Contoh Deskripsi Diri Singkat yang Menarik Untuk Sebuah CV

Cahaya Bintang February 26, 2024

Deskripsi diri pada resume (CV) adalah ringkasan profil yang biasanya ditulis hanya dalam beberapa kalimat pendek yang bertujuan untuk menggambarkan pendidikan, keterampilan, pengalaman, atau tujuan karir seseorang. Sesederhana kelihatannya, menyusun deskripsi diri sama mengecewakannya seperti yang mungkin kamu pikirkan. kamu tidak hanya harus membuatnya singkat, kamu juga harus membuatnya lebih menarik bagi perekrut

Bagi kamu yang sedang membuat CV, kamu memerlukan contoh deskripsi singkat dan menarik tentang diri kamu. Sehingga bisa membuat CV yang bagus dan menarik perhatian HRD. Karena deskripsi diri merupakan elemen penting dalam sebuah CV. Jika deskripsi kamu tidak terlalu bagus, HRD cenderung membaca keseluruhan CV.

Apa Itu Deskripsi Diri?

Sebelum kamu melihat beberapa contoh deskripsi diri yang singkat dan menarik, kamu perlu memahami apa artinya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa memahami tujuan pembuatan deskripsi diri pada CV. Deskripsi diri adalah beberapa kalimat yang menggambarkan diri kamu sebagai calon karyawan. Sehingga HRD bisa mengetahui gambaran diri kamu setelah membaca gambaran diri tersebut.

Ada beberapa informasi yang dapat kamu sertakan dalam deskripsi diri kamu. Mulai dari informasi pribadi seperti nama dan pendidikan, pengalaman kerja hingga kemampuan yang dimiliki. Jika melihat definisi di atas, kebanyakan orang beranggapan bahwa membuat deskripsi diri tidaklah sulit jika mereka memiliki banyak pengalaman dan kemampuan. Padahal, dalam membuat deskripsi diri justru sebaliknya.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot yang Singkat Beserta Strukturnya

Karena sebenarnya banyak orang dengan segudang pengalaman dan kemampuan yang sulit membuat deskripsi diri. Oleh karena itu mereka mencari contoh-contoh deskripsi diri yang singkat dan menarik sebagai referensi.Ini karena kamu tidak bisa begitu saja memasukkan semua pengalaman dan kemampuan kamu ke dalam deskripsi diri kamu. Karena ini akan membuat deskripsi diri terlalu panjang.

Deskripsi diri yang terlalu panjang cenderung membuat HRD sulit memahami poin-poin di dalamnya. Hal ini membuat deskripsi diri tidak efektif untuk mendapatkan perhatian dari HRD. Oleh karena itu, deskripsi diri harus disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Jadi, kamu dapat memilih pengalaman dan kemampuan yang relevan untuk disertakan dalam deskripsi kamu. Dengan begitu, informasi yang terdapat pada deskripsi diri menjadi lebih singkat namun sangat menarik di mata HRD. Sehingga nilai kamu sebagai calon pelamar lebih besar dari kandidat lainnya.

Cara Membuat Deskripsi Diri Untuk Melamar Pekerjaan yang Sekiranya Menarik

Cara Membuat Deskripsi Diri Untuk Melamar Pekerjaan yang Sekiranya Menarik

Saat kamu mencari contoh deskripsi diri yang singkat dan menarik, tujuannya adalah menulis CV dan melamar pekerjaan. Karena perlu kamu ketahui bahwa membuat deskripsi diri akan berbeda-beda tergantung tujuannya.

Membuat deskripsi diri untuk sebuah lamaran kerja memiliki beberapa ciri yang harus kamu perhatikan. Berikut cara membuat citra diri saat melamar pekerjaan. Contoh Surat Lamaran Bahasa Indonesia untuk Melamar Pekerjaan yang Benar

1. Memahami Pekerjaan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa deskripsi diri harus relevan dengan posisi pekerjaan. Oleh karena itu memahami deskripsi pekerjaan merupakan langkah penting yang harus kamu ambil.

Pastikan kamu memahami tugas-tugas yang akan dilakukan pada pekerjaan dan persyaratan kemampuan mereka. Ini akan digunakan sebagai dasar untuk memilih pengalaman dan pengetahuan untuk dimasukkan dalam deskripsi diri.

2. Membangun Pengalaman & Pengetahuan Diri

Saat kamu mencari contoh deskripsi diri yang singkat dan menarik, pastikan untuk membuat deskripsi yang menarik itu tetap ringkas. Salah satu cara meringkas ini adalah dengan memilih pengalaman dan pengetahuan khusus.

kamu harus menyesuaikan pengalaman dan pengetahuan ini dengan deskripsi pekerjaan yang sudah kamu pahami. Sehingga pengalaman dan ilmu yang ada di deskripsi diri akan menjawab kebutuhan posisi yang kamu lamar.

3. Gunakan Angka

Saat menjelaskan permintaan dari pengalaman, lebih disukai menggunakan angka. Karena penggunaan angka lebih terukur dan mudah dipahami oleh HRD. Menggunakan angka juga lebih objektif dalam menilai keberhasilan pengalaman kamu. Sehingga kamu akan terhindar dari pemilihan kata-kata yang terlalu memuji diri sendiri yang tidak disukai oleh HRD.

Contoh Deskripsi Diri Singkat dan Menarik yang Cocok Untuk Mengisi CV Lamaran Kerja

Contoh Deskripsi Diri Singkat dan Menarik yang Cocok Untuk Mengisi CV Lamaran Kerja

Gambaran diri setiap orang akan berbeda ya, sehingga kita tidak bisa untuk membandingkan atau menyamai setiap orang. Oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa contoh deskripsi diri yang bisa kamu gunakan sebagai referensi saat membuat CV.

1. Deskripsi Diri untuk Fresh Graduate

Saya merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Airlangga. Serta saya emiliki pengalaman magang di digital agency di Surabaya selama satu tahun. Saya adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Baca juga: Teks Editorial : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Dari pengalaman magang saya, saya berhasil membangun dan menjalankan kampanye pemasaran digital. Saat ini saya sedang mencari pekerjaan agar saya dapat tumbuh dan berkembang bersama perusahaan Bapak.

2. Deskripsi Diri untuk Fresh Graduate

Saya adalah lulusan Magister Pemrograman di Binus University. Saya memiliki pengalaman magang selama satu tahun di salah satu perusahaan Fintech terkemuka di Indonesia.

Dari pengalaman magang ini, saya terlibat dalam proyek pengembangan perangkat lunak bisnis pengiriman uang. Saya tepat waktu, kooperatif dan dapat diandalkan.

3. Deskripsi Diri untuk Manajer Proyek

Saya seorang manajer proyek senior dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di lapangan (lapangan). Pengalaman yang saya miliki dalam mengelola proyek-proyek baru yang dapat meningkatkan pendapatan tahunan perusahaan hingga 25%.

Saya memiliki keterampilan manajerial yang baik dan sangat berorientasi pada hasil. Sedang mencari posisi sebagai project manager untuk meningkatkan keuntungan perusahaan (nama perusahaan).

4. Deskripsi Diri untuk Guru

Saya seorang guru yang telah mengajar selama lebih dari 8 tahun. Memiliki kemampuan menciptakan suasana belajar yang efektif dalam membantu siswa memahami pelajaran.

Saya selalu menggunakan empati dalam mengajar sehingga saya bisa mendengar keluhan siswa. Oleh karena itu saya mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang memenuhi kebutuhan siswa.

5. Deskripsi Diri untuk Pemasar Digital

Saya seorang spesialis pemasaran digital dengan pengalaman dalam meningkatkan keuntungan perusahaan hingga 50 persen dalam 6 bulan. Saya memiliki keahlian dalam menggunakan berbagai alat pemasaran digital.

Keputusan yang saya buat selalu berdasarkan data. Sehingga saya dapat mengoptimalkan penggunaan dana pemasaran perusahaan secara tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

6. Deskripsi Diri untuk Analis Data

Saya seorang analis dana bersertifikat (sumber bersertifikat). Selain itu, saya juga memiliki pengalaman 3 tahun bekerja di bidang data analyst.

Saya memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai tujuan dan mampu bekerja sama dalam tim. Saya juga memiliki akurasi yang tinggi sehingga saya sangat terstruktur ketika melakukan sesuatu.

7. Deskripsi Diri untuk Akuntan

Saya memiliki 6 tahun pengalaman sebagai manajer akuntansi yang bekerja di industri pemasaran dan real estat. Saya memiliki pengetahuan umum tentang akuntansi, pembukuan, penggajian dan penganggaran.

Selain itu, saya juga mahir menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. Sedang mencari pekerjaan di bidang akuntansi di perusahaan (nama perusahaan).

8. Deskripsi Diri untuk Layanan Pelanggan

Saya adalah seorang spesialis layanan pelanggan dengan lebih dari 3 tahun pengalaman kerja. Dan saya juga seorang pemecah masalah kreatif yang memiliki keterampilan interpersonal yang kuat.

Saya memiliki pengalaman sukses membangun program retensi pelanggan baru untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 25 persen. Saat ini sedang mencari posisi sebagai pengawas tim layanan pelanggan untuk melanjutkan pertumbuhan karir.

9. Deskripsi Diri Untuk Profesional TI

Saya merupakan seorang profesional TI berorientasi detail dengan pengalaman 8 tahun sebagai spesialis dukungan perangkat lunak. Serta saya juga memiliki keterampilan dalam mengoperasikan berbagai platform untuk membangun dan mengembangkan sistem.

Saya juga memiliki keterampilan komunikasi verbal atau lisan yang baik. Sehingga mampu menjelaskan berbagai permasalahan software yang kompleks dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

10. Deskripsi Diri Untuk SDM

Saya seorang generalis SDM dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun. Selain itu saya juga memiliki keterampilan dalam penghancuran, mengelola tunjangan karyawan, proses manajemen kinerja, dan pencatatan SDM.

Saya juga memiliki keterampilan dalam komunikasi dan kemampuan untuk membangun hubungan dengan karyawan di semua tingkatan. Selain itu saya juga ahli dalam tracking license dan HRIS.

Baca juga: Contoh Artikel Menarik dan Singkat Beserta Strukturnya

Artikel Terkait