10 Contoh Hak Di Sekolah Beserta Kewajiban yang Perlu Dipatuhi

Cahaya Bintang July 2, 2024

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah adalah hal-hal yang harus didapatkan dan juga dilaksanakan oleh seorang siswa ketika sedang berada di sekolah. Kali ini, tim pbauinjkt akan membahas tentang kewajiban dan juga hak-hak yang bisa didapatkan dan harus dikerjakan oleh seorang siswa di sekolah. Walaupun seorang siswa belumlah dewasa, tapi tetap sudah memi9liki hak dan kewajiban tersendiri loh.

Seperti yang kita semua ketahui bahwa hak dan keewajiban adalah sebuah hal yang harus kita terima dan juga kita laksanakan, untuk kasus ini semua itu harus kita dapatkan dan laksanankan di lingkungan sekolah. Hak dan kewajiban ii sendiri harus dilakukan dan diberikan agar menjaga keseimbangan dan menjauhkan dari ketimpangan. Karena pada dasarnya hak diperoleh setelah kamu melaksanakan kewajiban.

Apa yang Dimaksud dengan Hak di Sekolah Baik Secara Umum, KBBI, Maupun Menurut Para Ahli?

Mungkin istilah hak sendiri sudah tidak asing lagi di telinga kita karena memang sering membahas tentang hak itu sendiri. Jika menyangkut soal hak, maka yang pertama kali terbesit adalah sebuah peangkat yang memiliki sifat universal tentunya dan sudah sangat melekat pada diri seseorang atau diri setiap insan, semenjak dari lahir ke dunia.

Hak atau perangkat universal ini sendiri sangatlah adil karena telah berlaku untuk seluruh orang dengan tidak memandang perbedaan yang ada pada tiap individu seperti ras, jenis kelamin, agama, kelompok budaya, kebangsaan, warna kulit, pekerjaan, kasta dan lain sebagainya. Untuk jenis hak yang mempunyai pengertian dan karakter tersendiri dapat kita sebut juga dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

Di bawah ini sudah mimin rangkumkan beberapa pengertian hak menurut pendapat dari beberapa perspektif. Berikut pengertian-pengertian hak.

Baca Juga: Freelance: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan di Tahun 2023

1. Umum

Secara general, hak sendiri adalah sebuah kesempatan yang diberikan kepada setiap individu untuk dapat melakukan dan memiliki suatu hal yang diinginkan individu tersebut. Seseorang yang sudah mendapatkan hak dan memiliki potensi untuk menyadari bahwa sesungguhnya mereka mempunyai kekuasaan dan kemampuan tersendiri untuk mendapatkan dan memiliki sesuatu. Di lain sisi, hak juga dapat membuat seseorang menyadari adanya batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Hak sendiri memiliki peran dan juga posisi yang penting dalam banyak aspek kehidupan, entah itu kehidupan sosial ataupun individu seseorang. Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya hak seperti adanya batasan-batasan sosial, hukum dan juga etika itu sendiri.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Selanjutnya adalah pengertian hak berdasarkan kamus besar bahasa indonesia. Menurut KBBI sendiri, hak merupakan sebuah hal yang benar memang milik kepunyaan, kewenangan untuk memperbuat sesuatu ( sesuai yang telah ditentukan oleh undang-undang dan juga aturan, kekuasaan yang baik dan benar atas dasar sesuatu atau untuk menuntut sesuatu martabat atau derajat.

3. Menurut Soerjono Soekanto

Sedangkan, seorang ahli bernama Soerjono Soekanto membagi hak ke dalam dua bagian yaitu hak yang relatif atau hak yang bisa diartikan dengan hak yang searah dan juga absolut atau dan bisa juga diartikan dengan hak-hak yang juga memiliki arti jamak.

Sedangkan hak relatif atau yang dikenal dengan hak searah adalah hak relatif merupakan sebuah bentuk hak yang terdiri dari perjanjian atau biasa dikenal dengan hukum perikatan. Hak relatif sendiri dapat juga dicontohkan dengan berbagai kemampuan seseorang untuk menagih sebuah prestasi seseorang atau juga hak untuk dapat melunasi prestasi orang tersebut.

KemudiaN, hak absolut atau hak yang juga memiliki arah jamak yang memiliki arah jamak memiliki wujud layaknya sebuah hak yang juga terdapat dalam satu hukum yang diatur juga oleh negara.

Atau kita dapat menyebutnya dengan sebuah hukum tata negara. Hak absolut juga memiliki bentuk lain.

Yang merupakan hak kepribadian yang berupa hak hidup dan juga hak kebebasan atau hak milik atas sesuatu objek non-material yang berupa hak merek dan juga hak cipta, dan juga hak kekeluargaan yang merupakan hak asuh anak, suami dan istri, juga hak asuh orang tua.

4. Srijanti

Sedangkan menurut Srijanti, hak sendiri merupakan sebuah unsur yang normatif dan memiliki fungsi sebagai pedoman untuk berperilaku, untuk melindungi kebebasan, memiliki kekebalan dan juga dapat menjamin adanya peluang untuk para manusia dalam menjaga seluruh harkat dan martabat orang tersebut.

5. Prof. Dr. Notonegoro

Prof. Dr. Notonegoro sendiri menjelaskan bahwa hak adalah sebuah kuasa atau biasa disebut juga dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu untuk bisa melakukan berbagai kegiatan yang berbasis menerima, memiliki dan melakukan hal-hal yang memang sudah seharusnya dilakukan, diterima dan dimiliki oleh individu tersebut. Hak yang sudah ditetapkan kepada seseorang juga tidak dapat dialihkan atau dipindah tangankan kepada orang lain.

Berikut Pengertian Kewajiban dan Hak di Sekolah yang Perlu Ditaati Oleh Setiap Siswa

Berikut Pengertian Kewajiban dan Hak di Sekolah yang Perlu Ditaati Oleh Setiap Siswa

Lalu, yang perlu kita pahami selanjutnya adalah tentang kewajiban. Di bawah ini sudah mimin dan tim pbauinjkt.id rangkum untuk kamu beberapa pengertian tentang kewajiban menurut beberapa pandangan dan sumber. berikut diantaranya :

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Inggris

Jika merujuk kepada KBBI, yang dikatakan sebagai kewajiban dalah suatu hal yang harus dilakukan atau dilaksanakan dan memang diharuskan. Jika merajuk pada pengertian ini, maka dapat dikatakan bahwa kewajiban adalah suatu tugas atau suatu pekerjaan yang memang harus dikerjakan dengan baik sampai selesai.

Baca juga: Contoh Proposal Kewirausahaan Mahasiswa, Lengkap!

2. Menurut Prof. Dr. Notonegoro

Sedangkan menurut Prof. Dr. Notonegoro, kewajiban adalah suatu beban yang dimiliki untuk memberikan sebuah hal yang memang semestinya dibiarkan atau juga diberikan secara terus menerus oleh pihak tertentu yang sebenarnya prinsipnya sendiri dapat dituntut secara paksa oleh individu yang memiliki kepentingan terkait.

3. John Salmond

Menurut John Salmond sendiri, kewajiban adalah sesuatu hal yang memang harus dikerjakan oleh seseorang dan bersifat terikat. Apabila tidak melakukannya, kamu nantinya akan memperoleh sebuah sanksi tertentu.

4. Frederick Pollock

Hal serupa diutarakan oleh Frederick Pollock dimana ia mengutarakan bahwa kewajiban merupakan sebuah tugas. Jika dilihat dalam pengertian hukum, maka kewajiban adalah suatu hal yang bisa mengikat antara dua orang atau lebih dengan bantuan hukum yang saling berikat.

5. Curzon

Terakir adalah pendapat dari Curzon yang mengatakan tentang definisi kewajiban dengan membaginya ke dalam lima kelompok, diantaranya :

  • Kewajiban mutlak, dimana kewajiban yang dimaksud tertuju kepada diri kamu sendiri dan tidak menjadikannya berpasangan dengan hak dan melibatkan pihak lainnya.
  • Kewajiban publik, kewajiban bagi seseorang untuk dapat mematuhi sebuah hak publik dan juga kewajiban yang bersikap perdata yang nantinya akan muncul dari perjanjian yang memiliki korelasi dengan hak perdata.
  • Kewajiban positif yang mana kewajiban tersebut menghendaki untuk dapat dilakukan secara baik-baik.
  • Kewajiban universal adalah kewajiban yang ditujukan untuk semua warga negara dan atau orang dengan golongan tertentu yang juga muncul dari berbagai bidang hukum tertentu.
  • Kewajiban primer, yaitu kewajiban yang tidak dihasilkan dari sebuah perbuatan yang melawan hukum dan dapat bersifat untuk memberikan sanksi, contohnya kewajiban untuk tidak menyebarkan nama baik.

Inilah 5 Contoh Hak-Hak Dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Inilah 5 Contoh Hak-Hak Dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Untuk hak-hak yang perlu diterima oleh setiap orang terbagi ke beberapa macam, contohnya adalah hak-hak yang harus diperoleh siswa di sekolah. Di bawah ini ada beberapa hak yang harus diperoleh seorang siswa di sekolah :

1. Hak Mendapatkan Ilmu dan Pengetahuan dari Guru

Hak dasar yang harus diterima seorang murid di sekolah adalah hak untuk mendapatkan pengajaran berupa ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh guru. Hak ini berhubungan langsung dengan tujuan orang tua menyekolahkan anaknya yaitu agar sang anak dapat belajar ilmu-ilmu dan mendapatkan berbagai macam pengetahuan.

2. Hak Menggunakan Fasilitas Sekolah

Sebagai siswa yang memiliki tujuan bersekolah untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu, maka penggunaan fasilitas sekolah menjadi sebuah penunjang agar terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang lebih kondusif dan memiliki hasil yang optimal. Untuk itu siswa memiliki hak untuk dapat menggunakan berbagai fasilitas sekolah yang tersedia.

3. Hak Mendapatkan Perlindungan di Sekolah

Selanjutnya adalah hak untuk mendapatkan perlindungan keamanan. Seperti yang kita tahu bahwa orang tua menyekolahkan anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan dan dengan sistem menitipkan selama jam pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, sekolah memiliki tanggung jawab untuk menjaga para siswanya. Hal ini membuat siswa memiliki hak untuk dilindungi selama berada di sekolah ang maan disediakan oleh pihak sekolah itu sendiri.

4. Hak Untuk Mengajukan Pertanyaan

Layaknya sebuah tempat pembelajaran, tentu terdapat komunikasi dua arah yang terjadi. Bisa antara murid dan murid, murid dan guru atau guru dan guru. Untuk komunikasi antara murid dan guru, biasanya sering terjadi ketika sedang dalam pembelajaran. Siswa sendiri memiliki hak untuk mengajukan pertanyaan kepada guru sehingga pembelajaran bersifat aktif bukan pasif.

5. Hak Menyatakan Pendapat

Berkesinambungan dengan hak siswa sebelumnya, hak ini adalah hak menyatakan pendapat. Dimana siswa dapat menyatakan pendapatnya dengan bebas. Namun, perlu digaris bawahi penyampaian pendapat harus dilakukan dengan sopan dan santun. Laksanakanlah kewajiban sebelum menuntut hak.

Contoh Kewajiban & Hak Siswa di Sekolah yang Bisa Kamu Patuhi

Bila ada hak, maka ada juga kewajiban yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Untuk kasus ini tentunya menyangkut kewajiban yang harus kamu laksanakan sebagai siswa di sekolah. Berikut beberapa contoh kewajiban siswa di sekolah:

  • Menaati segala peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
  • Mengikuti waktu jam pembelajaran dan berbagai kegiatan sekolah.
  • Datang tepat waktu ke sekolah
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  • Mendukung serta kegiatan pembelajaran di sekolah.
  • Menggunakan seragam dan perlengkapan sekolah sesuai aturan yang berlaku.

Nah, itulah tadi hak-hak dan kewajiban seorang siswa yang wajib dilakukan dan didapatkan di lingkungan sekolah. Sebagai seorang siswa kamu harus mengingat hal-hal tersebut dan melaksananannya dengan seimbang anatara kewajiband an juga hak. Mimin harap informasi ini bisa membantu kamu untuk lebih awas dengan berbagai hak dan kewajiban di sekolah.

Baca juga: Algoritma Adalah: Fungsi, Sifat, Contoh dan Jenisnya

Artikel Terkait