Contoh Proposal Penelitian Pendidikan, Sederhana dan Kualitatif

Cahaya Bintang May 28, 2024

Penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk dapatkan data secara kuantitatif dan kualitatif. Secara garis besar contoh proposal penelitian yang tergolong dari kedua jenis penelitian tersebut.

Biasanya penelitian terdapat pada suatu instansi perkuliahan, dimana dilakukan oleh mahasiswa dan para dosen. Menjadi tugas wajib yang dibebankan kepada mereka.

Berbagai penelitian sebagian besar difungsikan untuk kenaikkan jabatan para dosen, dengan penelitian yang mereka temukan sebagai ilmu baru. Sehingga dapat berguna bagi orang banyak.

Tips Dalam Membuat Proposal Penelitian

Temukan berbagai cara menarik yang bisa kamu gunakan sebagai referensi, untuk memunculkan ide dalam pembuatan proposal penelitian. Penelitian dibuat tergantung dari jenis dan bidang penelitian yang ingin kamu lakukan, dari berbagai jenis dan bidang tersebut memiliki kesulitan yang berbeda. Proposal penelitian tergolong dalam empat contoh proposal penelitian , berikut beberapa jenis proposal tersebut :

  1. Proposal penelitian pengembangan – proposal penelitian ini digunakan sebagai pengajuan untuk kegiatan, yang didalamnya terdapat kegiatan yang terdapat rancangan dan produk sebagai pemecahan masalah berbagai masalah aktual yang terjadi.
  2. Proposal penelitian kajian pustaka – proposal ini biasanya digunakan untuk sebuah pemecahan masalah yang bertumpu pada penelaahan kritis sebagai bahan pustaka dari pembahasan yang relevan.
  3. Proposal penelitian kualitatif – Proposal penelitian yang dibuat dari sumber yang didapat dari data data yang telah ada kemudian dikumpulkan untuk dijadikan sumber kata kunci pada sebuah penelitian.
  4. Proposal penelitian kuantitatif – Penelitian yang dilakukan berdasarkan gagasan terhadap pengalaman penelitian, yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deduktif induktif. Didapat dari ilmuan terdahulu, yang dijadikan sebagai bahan acuan untuk sebuah penelitian.

Pembahasan ini cocok untuk para mahasiswa yang baru ingin merencanakan proposal penelitian, untuk dijadikan skripsi sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang perkuliahan. Berikut beberapa cara sebagai contoh untuk membantu kamu, dalam pembuatan proposal penelitian.

Link Download Contoh Proposal Penelitian Pendidikan (PDF)

Link Download Contoh Proposal Penelitian Pendidikan (PDF)

Proposal penelitian adalah sebuah gagasan rencana penelitian yang ditulis dalam bentuk rancangan kerja yang berisikan masalah utama mengenai suatu penelitian.

Isi dari proposal ini berupa langkah-langkah untuk memecahkan rumusan masalah dalam suatu penelitian dan rancangan yang akan diteliti. Agar kamu lebih jelas bagaimana contoh penulisan yang benar dan baik, silahkan download file dibawah ini dalam bentuk format PDF.

Baca juga: Contoh Pembuatan Proposal Pengajuan Dana Kegiatan (PDF)

Cara Pembuatan & Contoh Proposal Penelitian yang Lengkap

Cara Pembuatan & Contoh Proposal Penelitian yang Lengkap

Pembuatan proposal penelitian di suatu instansi pendidikan tentunya terdapat berbagai macam panduan, yang bisa kamu gunakan sebagai acuan format untuk membuat proposal penelitian. Salah satunya adalah panduan karya tulis ilmiyah, yang bisa kamu jadikan panduan untuk format penulisan proposal penelitian. Agar proposal penelitian yang kamu lakukan, menjadi lebih bagus dan rapi.

Dengan adanya karya tulis ilmiyah kamu bisa melakukan pembuatan proposal penelitian. dengan baik dan benar secara format penulisan. Namun tidak dengan isi dari proposal penelitian yang kamu buat. Berikut penjelasan inti dari setiap bab yang ada pada proposal penelitian.

1. Bab Pendahuluan

Pendahuluan adalah awalan dari pembuatan proposal penelitian, yang menjabarkan maksud dari penelitian yang akan kamu lakukan. Sebagai pembuka wawasan dan menjelaskan pembahasan secara umum, sampai ke inti pembahasan yang kamu teliti.

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah memahami berbagai aspek yang menyangkut dengan persoalan apapun tentang penelitian yang kamu lakukan. Saat kamu telah memahami berbagai macam aspek, kamu akan sangat mudah untuk kembangkan isi dari penelitian yang kamu lakukan. Beberapa sub bab dengan penjelasan tentang maksud dari sub bab ini.

Latar belakangPenjelasan fenomena, hasil penelitian terdahulu, perbandingan penelitian, pembahasan inti penelitian.
Rumusan masalahPembahasan yang akan dilakukan pada penelitian.
TujuanMengapa penelitian itu dibuat
ManfaatKegunaan dari penelitian yang kamu buat

Dengan kembangkan berbagai macam inti pembahasan dari pendahuluan, kamu bisa gunakan berbagai macam sumber yang terdapat di internet. Untuk kamu kutip berbagai macam jenis pembahasan menyangkut penelitian yang kamu bahas.

2. Bab Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah pembahasan tentang materi pendukung, untuk memperkuat pembahasan dari penelitian yang kamu lakukan. Kamu bisa melampirkan berbagai macam teori yang bersangkutan, dengan berbagai macam variabel yang kamu gunakan. Berbagai macam materi yang harus terdapat pada bab tinjauan pustaka, mengumpulkan data dari berbagai narasumber penelitian terdahulu.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Untuk Umum (2023)

Sertakan gambar Tabel maupun grafik yang ditampilkan untuk kamu masukkan, sebagai penunjang dari pembahasan yang akan kamu lakukan.

3. Bab Metodologi Penelitian

Metode penelitian adalah bab yang menjelaskan langkah langkah dan apa saja yang kamu lakukan, saat pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi data yang akurat. Dengan melakukan berbagai macam metode penelitian, secara eksperimen maupun mengumpulkan data yang sudah ada untuk diolah pada penelitian kamu.

Untuk khusus kamu mahasiswa yang mengambil fakultas teknik, sertakan juga alat dan bahan yang digunakan sekaligus dengan foto dari alat dan bahan tersebut. Agar penelitian yang kamu lakukan memiliki data yang benar benar lengkap, yang membuat semua orang lebih cepat memahami inti dari penelitian yang kamu lakukan.

4. Bab Data dan Pembahasan

Data dan pembahasan adalah inti dari penelitian yang kamu lakukan, seluruh informasi mengenai data yang kamu dapatkan setelah melakukan penelitian. Serta dilengkapi dengan pembahasan secara terperinci agar setiap orang yang membaca penelitian ini, tidak merasa bingung dengan berbagai macam data yang ada pada penelitian ini.

Gunakan teori dasar yang telah kamu masukkan ke dalam bab tinjauan pustaka, agar pembahasan yang kamu lakukan dapat tersinkronisasi dengan baik. Kemudian dapat terhindar dari pemikiran yang dianggap sebagai omong kosong belaka. Seperti contoh dibawah ini data data yang bisa kamu tampilkan pada bab data dan pembahasan.

  • Grafik

grafik digunakan untuk kami menerangkan seluruh data yang telah disinkronisasi terhadap dua variabel yang kamu gunakan sehingga muncullah data data yang signifikan sebagai hasil dari penelitian yang kamu lakukan.

  • Tabel

Tabel berisikan berbagai macam keterangan dari spesifikasi alat atau data data yang lebih dari 2 variabel, jadi kamu bisa melampirkan data data tersebut dengan menggunakan tabel.

  • Diagram

Diagram merupakan penjelasan data yang lebih simpel dengan menggunakan persentase sebagai nilai yang bisa dibandingkan antara data satu dengan data yang lainnya.

Dari ketiga bentuk data yang bisa kamu lampirkan dan dilengkapi dengan pembahasan gunakan narasi. Menerangkan secara detail data yang baik beserta alasannya, kekurangan maupun kelebihan dari data yang didapat serta perbedaan dari penelitian sebelumnya jika sudah ada penelitian yang kamu jadikan sebagai acuan kamu untuk penelitian yang kamu buat.

5. Bab Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran adalah sebuah rangkuman yang mengumpulkan berbagai topik inti, dari yang kamu dapatkan. Saat menjalani penelitian kemudian mendapatkan dan membahasnya, dibentuk dengan poin poin agar lebih mudah di pahami.

Kemudian saran merupakan kumpulan berbagai macam bentuk yang yang kamu sarankan jika ada yang ingin mengembangkan penelitian yang kamu lakukan ataupun kelemahan yang terdapat pada penelitian tersebut. Agar penelitian ini menjadi lebih sempurna jika banyak pengembangan yang dilakukan kedepannya, dengan berbagai versi dan mencoba dengan formula yang lainnya lagi.

Baca juga: Teks Editorial : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Artikel Terkait