2 Cara Download Video Di Google (Chrome) ke Galeri

Cahaya Bintang February 20, 2024

Download video di google merupakan proses cara mengambil salinan video dari internet dan menyimpannya ke dalam perangkat pengguna. Video tersebut dapat berasal dari berbagai sumber seperti situs web, platform berbagi video, atau aplikasi untuk menonton film.

Proses unduhan dilakukan dengan menggunakan mesin pencari Google untuk mencari video yang diinginkan, kemudian membuka halaman atau platform tempat video tersebut ditampilkan. Setelah itu, pengguna dapat memilih untuk mengunduh video menggunakan tombol “Download” atau perangkat unduh tambahan.

Unduhan video di Google biasanya dilakukan karena alasan tertentu seperti ingin menyimpan video favorit, ingin menonton video tanpa koneksi internet, atau ingin berbagi video dengan orang lain.

Proses ini juga sangat berguna bagi kamu yang ingin mempelajari sesuatu melalui video atau membutuhkan materi video untuk presentasi atau tugas sekolah misalnya.

Cara Paling Umum yang Dilakukan Banyak Orang Untuk Download Video di Google

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa video yang diunduh aman dan bebas dari gangguan system apapun yang dapat merusak perangkat pengguna.

Untuk menghindari risiko seperti ini, kamu disarankan untuk mengunduh video hanya dari sumber yang terpercaya atau menggunakan alat unduh video yang tepercaya, dan berhati – hati serta harus bijak menggunakannya.

Dalam kesimpulan, mengunduh video di Google dapat menjadi cara yang efektif untuk mengakses video favorit atau materi pembelajaran.

Namun, pengguna harus selalu memperhatikan hak cipta dan ketentuan penggunaan, serta mengambil langkah – langkah untuk memastikan keamanan perangkat kamu yah. Misalnya, mengambil contoh dari Perangkat IDM dan google chrome.

Dengan menggunakan IDM, proses pengunduhan video dari Google dapat di lakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, perangkat lunak IDM ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dalam berbagai format dan kualitas, termasuk HD dan 4K.

Selain itu, IDM juga mendukung pengunduhan video dari situs web seperti YouTube, Vimeo, dan Dailymotion, serta kemampuan untuk mengunduh video dalam berbagai format dan kualitas.

Sisi lain IDM ini merupakan salah satu download manager yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun IDM tidak gratis, pengguna lain dan kamu dapat mencoba versi gratisnya selama 30 hari sebelum memutuskan untuk membeli lisensi penuh.

Baca juga: Cara Download Video Facebook (FB) Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Bagaimana Cara Download Video di Google Tanpa Aplikasi Agar Tersimpan Langsung ke Galeri?

Bagaimana Cara Download Video di Google Tanpa Aplikasi Agar Tersimpan Langsung ke Galeri?

Ini adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengunduh video dari Google ! Kami sajikan solusi selengkapnya di bawah ini ya !

Menggunakan opsi unduh yang di sediakan oleh situs atau platform video : Beberapa situs web dan platform berbagi video menyediakan opsi unduh yang dapat digunakan untuk mengunduh video. Umumnya, tombol unduh akan muncul di sekitar video, dan pengguna dapat mengkliknya untuk mengunduh video ke perangkat mereka.

Menggunakan Aplikasi tambahan : Ada banyak aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari Google. Beberapa aplikasi populer termasuk IDM (Internet Download Manager), 4k Video Downloader, dan Video DownloadHelper.

Pengguna dapat meng-instal aplikasi ini di perangkat mereka, kemudian mengakses situs web atau platform video yang ingin kamu unduh. Aplikasi tersebut biasanya akan mendeteksi video yang tersedia dan memungkinkan kamu mengunduhnya ke perangkat yang kamu miliki.

Menggunakan situs unduhan video online : Ada banyak situs web yang menyediakan layanan unduhan video online. Pengguna dapat mengunjungi situs tersebut, memasukkan tautan video yang ingin di unduh, dan situs tersebut akan mengunduh video tersebut ke perangkat pengguna.

Baca juga: Cara Cek Saldo Taspen Melalui NIP, Bisa Lewat HP!

Tanpa perlu berlama – lama langsung saja kamu simak selengkapnya di bawah ini, silahkan baca sampai akhir pembahasan ya mengenai melalui google chrome dan IDM !

1. Cara Download Video di Google Chrome

Cara Download Video di Google Chrome

Metode ini memungkinkan kamu mengunduh video langsung dari sumber nya, dan tidak perlu menginstal perangkat lunak atau perangkat tambahan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua video dapat diunduh dengan cara ini, terutama jika video tersebut di lindungi oleh hak cipta atau jika sumber video tidak memungkinkan unduhan. Berikut adalah tutorial singkat mengenai cara mengunduh video di Google menggunakan Google Chrome :

  1. Buka Google Chrome di perangkat kamu dan cari video yang ingin di unduh.
  2. Setelah menemukan video yang ingin di unduh, buka menu Pengaturan di Google Chrome dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas jendela browser.
  3. Di menu Pengaturan, pilih opsi “More Tools” dan kemudian klik “Developer Tools“. kamu juga dapat menekan tombol F12 pada keyboard untuk membuka Developer Tools.
  4. Di jendela Developer Tools yang terbuka, pilih tab “Network” dan kemudian mulai memutar video di halaman yang sama. Proses ini akan memicu munculnya data pada tab “Network“.
  5. Temukan file video dalam tab “Network“. kamu dapat menemukannya dengan mencari file yang memiliki jenis konten “Media“.
  6. Klik kanan pada file video yang ingin di unduh dan pilih opsi “Copy Link Address” untuk menyalin tautan video.
  7. Buka tab baru di Google Chrome dan tempelkan tautan video yang di salin di langkah sebelumnya di bilah alamat browser dan tekan Enter.
  8. Video akan dimuat di tab baru, lalu klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Save Video As” untuk menyimpan video ke perangkat kamu.

Jika memang seperti itu kamu dapat mencobanya melalui rekomendasian kami setelah ini, mungkin saja akan merasa nyaman ketika kamu menggunakan perangkat yang satu ini !

2. Download Video Google Menggunakan IDM

Download Video Google Menggunakan IDM

IDM (Internet Download Manager) adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi download manager yang digunakan untuk mempercepat proses pengunduhan file dari internet. IDM memungkinkan pengguna untuk mengunduh file dengan kecepatan yang lebih tinggi dan stabil, serta mendukung unduhan berkelanjutan dan terputus – putus.

Berikut adalah tutorial singkat mengenai cara mengunduh video di Google menggunakan IDM (Internet Download Manager) :

  1. Pastikan IDM sudah terpasang di perangkat kamu. Jika belum, kamu dapat mengunduhnya dari situs IDM dan menginstalnya.
  2. Buka Google Chrome dan cari video yang ingin kamu unduh.
  3. Setelah menemukan video, putar video tersebut, dan ketika IDM sudah terintegrasi dengan Google Chrome, maka akan muncul ikon unduh IDM pada video tersebut.
  4. Klik ikon unduh IDM untuk memulai proses pengunduhan.
  5. Setelah itu, IDM akan menampilkan jendela dialog unduhan, di mana kamu dapat memilih lokasi penyimpanan dan menambahkan deskripsi jika diinginkan.
  6. Klik “Start Download” untuk memulai proses pengunduhan.
  7. IDM akan memulai mengunduh video tersebut ke perangkat kamu, dan  kamu dapat melihat progres unduhan di jendela IDM.

Perangkat tersebut memiliki berbagai fitur, seperti :

  • kemampuan untuk mengunduh file dalam banyak bagian
  • resume dan pause pengunduhan
  • jadwal pengunduhan, deteksi otomatis tautan unduhan
  • integrasi dengan browser web, serta
  • dukungan untuk berbagai protokol pengunduhan seperti HTTP, FTP, dan HTTPS

Jika ada video di Google yang di minati, maka ada cara untuk mengunduh video di Google. Jadi saat tidak memiliki kuota, kamu bisa memutar video terus menerus dan bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Cara Cek Poin Telkomsel & Menukarkannya Dengan Pulsa

Artikel Terkait