelahnya bisa dilakukan secara online melalui website resmi Kemendikbud. Untuk membuatnya lebih cepat, di bawah ini kami akan membagikan kepada kamu langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sehingga kamu dapat dengan mudah mengontrol penerima PIP kamu.

  1. Apabila kamu ingin memeriksanya, buka terlebih dahulu browser yang kamu miliki.
  2. Setelah itu baru bisa mengakses https://pip.kemdikbud.go.id/home.
  3. Kamu akan langsung diminta mengisi data sesuai kolom yang tersedia. Segera isi data berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan tanggal lahir siswa, serta nama ibu kandung.
  4. Kamu dapat memasukkan semua data dengan benar dan lengkap.
  5. Setelah selesai, langsung klik Cari.
  6. Kemudian, nanti akan ditampilkan apakah nama kamu masuk dalam daftar penerima Program Indonesia Pintar (PIP) atau tidak.
  7. Selesai
Cara Cek Nama Penerima PIP yang Belum Dicairkan Melalui Link Pip.kemdikbud.go.id

Diketahui, PIP Kemdikbud 2022 tetap akan diberikan kepada siswa SD dan SMA dengan nilai nominal hingga Rp1 juta, asalkan sudah memiliki kartu pintar Indonesia atau KIP dan terdaftar sebagai penerima bantuan ini.

Untuk memastikan mahasiswa terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud 2022, mahasiswa dapat mengecek nama penerima melalui link pip.kemdikbud.go.id, sebagaimana akan dijelaskan pada artikel ini.

Sebagai informasi tambahan, Bantuan PIP Kemendikbud Tahun 2022 merupakan bentuk bantuan Kartu Indonesia Pintar atau KIP, untuk membantu biaya pendidikan siswa dari masyarakat miskin dan kurang mampu, dengan jumlah dana bervariasi, yang dikucurkan oleh Kemendikbud. Dikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek secara tunai melalui lembaga pendidikan.

Seperti dikutip dari situs pip.kemdikbud.go.id, berikut penjelasan lengkap cara cek nama penerima PIP Kemdikbud 2022 untuk bantuan hingga Rp. 1 juta untuk siswa sekolah dasar.

  1. Link login Kemdikbud.go.id untuk cek nama penerima PIP Kemdikbud 2022 secara online melalui handphone atau komputer yang terhubung dengan Wi-Fi atau data seluler.
  2. Memasukkan data siswa penerima secara lengkap pada form kontrol data, seperti NISN, tanggal lahir dan juga nama ibu kandung.
  3. Setelah itu, klik opsi “Search” dan klik enter pada halaman website.
  4. Terakhir, tunggu beberapa detik hingga proses pencarian data selesai, kemudian data tersebut akan muncul di dashboard atau halaman website kamu.

Rincian Jumlah Dana PIP yang Bisa Kamu Cairkan

Adapun rincian dana dari Program Indonesai Pintar setiap jenjangnya ialah berbeda-beda. Berikut dana yang bisa kamu dapatkan apabila mengikuti program PIP ini :

  1. PIP Kemendikbud untuk siswa tingkat SD/MI/Paket A dan sederajat akan mendapatkan bantuan senilai Rp 450.000 setiap tahunnya.
  2. Anak-anak Sekolah PIP Kemdikbud untuk jenjang SMP/MTS/Paket B dan sederajat akan mendapatkan bantuan senilai Rp750.000,- per tahun.
  3. Anak-anak di Sekolah PIP Kemdikbud untuk jenjang SMA/SMK/MA/Paket C dan sederajat akan mendapatkan bantuan senilai Rp1 juta per tahun.

Selain itu, untuk melakukan proses Pengecekan Nama Penerima PIP Kemdikbud 2022, mahasiswa juga perlu melakukan registrasi sebagai berikut:

  1. Mahasiswa penerima PIP Kemdikbud 2022 harus terlebih dahulu mendaftarkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya dan mengirimkannya ke lembaga pendidikan terkait yang menyalurkan dana tersebut.
  2. Jika tidak memiliki KKS dan KIP, orang tua wajib mengajukan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari ketua RT atau RW berdasarkan alamat domisili KTP, Kelurahan atau alamat desa sebelum dapat melengkapi persyaratan. Pendaftaran PIP Kemdikbud 2022.
  3. Kemudian siswa dapat mengedit KKS orang tuanya untuk memverifikasi data penerima PIP Kemdikbud 2022, sehingga dapat menerima bantuan anak sekolah hingga tunai Rp 1 juta.

Baca juga: Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo 2023 (Aktif atau Tidak)

Artikel Terkait