Pengertian Serta Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Cahaya Bintang June 8, 2024

Kebutuhan primer, sekunder dan tersier adalah tiga golongan kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia. Manusia hidup memerlukan berbagai kebutuhan untuk keberlangsungan hidupnya. Kebutuhan tersebut terbagi menajdi 3 bagian sesuai dengan tingkat urgenitasnya. Dari yang paling pokok sampai yang paling mewah.

Karena kebutuhan yang sangat banyak dan beragam inilah manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Walaupun seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan setiap manusia berdasarkan gender dan usia juga berbeda-beda. Namun semua itu tetap dibagi menjadi ke tiga macam kebutuhan yaitu primer, kesunder dan juga tersier.

Kebutuhan manusia yang sangat beragam ini memiliki dasar kebutuhan yaitu sandang, pangan dan juga papan. Semakin majunya teknologi dan berkembangnya zaman, masyarakat memiliki kebutuhan yang kian meningkatkan sehingga dapat mengakibatkan banyaknya masyarakat mengalami kesulitan dalam membedakan mana kebutuhan primer , sekunder maupun tersier untuk kehidupannya.

Jadi pada dasarnya kebutuhan primer sekunder dan tersier merupakan pembagian macam kebutuhan yang berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingannya.

Apa yang Dimaksud Dengan Kebutuhan Primer?

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh seluruh manusia. Kebutuhan primer sendiri terdiri dari pakaian, bahan makanan dan juga tempat tinggal. Kebutuhan primer ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipenuhi agar bisa melangsungkan hidup manusia.

Menurut salah satu organisasi yaitu ILO (International labour Organization) atau yang lebih dikenal dengan Organisasi Buruh Internasional. Kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan fisik yang sangat dasar dan minim bagi masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kecukupan dari kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik itu masyarakan dengan ekonomi kaya ataupun miskin.

Kebutuhan primer memiliki bentuk dasar seperti sandang, pangan, papan, pendidikan dan juga yang lainnya. Di bawah ini akan mimin bahas tentang contoh kebutuhan primer. Yuk mari bahas bersama:

Baca juga: Pengertian Teks Drama: Ciri-Ciri, Unsur dan Strukturnya

1. Sandang

Kebutuhan primer yang pertama adalah sandang. Sandang memiliki arti yaitu pakaian manusia. Pakaian adalah sal satu kebutuhan primer yang sangat utama karena dalam kehidupan manusia dan bermasyarakat kamu perlu mengenakan pakaian. Kebutuhan ini tentunya sangatlah penting.

Sandang juga diperlukan oleh semua usia, dimana menjadikan kebutuhan akan sandang menjadi kebutuhan yang dibutuhkan secara berkala dimana setiap usia akan memerlukan kebutuhan sandang yang baru terus menerus.

2. Pangan

Kemudian kebutuhan primer lainnya adalah pangan atau yang lebih dikenal dengan sumber makanan yang diperlukan bagi manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan utama. Kebutuhan pangan ini dibutuhkan untuk kamu bertahan hidup karena bukan hanya manusia, seluruh makhluk hidup membutuhkan makan dan juga minum.

Makan atau kebutuhan pangan menjadi kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia untuk dapat bertahan hidup. Semua itu termasuk menjadi pengeluaran terbesar yang harus kamu penuhi untuk dapat menjalani hidup.

3. Papan

Yang terakhir adalah papan. Kebutuhan papan ini adalah rumah atau tempat tinggal. Tempat tinggal ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat pokok bagi manusia. Tanpa kamu memiliki tempat tinggal atau rumah maka kebutuhan primer seorang manusia belum terpenuhi.

Tempat tinggal juga menjadi tempat untuk manusia bernanung, berteduh untuk membuat seluruh keluarga menjadi aman dan juga nyaman. Ketiga kebutuhan primer ini menjadi kebutuhan yang sangat penting dan tidak bisa kamu tinggalkan. Kamu sebagai manusia pun memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan primer tersebut.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah sebuah kebutuhan lain setelah kamu memenuhi kebutuhan primer yang melengkapi dan menambahkan kebutuhan primer tersebut. Kebutuhan sekunder ini adalah sebagai pelengkap dan tambahan untuk manusia menjalankan sebuah kehidupan yang lebih baik lagi.

Tempat tinggal atau biasa ditempati rumah adalah sebuah kebutuhan primer, namun apabila menyangkut tentang lokasi dan desain dari rumah itu adalah termasuk ke dalam kebutuhan sekundernya. Penjelasan ini juga telah dibahas di buku smk/mak Kl.XII Kebutuhan Dasar Manusia K/13 Rev.

Selain itu, gaya hidup dari seorang manusia juga dapat dikategorikan oleh sebuah kebutuhan sekunder. Kemampuan ekonomi secara individu juga dapat membedakan antara kebutuhan sekunder yang satu dengan yang lain. Kebutuhan sekunder ini juga menjadi kebutuhan yang penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Sebagai seorang manusia yang juga memiliki budaya dan hidup yang ada di dalam masyarakat, di dalamnya sangat dibutuhkan berbagai hal mengenai jumlah, dan mutu yang lebih baik.

Baca juga: Freelance: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan di Tahun 2023

Kata sekunder ini berasan dari bahasa latin yang bernama “secundus” dan memiliki arti kedua. Apabila ada seseorang yang sudah membangun rumah dengan sebuah desain rumah yang bagus tentunya membutuhkan berbagai perabotan yang juga bagus untuk bisa mengisi rumahny, seperti perabotan rumah tangga yang memiliki kualitas tinggi dan perabotan lain. Seperti contoh dari kebutuhan sekunder itu adalah akses kesehatan, hiburan seperti jalan-jalan atau menonton bioskop.

Pengertian Kebutuhan Tersier yang Wajib Untuk Dipahami

Pengertian Kebutuhan Tersier yang Wajib Untuk Dipahami

Selanjutnya adalah kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier adalah sebuah kebutuhan yang menurut sebagian besar orang adalah kebutuhan yang bersifat mewah. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi terkahir setelah memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.

Tujuan dari memenuhi kebutuhan tersier adalah untuk mendapatkan kesenangan pribadi dan juga kebutuhan yang satu ini bisa juga diartikan dengan keinginan karena tidak seluruh manusia dapat memenuhi kebutuhan terisiernya.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bertindak sebagai pelengkap dari kehidupan manusia yang tidak bersifat wajib dan dapat dihindarkan. Kebutuhan ini memiliki sifat prestige yang artinya dengan memenuhi kebutuhan ini maka kamu akan lebih terangkat derajatnya atau dapat menjadi lebih terpandang contohhnya kendaraan seperti mobil mewah, sepeda motor, alat-alat olahraga, komputer dan lainnya.

Kebutuhan tersier ini banyak yang juga menyebutnya menjadi sebuah kebutuhan mewah karena dalam proses pemenuhannya sendiri memang tertuju pada barang-barang mewah. Pemenuhan akan kebutuhan tersier ini bersifat untuk menjaga sebuah prestasi atau martabat yang dimiliki seseorang di tengah masyarakat.

Berikut ini Contoh Dari Kebutuhan Tersier Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini Contoh Dari Kebutuhan Tersier

Contoh untuk kebutuhan yang satu ini adalah seseorang yang memiliki penghasilan lalu menggunakannya untuk membeli perhiasan, motor atau bahkan sampai membeli mobil mewah. Kebutuhan ini dibeli atau dipenuhi setelah memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.

Pemenuhan kebutuhan tersier ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan status sosial dari orang tersebut. Contohnya adalah dengan memebeli barang-barang brander, berlibur ke luar negeri, memberi perhiasan yang menarik dan sebagainya.

Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan dari seseorang, maka orang tersebut akan memulainya dari kebutuhan pokok karena hal-hal tersebut merupakan sangat penting untuk kelangsungan hidup dari kemudian dilanjutkan dengan berbagai kebutuhan yang lainnya.

Pada kebutuhan sekunder, biasanya orang akan dapat menaikkan pada kebutuhan yang selanjutnya yang sebenarnya tidak memiliki hubungan langsung dengan kelangsungan hidup dari seseorang disini. Untuk memenuhi kebutuhan tersier ini, seseorang cenderung membeli banyak barang mewah yang tidak menjadi salah satu prioritas atau bukan merupakan suatu hal yang penting.

Pada kebutuhan tersier, seorang itu dapat menhambur-hamburkan uang atau barang yang kurang memiliki manfaat dan juga cenderung berlebihan untuk bisa membeli sesuatu maupun barang yang tidak memiliki hal yang berfungsi begitu penting. Perilaku ini lah yang memiliki kurang manfaat dan juga berlebihan dan menjadi disebut perilaku yang konsumtif.

Namun yang perlu kamu ketahui adalah jenis-jenis kebutuhan ini bersifat relatif dan tidak bersifat mutlak. Artinya, seseorang tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda pandangannya satu dengan yang lain. Pengertian akan kebutuhan primer, sekunder dan tersier juga memiliki pengertian yang berbeda pada setiap orang.

Baca juga: Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Untuk SD, SMP & SMA

Artikel Terkait