Contoh Artikel Menarik dan Singkat Beserta Strukturnya

Cahaya Bintang February 26, 2024

Contoh artikel yang baik dan benar adalah artikel yang mengandung isi-isi yang sesuai. Untuk kamu yang gemar membaca, khususnya bacaan nonfiksi, tentunya kamu sudah tidak asing dengan istilah artikel. Artikel memang sangat mudah untuk dijumpai di kehidupan kita, kamu bisa menjumpainya di berbagai laman seperti di koran, majalah bahkan media online sekalipun. Seperti saat ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel yang mungkin tidak kamu sadari.

Selain itu juga, untuk kamu yang sebelumnya pernah mengerjakan sebuah tugas atau proyek karya tulis ilmiah, tentunya kamu sudah sangat lumrah dan terbiasa dengan mencari artikel. Banyak sekali artikel yang bisa kamu cari dan temukan melalui beberapa laman seperti scopus, Google Scholar dan lain sebagainya.

Namun, apa sebenarnya arti dari artikel itu? Artikel ini memuat banyak hal yang di dalamnya menjelaskan secara rinci tentang suatu hal secara lengkap. Pembahasannya seputar tujuan, ciri-ciri, struktur, kebahasaan, kaidah, pengertian dan yang pasti contoh dari artikel itu sendiri.

Artikel Itu Seperti Apa?

Artikel dapat dimengerti sebagai salah satu rangkaian atau sebuah karangan yang dibuat dengan dasar fakta dan opini untuk dapat dipublikasikan di berbagai media, bisa media cetak maupun media online. Tidak hanya kedua media tersebut, artikel juga kini banyak diunggah di akun media sosial. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk menyampaikan suatu gagasan yang didalamnya memuat data-data dan juga fakta. Gagasan ini yang akhirnya bisa meyakinkan, mendidik,menghibur pembaca.

Selain itu juga, isi isi dari pada artikel yang di dalamnya mengandung tema, topik, dan juga gagasan pada sebuah artikel dapat disajikan dalam bentuk sebuah opini. Opini ini juga biasanya digunakan untuk menanggapi suatu permasalahan, biasanya memang yang dibahas adalah masalah yang tengah terjadi di masyarakat.

Tujuan dari membahasa masalah yang tengah ramai di masyarakat adalah untuk menanggapinya dan juga mencari solusi dari masalah tersebut.

Hal yang perlu dimengerti dan dipahami oleh kamu dalam menulis sebuah artikel adalah semua jenis opini dan juga solusi yang disampaikan harus berasal dari fakta-fakta dan juga dari dari yang memang real dan akurat. Karena artikel harus membawa kabar benar, bukan kabar yang memiliki unsur konten belaka.

Baca juga: Pengertian Energi, Fungsi, Jenis, di Kehidupan Manusia

Tujuan Dibuatnya Artikel yang Perlu Kamu Pelajari

Tujuan Dibuatnya Artikel yang Perlu Kamu Pelajari

Sekarang setelah membahas tentang pengertian dari artikel itu sendiri, kamu akan mempelajari hal selanjutnya yaitu tentang tujuan penulisan arikel. Tujuan dari penulisan ini tentunya memiliki maksud yang berbeda-beda. Sebagai conroh, tujuan teks eksplanasi dan juga teks prosedur sangat berbeda.

Jika pada teks prosedur memiliki maksud untuk memeberikan suatu petunjuk kepada pembacanya, maka tujuan dari teks eksplanasia adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan sesuatu kepada pembacanya. Keduanya terkesan sama namun sangat berbeda.

Dalam tujuan artikel ini dapat kamu lihat dengan menggunakan dua perspektif, pertama tujuan dari si penulis sendiri dan yang kedua dari sudut si pembaca. Berikut adalah tujuan penulisan artikel dilihat dari kedua belah sisi :

1. Tujuan Penulisan Artikel dari Sisi Penulis

  • Menjadi sarana untuk bisa menyampaikan gagasan-gagasan ide.
  • Menjadi sebuah sarana untuk dapat berpikir secara sistematis.
  • Menjadi sebuah sarana untuk publikasi hasil pemikiran yang ilmiah.
  • Menjadi sebuah sarana untuk dapat menguraikan dan membahas berbagai pokok masalah yang sebelumnya sudah ditentukan oleh peneliti.
  • Menjadi sebuah sarana untuk menjelaskan dan membahasa hal-hal atau masalah yang sesuai dengan bidang ilmu tertentu.

2. Tujuan Penulisan Artikel dari Sisi Pembaca

  • Sebagai sebuah saranan untuk bisa mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan.
  • Sebagai sarana untuk bisa lebih mengedukasi dan teredukasi.
  • Sebagai suatu sarana yang bermaksud utnuk menghibur para pembaca.

Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Benar?

Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Benar?

Pada setiap teks atau tulisan tentunya memiliki struktur ataupun ranga untuk membuatnya. Struktur ini juga bisa digunakan untuk menyusun berbagai kerangka sebuah teks. Secara umumnya, struktur artikel ini terdiri atas tiga bagian. Ketiga bagian itu adalah sebagai berikut :

  • Tesis atau Pernyataan Pendapat

Struktur awal artikel adalah tesis atau pernyataan pendapat. Pada bagian ini, biasanya memiliki fungsi yaitu sebagai pembuka sebuah artikel yang didalamnya terdapat orientasi atau sebuah tahan pengenalan sebuah artikel yang nantinya akan dibahas.

Oleh sebab itu, bagian yang satu ini biasanya mengandung banyak sekali penjelasan yang bersifat aktual dan sangat penting untuk dijadikan sebuah pondasi dalam pembahsan di dalam membuat sebuah artikel.

  • Argumentasi

Lalu bagian dari isi sebuah artikel adalah argumentasi. Pada bagian ini, artikel biasanya memuat tentang berbagai penjelasan mengenai pokok permasalahan yang sedang dicoba untuk dibahas dan juga dikupas secara aktual dan juga informatif.

  • Pernyataan Ulang

Struktur terakhir dari sebuah artikel adalah bagian penutup yang biasanya disebut dengan pernyataan ulang. Dalam bagian ini, artikel yang kamu buat akan memilki muatan kalimat kunci yang akan merangkum tentang berbagai penjelasan yang dibungkus ke dalam bentuk simpulan.

Struktur Dalam Pembuatan Artikel yang Baik

Strukturnya Dalam Pembuatan Artikel yang Baik

Sebuah artikel tentunya memiliki ciri tersendiri yang menjadikan jati dirinya berbeda dengan teks yang lain. Berikut adlaah ciri-ciri dari sebuah artikel :

1. Ditulis Dengan Singkat, Padat dan Jelas

Artikel sendiir haruslah diulis dan juga disuusn dengan menggunakan bahasayang singkat, jelas namun sarat aka makna. Tujuan dari hal itu adalah untuk mempermudah para pembaca dalam membaca dan memahami isi dari artikel yang kamu tulis. Artikel juga lebih baik jika menggunakan bahasa yang komunikatif dan tidak bertele-tele.

2. Isinya Berupa Fakta dan Opini

Yang selanjutnya adalah isi dari artikel ini harus merupakan suatu fakta dan juga opini. Jika fakta, maka harus didukung dengan data yang akurat sehingga berita yang disampaikan adalah sebenar-benarnya. Opini punditujukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam tajuk berita tersebut.

Baca juga; Pengertian Startup Menurut Para Ahli dan Contohnya

3. Menggunakan Bahasa yang Lugas dan Formal

Ciri lainnya dari sebuah artikel adalah penggunaan bahasa yang formal dan lugas. Kalimat yang digunakan haruslah kalimat yang efektif sehingga membuat artikel memiliki isi yang padat dan sarat akan makna.

4. Dibuat dengan Sistematis

Ciri keempat dari artikel adalah, artikel dibuat secara sistematis pada bagian-bagian tertentu. Penulisan yang sistematis dasarnya memang bisa membuat para pembaca menjadi leboih mudah dalam memahami isi yang ada pada artikel.

5. Memiliki Sifat yang Aktual dan Informatif

Ciri terakhir dari sebuah artikel adalah artikel harus bersifat aktual dan juga informatif. Aktual artinya artikel mudah dipahami karena sesuai dengan kenyataan dan bukan sebuah kabar bohong. Informatif berarti dengan membaca arrtikel, maka banyak informasi yang didapatkan.

Contoh Artikel Menarik & Singkat (PDF) yang Bisa Kamu Pakai Untuk Tugas

Contoh Artikel Menarik & Singkat (PDF) yang Bisa Kamu Pakai Untuk Tugas

Berikut adalah salah satu contoh artikel yang bisa kamu amati dan pahami :

Bunga Pertama Mekar di Luar Angkasa

“Bunga tanaman zinnia adalah bunga pertama yang mekar di stasiun antariksa internasional.”

Setelah membahas tentang pengertian, ciri, struktur, dan jenis dari artikel, kita coba untuk simak satu contoh dari artikel ya. Menurutmu artikel dibawah ini termasuk jenis apa, guys?

Apakah mungkin ada kehidupan di angkasa luar?

Pertanyaan yang mendasari berbagai penelitian di angkasa luar itu terjawab saat astronot Amerika Serikat, Scott Kelly, mengunggah foto bunga mekar dari tanaman jeruk zinnia ke Instagram-nya, Sabtu (16/1/2016).

Bunga jeruk itu berhasil mekar di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Sebelumnya, jenis sayur lettuce berhasil tumbuh di antariksa. Pihak Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengatakan, jeruk zinnia dipilih karena lebih sulit tumbuh ketimbang lettuce.

Misi yang diemban Kelly bersama kosmonot Rusia, Mikhail Korniyenko, adalah meneliti dampak hidup jangka panjang di antariksa. Penelitian itu untuk melihat apakah ada peluang berkebun di antariksa.

Harapannya, hal itu juga bisa dilakukan di Mars. Jeruk zinnia ditanam dengan metode yang dibuat program Veggie NAS yang berjalan sejak 2014.

Tanaman itu tumbuh dari “bantal” yang penuh dengan pupuk, benih, air, dan lempung—yang disinari sinar lampu LED (light emitting diode).

Demikian yang bisa mimin bagikan tentang artikel besera ciri dan juga contohnya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Mimin mohon pamit dan sampai jumpa lagi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

Artikel Terkait