Berikut Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia, Terbaru 2023!

Bunga Malam September 6, 2023

Ketika mendengar mata uang tertinggi, yang sering terlintas di benak kita adalah USD atau Dolar Amerika Serikat. Namun setelah dikalibrasi, kini Dolar Amerika Serikat bukan lagi mata uang dengan nilai tertinggi.

Naik turunnya nilai mata uang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya transaksi antar ekonomi, fluktuasi pajak, dan kenaikan suku bunga.

Selanjutnya nilai tukar atau nilai tukar menjadi suatu hal yang penting karena mempengaruhi aspek perekonomian negara. Jadi semakin tinggi nilai tukar suatu mata uang, maka semakin baik perekonomian negara tersebut.

Lantas jika US Dollar tidak lagi menjadi mata uang dengan nilai tertinggi lalu mata uang negara mana yang menempati posisi tersebut? Yuk simak pembahasannya disini.

1. Kuwait Dinar

mata uang tertinggi kuwait

Menempati posisi pertama, mata uang tertinggi di dunia adalah Dinar Kuwait dengan nilai Rp 49.032 per 30 Januari 2023.

Penasaran kenapa nilai mata uang asal Kuwait begitu tinggi?

Rupanya, salah satu alasannya adalah karena ekonomi Kuwait cenderung stabil dan juga ekspor minyak yang signifikan ke pasar global, yang menghasilkan sekitar 95% pendapatan negara mereka.

Kuwait juga merupakan surga pajak dengan tingkat respons yang relatif rendah.

Hal ini membuat Kuwait juga memiliki pendapatan global sebesar 80 persen yang berasal dari sektor minyak dan merupakan negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia. Negara Timur Tengah ini juga terlindungi dari pengaruh inflasi.

Minyaknya yang melimpah membuat Kuwait menjadi salah satu negara dengan kontribusi terbesar bagi industri perminyakan dunia.

Kekayaan negara bahkan ditaksir lebih dari US$ 71 miliar, yang tentunya berdampak positif bagi perkembangan ekonominya dan juga kesejahteraan rakyatnya.

Baca juga: Sejarah Uang dan Perkembangannya Dari Masa ke Masa

Kondisi perekonomian yang stabil dan hasil minyak bumi yang melimpah ini juga berdampak positif terhadap nilai tukar mata uang, dimana nilai tukar relatif tinggi.

Selain ekonomi yang stabil, Kuwait dikenal sebagai negara bebas pajak dengan tingkat pengangguran yang rendah. Hingga saat ini, sudah ada enam seri Dinar Kuwait yang diterbitkan, yakni pada tahun 1960, 1970, 1980, 1986, 1991, 1994, dan 2014.

Tarif dinar Kuwait:

  • 1 KWD = Rp 48.264 (Dinar Kuwait ke Rupiah).
  • 1 KWD = 3,23 USD (Dinar Kuwait ke dolar AS).

2. Bahraini Dinar

bahraini

Mata uang tertinggi kedua di dunia adalah Dinar Bahrain atau BHD, yang merupakan mata uang Bahrain. Saat artikel ini ditulis, nilai 1 BHD sekitar Rp 39.707. Sumber pendapatan terbesarnya berasal dari ekspor gas dan minyak global.

Mirip dengan Kuwait, Bahrain juga memiliki mata uang yang tinggi karena ekonominya yang kuat di sektor minyak dan gas. Nilai nominal 1 Dinar Bahrain (BHD) setara dengan Rp 39.213.

Nilai ekspor minyak Bahrain yang tinggi juga berkontribusi pada kekuatan mata uang BHD.

Hampir sama dengan negara lain di kawasan Teluk Arab, Bahrain juga dikenal sebagai negara kaya dan memiliki hasil tambang yang besar. Minyaknya yang melimpah membuat negara ini menjadi salah satu produsen minyak terbesar di dunia.

Pendapatan besar bisa dihasilkan setiap tahunnya oleh negara ini dari hasil ekspor minyak yang mereka lakukan ke berbagai negara. Hal ini sekaligus menjadikan nilai mata uang Bahrain salah satu yang tertinggi di dunia.

Tarif dinar Bahrain:

  • 1 BHD = Rp 39.504 (Dinar Bahrain ke rupiah)
  • 1 BHD = 2,65 USD (dinar Bahrain ke dolar AS)

3. Omani Rial

oamni rial

Rial Oman (OMR) menjadi mata uang tertinggi di dunia dengan nilai tukarnya 1 OMR sama dengan Rp39.662. Nilai mata uangnya berhasil bertahan hingga 50 tahun.

Diketahui bahwa negara ini memiliki pendapatan global yang berasal dari cadangan minyak dunia. Selain itu, negara ini memiliki rasio utang PDB yang sangat rendah. Hal ini membuat para investor berbondong-bondong ke negeri ini.

Jumlah ekspor minyak yang besar ini membuat negara yang satu ini memiliki pendapatan dalam jumlah yang luar biasa besar sepanjang tahun. Hal ini juga berdampak baik pada nilai tukar mata uangnya.

Nilai rial Oman:

  • 1 OMR = Rp38.758 (Rial Oman ke rupiah).
  • 1 OMR = 2,60 USD (Rial Oman ke dolar AS).

4. Jordanian Dinar

jordanian dinar

Yordania tidak menjadikan ekspor minyak sebagai satu-satunya sumber pendapatan negara. Namun meski begitu, diversifikasi yang tepat bisa membuat negara ini memiliki kondisi ekonomi yang kuat dan cukup stabil sepanjang tahun.

Berbagai sektor ekonomi bisa diandalkan, seperti perdagangan, pertambangan, manufaktur, bahkan keuangan. Ini menjadikan mata uang Yordania salah satu mata uang tertinggi di dunia.

kurs dinar Yordania:

  • 1 JOD = Rp 201.042 (dinar Yordania ke rupiah).
  • 1 JOD = 1,41 USD (Dinar Yordania ke dolar AS).

5. British Pound Sterling

mata uang tertinggi

Mata uang terkuat lainnya berasal dari benua Eropa yaitu pound sterling. Sedangkan 1 pound sterling (GBP) sama dengan Rp 17.070. Nilai tersebut sedikit menurun dibanding bulan lalu yang mencapai Rp 17.571.

Hal yang menyebabkan nilai mata uang ini tinggi adalah karena menyukai bunga yang besar yang tentunya menarik perhatian para investor.

Sejumlah daerah di Britania Raya juga memiliki Pound Sterling sendiri, seperti British Pound Sterling dan juga Gibraltar Pound yang sangat populer di dunia. Kedua jenis Pound Sterling ini memiliki nilai yang sama.

Sebagai informasi, mata uang ini merupakan mata uang tertua di dunia dan tidak pernah berubah sejak 600 tahun terakhir. Pound dan sterling mengacu pada berat satu pon logam perak yang digunakan sebagai nilai referensi mata uang.

Namun kini tidak lagi dikaitkan dengan nilai perak dalam berat tertentu, melainkan ditentukan oleh mekanisme pasar berdasarkan supply and demand.

Kurs pound Inggris:

  • 1 GBP = Rp 18.399 (Pound Inggris ke rupiah).
  • 1 GBP = 1,23 USD (Pound Inggris ke dolar AS).

6. Dolar Kepulauan Cayman

cayman

Mungkin mata uang ini kurang familiar didengar. Akan tetapi, 1 dolar Kepulauan Cayman (KYD) sama besarnya dengan Rp18.133. Adapun mata uang ini berasal dari negara Britania Raya yang mempunyai kekuatan dibidang keuangan, terutama perpajakan.

Selain itu, negara ini dijuluki dengan kertas surga atau pajak surga dan menjadi tempat ideal bagi semua perusahaan internasional.

Baca juga: Letak Astronomis Benua Asia, Dampak Letak dan Iklim

Dijuluki sebagai salah satu wilayah yang populer menjadi surga pajak, bisnis keuangan di Kepulauan Cayman ini memang terbilang luar biasa.

Negara ini memiliki banyak penawaran menarik di bidang tersebut, mulai dari layanan perbankan, asuransi dan layanan keuangan lainnya.

Berbagai layanan di atas bahkan menjadi sumber pendapatan terbesar, jika dibandingkan dengan mengekspor berbagai sumber daya alamnya.

Ini tentu menjadi hal yang menarik, mengingat kebanyakan negara dengan nilai mata uang tinggi pada umumnya melakukan ekspor sumber daya alam dalam jumlah besar.

Dilansir dari beberapa sumber, destinasi Kepulauan Cayman juga menjadi favorit para wisatawan. Negara persemakmuran Inggris ini memiliki mata uang yang kuat karena perekonomian kepulauan Cayman stabil.

Kepulauan Cayman juga disebut-sebut sebagai salah satu surga pajak terbaik di dunia. Pulau ini menyediakan lisensi untuk ratusan bank, dana lindung nilai, dan perusahaan asuransi.

Pendapatan terbesar kepulauan Cayman berasal dari sektor pariwisata dan perbankan internasional.

Nilai dolar Kepulauan Cayman:

  • 1 KYD = Rp17.906 (Dolar Kepulauan Cayman ke Rupiah).
  • 1 KYD = 1,20 USD (Dolar Kepulauan Cayman ke dolar AS).

7. Euro Eropa

mata uang tertinggi

Instrumen pasar uang yang satu ini merupakan mata uang yang resmi yang digunakan di kawasan Euro, di mana sejumlah negara-negara Uni Eropa tergabung di dalamnya.

Meski tidak seluruhnya, namun negara Uni Eropa yang bergabung dan menggunakan mata uang ini terbilang banyak, yakni 19 negara dari total 27 negara yang terdapat di dalam kawasan tersebut.

Sejak diluncurkan pertama kali, nilai Euro memang terbilang tinggi dan terus meningkat semakin kuat. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, termasuk bergabungnya sejumlah negara di dunia dalam kelompok tersebut.

Mata uang Euro adalah mata uang resmi Uni Eropa, tetapi tidak semua negara menggunakannya. Beberapa negara yang menggunakannya adalah Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Portugal, dan Spanyol.

Mata uang ini telah menguat selama beberapa tahun terakhir dan membuat Euro naik dalam daftar mata uang yang paling kuat. Selain itu, Euro adalah mata uang dunia cadangan kedua yang mencakup 22,2% dari seluruh tabungan dunia.

Kurs Euro Eropa:

  • 1 EUR = Rp. 16.135 (Euro ke rupiah)
  • 1 EUR = 1,08 USD (Euro Eropa ke dolar AS).

8. Franc Swiss

mata uang tertinggi

Mata uang selanjutnya datang dari Negara Swiss dan Liechtenstein. Adapun mata uang negara tersebut 1 franc Swiss sama besarnya dengan Rp15.387.

Kekuatan yang menyebabkan mata uang tersebut memiliki nilai tukar yang tinggi adalah bidang perbankan yang tertutup yang menjadi tempat aman bagi pelaku investasi internasional.

Swiss merupakan salah satu negara makmur dan memiliki kondisi ekonomi yang stabil sepanjang waktu. Negara kaya yang satu ini bahkan dikenal dengan mata uangnya yang “safe-haven” dan aman untuk “disimpan”.

Kondisi ekonominya yang sangat stabil sepanjang tahun seperti ini juga membuat mata franc Swiss menjadi salah satu mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia.

Dilansir dari beberapa sumber, sektor pariwisata di Swiss juga sangat maju karena memiliki banyak destinasi menarik, termasuk Pegunungan Alpen. Menariknya, mata uang di Swiss memadukan seni artistik dengan keamanan keuangan yang canggih.

Desainnya yang vertikal dilengkapi dengan berbagai pengaman anti pemalsuan, di antaranya label uang mengkilat, warna berubah, dan dilengkapi dengan nomor ultraviolet.

Nilai franc Swiss:

  • 1CHF = Rp. 15.369 (Franc Swiss ke rupiah).
  • 1 CHF = 1,03 USD (Franc Swiss ke dolar AS).

9. Dolar AS

dolar as

Dolar Amerika Serikat merupakan mata uang resmi Amerika Serikat dan menjadi salah satu mata uang yang paling populer di dunia. Mata uang yang satu ini bahkan seringkali dijadikan acuan untuk melihat kekuatan mata uang sebuah negara.

Jumlah penggunaannya yang sangat tinggi di dunia membuat dolar yang satu ini menjadi mata uang yang paling banyak beredar sepanjang tahun. Hal ini juga membuat nilai tukarnya terbilang stabil sepanjang waktu.

Bukan hanya saat ini saja, mata uang resmi negara Amerika Serikat bahkan dipercaya masih akan menjadi salah satu mata uang dengan nilai tertinggi di dunia untuk jangka waktu yang panjang.

Hal ini juga tentu diimbangi dengan jumlah penggunanya yang tetap banyak, atau bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Nominal 1 USD setara dengan Rp14.828. Selama USD terus menjadi mata uang yang digunakan pada perdagangan global, mata uang ini akan selalu menduduki posisi mata uang tertinggi selama beberapa masa ke depan.

Jika kamu sering bepergian dan ingin menggunakan mata uang yang mudah ditukar, dolar Amerika Serikat dapat menjadi pilihan untuk ditukarkan dengan mata uang di negara tujuanmu. Tentunya, kamu juga bisa investasi dollar ya.

Nilai dolar AS: 1 USD = Rp14.945 (Dolar AS ke rupiah)

Baca juga: Manfaat dan Tujuan ASEAN Dibentuk Beserta Struktur Organisasi

Artikel Terkait