Daftar Gaji Pramugari Pesawat Indonesia Tahun 2024

Cahaya Bintang February 15, 2024

Gaji pramugari pesawat sangatlah bervariasi. Pramugari adalah seorang karyawati di sebuah pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang memiliki tugas untuk melayani penumpang. Ketika naik pesawat, kita akan melihat pramugari dengan pakaian rapi melayani penumpang sekaligus memastikan kenyamanannya.

Untuk menjadi pramugari, biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berapa gaji pramugari untuk 1 bulan nya? Gaji pramugari per bulan biasanya akan ditentukan berdasarkan status, jam terbang, dan maskapai penerbangannya. Yuk simak lebih lengkapnya di sini.

Berikut Rentetan Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia

Berikut Rentetan Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan di Indonesia

Dalam dunia kerja, pramugari menjadi profesi yang diidamkan para perempuan. Dari segi penampilan yang anggun, keliling daerah bahkan mancanegara. Serta gaji pamugari yang menjanjikan.

Dengan pekerjaan yang memiliki resiko yang tinggi ini, tak heran apabila ditawarkan dengan gaji yang besar dan berbagai benefit yang ditawarkan. Dikutip dari buku berjudul ‘Sukses Menjadi Pramugari’ karya Pepen Pendi, berikut kisaran gaji pramugari pesawat di enam maskapai Indonesia.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Sederhana yang Bisa di Edit (Word)

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Gaji pramugari BUMN ini terbilang cukup besar. Seperti yang kita tahu maskapai penerbangan Garuda adalah salah satu maskapai terbaik di Indonesia. Untuk pesawat yang masih berstatus junior atau dalam masa training sebesar Rp 15 juta per bulan. Sementara, gaji pramugari Garuda Indonesia dengan jam terbang berada tinggi dinilai Rp 30 juta per bulan.

Total gaji pramugari pesawat tersebut, belum termasuk vasilitas yang didapatkan seperti jatah tiket untuk keluarga inti, penginapan selama perjalanan, dan vasilitas lainnya.

Selain itu, pramugari Garuda Indonesia juga akan mendapatkan tunjangan terbang yang besarnya berkisar Rp50 ribu per jam. Semakin tinggi jam terbang seorang pramugari maka akan semakin besar gaji bulanan yang diperolehnya.

Pada umumnya, seorang pramugari Garuda Indonesia akan melakukan terbang sebanyak 25-30 kali dalam satu bulan. Jika dalam satu kali terbang pramugari tersebut dapat terbang selama 7-8 jam, maka dalam satu kali terbang, ia akan mendapatkan tunjangan terbang sebesar Rp350-400 ribu. Nominal tersebut bisa dikalikan dengan berapa jumlah terbang pramugari dalam satu bulan.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Gaji pesawat pramugari Batik Air ditentukan berdasarkan jam terbang. Rata-rata seorang pramugari akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan ditambah uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior akan mendapat gaji lagi sebesar Rp 40 ribu per jam.

Pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam untuk harinya. Jika dihitung per jamnya diperlihatkan sebesar Rp 40 ribu, sehingga dalam sehari pramugari bisa mendapatkan gaji terbang sebesar Rp 240 ribu. Umumnya seorang pramugari di maskapai ini dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang.

Selain itu, pramugari memiliki tambahan uang makan sebesar Rp 15 ribu sampai Rp 45 ribu per hari. Jika dijumlahkan dengan hal itu, uang terbang, dan uang makan maka seorang pramugari Batik Air bisa mendapat gaji hingga sekitar Rp 7,5 juta per bulan.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Gaji pramugari Lion Air adalah Rp 15-20 juta per bulan. Hal itu sudah dijumlahkan dengan uang tambahan selama melakukan penerbangan. Dan untuk pramugari junior Lion Air sekitar Rp 2-3 juta, sedangkan untuk senior Rp 5-6 juta.

Uang tambahan yang diperoleh pramugari itu bermacam-macam mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan.

4. Gaji Pramugari AirAsia

Gaji pramugari AirAsia sebesar Rp 3 juta per bulan. Tidak hanya gaji pokok saja, maskapai dari Malaysia ini juga memberikan uang tambahan uang terbang sebesar Rp 50 ribu per jam.

Gaji itu bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang diperoleh. Untuk keseluruhan,untuk pramugari junior AirAsia sekitar Rp 8-15 juta per bulan. Dari situ kita bisa memperkirakan bahwa, gaji pramugari senior tentunya akan lebih besar lagi.

Gaji pramugari Citilink terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, hingga casilitas pendukung lainnya. Daftar tersebut tidaklah berbeda jauh dengan maskapai penerbangan lainnya. Gaji pokok pramugari junior Citilink sendiri sebesar Rp 2-3 juta per bulan. Sedangkan untuk pramugari seniornya senilai Rp 5 juta per bulan.

Di luar hal itu, pramugari juga masih menerima banyak uang tunjangan dan casilitas pendukung lainnya. Jika ditotal secara keseluruhan, sedangkan untuk pramugari pesawat senior bisa menembus angka Rp 20 juta per bulan.

6. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Gaji pramugari Sriwijaya Air dalam sebulan berkisar Rp 19,5 juta per bulan. Hal tersebut merupakan hasil dari akumulasi beberapa bonus yang didapat.

Sehingga gaji pokok pramugari junior Sriwijaya Air berkisar Rp 6 juta per bulan, sedangkan untuk pramugari pesawat senior bisa mencapai Rp 12 juta per bulannya. Angka gaji itu belum termasuk bonus dan tunjangan, yang akan diberikan berdasarkan lama waktu bekerja dan jenis rute yang dilalui.

Baca juga: Daftar Gaji Dokter Gigi di Puskesmas dan Rumah Sakit

Pramugari Sriwijaya Air biasanya mendapatkan uang terbang sebesar Rp 500 ribu untuk sekali penerbangan. Uang terbang setiap maskapai tentunya berbeda, tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

Inilah Syarat & Ketentuan Untuk Menjadi Pramugari Di 6 Maskapai Indonesia

Inilah Syarat & Ketentuan Untuk Menjadi Pramugari Di 6 Maskapai Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika menjadi seorang pramugari merupakan profesi yang menjanjikan. Dari sekian banyaknya profesi dalam dunia penerbangan, menjadi pramugari juga merupakan salah satu profesi yang paling menarik dan banyak diminati khususnya para wanita. Karena profesi sebagai pramugari selain memiliki tingkat prestise yang tinggi juga mendapatkan karir yang cemerlang.

Namun, untuk menjadi seorang pramugari tentunya kamu harus mengikuti serangkaian pendidikan dan pelatihan profesi pramugari atau lebih dikenal dengan sekolah pramugari. Nah, di sekolah pramugari ini kamu akan mengajarkan cara menjadi pramugari yang profesional.

Sehingga, tidak heran jika syarat menjadi pramugari pun tak mudah dan tidak semua wanita dapat diterima menghadiri pramugari karena adanya syarat utama pramugari yang harus dipenuhi. Nah, inilah syarat utama yang perlu kamu ketahui :

1. Terakhir Pendidikan Minimal SMA/ Sederjat

Syarat pertama ini wajib dipenuhi sebab, dengan bekal SMA/ Sederajat tersebut kamu dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan pramugari, untuk mendapatkan bekal ilmu penerbangan yang berguna saat proses seleksi pramugari.

2. Tinggi Dan Berat Badan

Terkait kondisi fisik, seorang pramugari dituntut untuk memiliki kondisi fisik professional seperti memiliki tinggi badan minimal 160 cm, dengan memiliki kondisi fisik tersebut memudahkan untuk membantu para penumpang pesawat, seperti membantu memasukan atau menurunkan tas penumpang ke bagasi pesawat.

Dan dengan memiliki berat badan yang ideal pramugari dapat bertahan atau kuat berdiri selama berjam-jam juga agar tampil menarik, sehingga mampu membangun citra positif maskapai penerbangan.

3. Sehat Jasmani Dan Rohani

Memiliki kondisi sehat jasmani maupun rohani memang harus dipenuhi sebab sebelum memberikan pelayanan ataupun membantu penumpang secara sehat jasmani dan rohani maka penumpang akan mendapatkan pelayanan secara maksimal saat didalam pesawat.

4. Bebas Dari Obat-Obatan dan Tidak Bercanda

Menjadi seorang pramugari memang dilarang untuk mengkonsumsi obat, baik sebelum maupun sesudah penerbangan. Pasalnya, obat-obatan tersebut akan mengganggu kinerja para pramugari, bahkan mengonsumsi minuman yang dilarang sebelum penerbangan. Maka dari itu untuk menjadi pramugari yang profesional harus bebas dari obat-obatan aneh.

5. Tidak Memiliki Kekurangan Fisik

Bagaimana pun menjadi seorang pramugari sangatlah wajib berpenampilan menarik, bukan? Sehingga sangat tidak diperkenankan bila memiliki kekurangan fisik seperti cacat dan sejenisnya. Sehingga, kekurangan secara fisik inilah yang memang sulit untuk menjadi pramugari meskipun sudah terikat dengan tiruan organ tubuh. sebab, akan menghambat proses pramugari dalam menjalankan pekerjaannya.

6. Harus Memiliki Sertifikat Sekolah Pramugari Atau Pelatihan Pramugari

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal untuk menjadi pramugari kamu harus mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi pramugari. Meskipun demikian, di sekolah pramugari kamu akan mendapatkan banyak ilmu dalam hal pengetahuan serta keterampilan yang berhubungan dengan dunia kerja. Sehingga, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi untuk kamu gunakan nantinya pada saat melamar pekerjaan.

Nah itulah, syarat utama menjadi pramugari yang sudah kamu ketahui sebab bagaimanapun, sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan serta seleksi yang cukup ketat, sehingga menjadi peran penting untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi pramugari.

Baca juga: Cara Download Video Facebook (FB) Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Artikel Terkait