Contoh Pembuatan Proposal Pengajuan Dana Kegiatan (PDF)

Cahaya Bintang September 25, 2023

Contoh proposal pengajuan dana adalah sebuah berkas yang dijadikan alat perantara, untuk mendapatkan dana pendukung dari suatu kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dalam melakukan sebuah kegiatan. Acara yang biasa diadakan di kalangan masyarakat, atau di kalangan kampus, yang memerlukan dana tambahan untuk menjadikan acara tersebut dapat berjalan lebih sempurna.

Menyebarkan proposal pengajuan dana dengan menyebarkan proposal proposal tersebut, ke seluruh perusahaan perusahaan untuk mendapatkan bantuan. Biasanya berbagai macam komunitas pun turut ikut melakukan hal ini, karena banyaknya rangkaian kegiatan yang ada pada komunitas tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Proposal Untuk Pengajuan Dana Besar?

Cara membuat proposal permohonan pengajuan dana bagunan yang baik dan benar harus berisikan hal yang informatif dan jelas. Dalam Isi proposal tersebut harus terdapat judul proposal, latar belakang, tujuan, manfaat, jadwal dan lokasi, jumlah anggaran yang dibutuhkan.

Hal ini tentu sangat menjadi incaran para pembuat event dimanapun, dengan mendapatkan sumbangan dana yang besar dapat menciptakan berbagai rangkaian acara yang menarik. Mengadakan acara sosial merupakan hal yang tidak mudah, apalagi dana yang dimiliki sangatlah terbatas. Oleh karena itu banyak yang sering mengajukan proposal pengajuan dana untuk membuat acara lebih menarik.

Buat rangkaian acara semenarik mungkin agar kamu bisa menarik berbagai perusahaan yang memiliki saham besar, untuk memberikan dana bantuan yang bernilai lumayan tinggi. Bantuan dana yang didapat tidak hanya berupa uang, namun mereka juga bisa mengeluarkan produk mereka untuk di promosikan. sehingga menimbulkan simbiosis mutualisme, perusahaan dan penyelenggara.

Manfaatkan kolega yang berada di perusahaan tersebut, untuk memperlancar pengajuan dana yang diajukan ke perusahaan. Berikut isi dari proposal pengajuan dana, untuk menjadi format referensi.

Silahkan kamu dapat mendownload contoh proposal pengajuan dana lengkap untuk kegiatan organisasi, kegiatan sekolah, hingga untuk ke perusahaan dapat di unduh file tersebut dibawah ini dalam format PDF.

Baca juga: Teks Editorial : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Berikut Contoh Pembuatan Proposal Pengajuan Dana Kegiatan yang Benar

Berikut Contoh Pembuatan Proposal Pengajuan Dana Kegiatan yang Benar

Mencari investor investor untuk menawarkan berbagai kerja sama, yang dilakukan dengan sebuah acara yang diadakan. Berbagai macam acara bisa kamu adakan dengan komunitas atau para pengurus organisasi, seperti pengadaan acara sosial, kuliner nusantara, atau perhelatan acara yang berbentuk keramaian dan mengumpulkan banyak orang.

Hadirkan proposal yang menarik dengan mengedepankan, kejujuran untuk mendapatkan hasil yang sangat positif. Bukan hal yang tidak mungkin, sebuah perusahaan dapat menilai kejujuran dari proposal yang kamu ajukan kepada mereka, sehingga jangan sampai hal tersebut berujung kegagalan untuk kamu dapatkan bantuan dana.

Berikut berbagai poin poin yang di hadirkan, pada proposal pengajuan dana yang biasa digunakan. Pengajuan dana oleh setiap instansi pendidikan, ataupun komunitas sosial untuk mereka dapatkan galangan dana besar. sehingga mereka bisa saling bermanfaat, antar kedua belah pihak terkait.

1. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah sebuah tulisan yang berisikan kalimat kalimat yang mengantarkan proposal tersebut, yang menjadi sebuah penghubung antara kedua belah pihak. Sekaligus menyampaikan berita bahwa ada penyelenggaraan dana, dengan itu penyelenggara meminta bantuan dana dari investor atau perusahaan perusahaan besar.

Bentuk kata kata sesopan mungkin, karena kamu akan melakukan pengajuan dana, yang mengharapkan mendapatkan tanggapan positif dari perusahaan.

2. Latar Belakang

Setelah membuat kata pengantar, kamu perlu menjelaskan untuk apa acara ini diselenggarakan. Melalui latar belakang kamu bisa menjelaskan berbagai macam alasan yang menarik, agar kamu bisa menarik hati para investor untuk bisa berikan bantuan dana terhadap acara yang diselenggarakan.

Melampirkan rumusan masalah yang dijadikan sebuah inti dari pembahasan, sehingga akan didapat alasan mengapa pengajuan dana ini harus dilakukan. Karena perusahaan maupun investor melihat dari latar belakang, mengapa diadakannya acara ini. setelah itu mereka akan mencari tahu adakah feedback bagi mereka, jika mereka meluncurkan dana bantuan untuk berpartisipasi di acara yang terkait.

3. Isi Proposal

Isi proposal adalah rangkaian acara yang diadakan, sebagai kegiatan yang dilakukan selama acara berlangsung. Kamu harus memikirkan, rangkaian acara apa saja yang akan diadakan, untuk bisa menarik perhatian para investor. Agar mereka berniat dan sangat berantusias untuk memberikan bantuan dana pada acara yang kamu selenggarakan.

Mulai dari acara pembukaan sampai penutup, usahakan acara yang dilakukan merupakan acara yang memiliki kegiatan yang bermanfaat serta menghibur. Bila perlu hadirkan guest star untuk ramaikan acara yang kamu laksanakan.

Serta lampirkan berbagai jenis bisnis yang bisa bersimbiosis mutualisme, dan lampirkan estimasi dana yang dibutuhkan. Bila perlu hadirkan penjelasan lainnya, yang melandasi pengajuan dana tersebut.

4. Penutup

Penutup adalah bagian dari akhir pengajuan permohonan dana, lampirkan berbagai macam keperluan yang bisa menjadi opsi dari bantuan yang diperlukan. Agar mereka bisa dengan mudah mempertimbangkan apa yang harus mereka berikan, untuk membantu jalannya acara yang kamu selenggarakan. Jangan lupa lampirkan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, agar terkesan lebih sopan dan menghargai apapun keputusan yang diberikan oleh calon investor.

Baca juga: Pengertian Startup Menurut Para Ahli dan Contohnya

5. Masukan Lampiran

Lampiran lampiran adalah bab tambahan untuk memberikan penjelasan lengkap secara valid, terhadap berbagai macam kerangka pelaksanaan acara. kamu bisa melampirkan round on, Perlengkapan yang dibutuhkan, serta berbagai macam dokumen pendukung lainnya. Tunjukkan data secara jujur, agar terkesan kamu benar sungguh sungguh membutuhkan bantuan dari mereka.

Jangan sia siakan berbagai kesempatan yang ada, untuk dapatkan investor yang berkompeten dan sangat bisa membantu kamu dalam acara tersebut. Karena jika satu kali kamu telah gagal dapatkan kepercayaan mereka, maka setiap acara yang kamu adakan akan selalu kesulitan tembuskan proposal.

Hal Penting Dalam Membuat Proposal Permohonan Dana ke Perusahaan Untuk Kegiatan

Hal Penting Dalam Membuat Proposal Permohonan Dana ke Perusahaan Untuk Kegiatan

Contoh proposal pengajuan dana pada umumnya, disesuaikan dari isi acara terhadap pihak yang akan dituju. Kemudian hadirkan isi yang menarik untuk dilampirkan ke dalam proposal, oleh karena itu kamu harus memaparkan rangkaian acara yang benar benar real tanpa rekayasa dengan memegang teguh berbagai aspek kepercayaan berikut.

1. Jujur

Mendapatkan kepercayaan serta meyakinkan investor, untuk dapatkan hasil dari pengajuan dana yang kamu lakukan adalah jujur dengan diri sendiri. Termasuk yang paling utama biasanya pada bagian estimasi pemasukan, karena pada bagian ini banyak sekali pemikiran pemikiran licik untuk mendapatkan bantuan dengan berbagai cara. Pegang kejujuran, sebagai landasan hidup kamu.

2. Informatif

Tips yang kedua yaitu informatif. Buatlah proposal pengajuan dana kamu dengan informasi yang cukup, karena dengan ini kamu sudah membuat proposal bisnis yang realistis. Jangan sampai ada hal-hal yang terlewatkan, karena itu akan menjadi kejutan yang tidak menyenangkan setelah bisnis atau usaha kamu berjalan.

3. Profesional

Profesional adalah sikap yang pasti dimiliki oleh para investor, oleh karena itu proposal bisnis atau usaha merupakan salah satu jalan untuk menarik para investor. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sikap profesionalitas agar kamu bisa membuat proposal pengajuan dana, yang baik untuk menarik investor.

4. Transparan

Transparansi adalah kunci dari contoh proposal yang sangat baik, hadirkan sebuah anggaran bisnis yang kamu tawarkan di dalam proposal secara rinci dan jelas. Berikan transparansi kepada para calon investor, termasuk estimasi dana yang dibutuhkan dan diperuntukkan untuk apa saja.

Hal ini sangat perlu kamu lakukan, agar investor mempunyai kepercayaan tinggi terhadap proposal yang diajukan. Sekian dari saya, silahkan simak berbagai macam pembahasan lainnya yang terdapat pada link di bawah ini.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Untuk Umum (2023)

Artikel Terkait