Aplikasi Cek Bansos Resmi Dari Pemerintah Secara Online

Arif Rudianto April 3, 2024

Sebagian banyak masyarakat Indonesia mungkin belum menyadari bahwa pada saat ini pemerintah telah menghadirkan aplikasi Cek Bansos sebagai upaya meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

Aplikasi ini sendiri tidak hanya bisa digunakan oleh pegawai-pegawai pemerintahan, melainkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Dimana aplikasi ini juga bisa diakses melalui situs resmi maupun aplikasi di App Store maupun Play Store.

Untuk mengakses dan mengetahui status bansos yang didapatkan pada aplikasi ini membutuhkan logis menggunakan ID pengguna. Dimana untuk mendapatkan ID tersebut, pengguna perlu melakukan verifikasi dan aktivasi kepada admin Kemensos.

Aplikasi ini tentunya sangat berguna bagi setiap masyarakat Indonesia, sebab ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan melalui aplikasi tersebut. Bahkan sangat cocok untuk mengetahui serta mengajukan bansos yang ingin didapatkan masyarakat.

Pada artikel ini kami akan membahas secara tuntas mengenai aplikasi ini. Jadi bagi pembaca yang merasa penasaran dengan aplikasi ini dan ingin mengetahui fungsi-fungsinya, maka kami sarankan untuk menyimak pembahasan artikel ini hingga selesai.

Mengenal Aplikasi Cek Bansos Beserta Fungsinya

Aplikasi Cek Bansos adalah platform yang dibuat oleh pemerintah sebagai upaya peningkatan ketepatan dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos). Aplikasi berbasis digital ini membuka partisipasi masyarakat Indonesia melalui fitur usul dan sanggah.

Dua fitur ini sendiri memiliki manfaat yang cukup praktis, dimana masyarakat dapat mengakses dengan menggunakan ID pengguna seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Dengan memiliki ID ini, maka pengguna bisa melakukan banyak hal.

Misalnya saja memberikan tanggapan pada penerima manfaat yang dinilai tidak layak mendapatkan bantuan sosial dengan cara memilih icon, mengisi alasan, pernyataan, lalu mengirim tanggapan. Namun tentunya pemilih ID tak hanya melakukan itu saja.

Dimana pemilik ID juga bisa mendaftarkan dirinya, keluarga, masyarakat lain, fakir miskin yang berada dalam satu desa atau kelurahan secara langsung pada menu usulan. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa dua fitur utamanya sangatlah penting.

Nantinya usulan yang diberikan akan masuk ke dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial NExt Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Selanjutnya Dinas Sosial akan melakukan verifikasi dan pengecekan data.

Data hasil verifikasi yang disetujui akan dikirimkan ke dalam usulan baru Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi sistem SIKS-NG yang disertai pengesahan dari kepala daerah untuk diproses dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial.

Tentu aplikasi yang mudah diakses ini akan sangat membantu masyarakat-masyarakat kurang mampu dan memang layak untuk mendapatkan Bansos tersebut. Baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang-orang terdekat yang layak mendapatkannya.

Baca Juga : 10 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis dan Tercepat (50rb Sehari)

Bagaimana Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial di Aplikasi Cek Bansos?

Bagaimana Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial di Aplikasi Cek Bansos

Tentu banyak sekali orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek penerima bantuan sosial pada Aplikasi Cek Bansos ini. Padahal cara untuk mengetahuinya bisa dibilang sangatlah mudah dan tidak perlu melakukan banyak hal.

Namun kebanyakan orang masih merasa bingung karena tidak adanya tutorial langsung yang diterima olehnya. Terlebih, apabila orang yang ingin melakukan pengecekan tersebut masih sangat awam dalam mengoperasikan perangkat smartphone.

Tentu sangat wajar apabila pengecekan ini sangat sulit untuk dilakukan olehnya. Namun, pada artikel ini kami sudah memberikan sebuah langkah mudah yang bisa dilakukan tanpa perlu melakukan login. Jadi setiap orang akan bisa melakukannya.

Nah, bagi masyarakat yang ingin mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak di aplikasi ini untuk hal lain seperti pengajuan KIP-K atau yang lainnya, di bawah telah kami sediakan tutorial mudah melakukan pengecekannya.

  1. Buka website resmi Cek Bansos Kemensos https://cekbansos.kemensos.go.id/ pada browser.
  2. Setelah itu, masukkan wilayah penerima manfaat, seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/ Desa.
  3. Masukan nama masyarakat yang ingin mengecek bansos sesuai dengan KTP.
  4. Lakukan verifikasi kode captcha yang muncul, lalu klik opsi Cari Data.
  5. Keterangan bansos akan muncul apabila termasuk dalam daftar penerima manfaat bansos.

Sementara itu, apabila nama yang dicari tidak masuk dalam daftar penerima manfaat bansos, maka akan muncul keterangan Tidak Terdapat Peserta/PM. Namun, nama yang tidak terdaftar bisa mendaftarkan diri dengan memanfaatkan fitur usul sanggah.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video di Laptop Ringan & Gratis Buat Pemula

Begini Cara Menggunakan Fitur Usul Sanggah Aplikasi Cek Bansos

Begini Cara Menggunakan Fitur Usul Sanggah Aplikasi Cek Bansos

Sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi dari fitur usul sanggah yang ada pada Aplikasi Cek Bansos. Dimana situs tersebut memiliki banyak manfaat terutama untuk membantu masyarakat yang memang layak untuk mendapatkan bansos.

Namun untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna perlu benar-benar memastikan bahwa orang yang ingin didaftarkan untuk mendapatkan bansos benar-benar membutuhkan. Sebab nantinya akan ada survey yang dilakukan oleh lembaga pemerintah.

Bahkan data yang didaftarkan akan dicek langsung oleh pusat SIKS-NG Dinas Sosial Kabupaten atau Kota dari orang yang didaftarkan. Jadi, kami menyarankan untuk para pemilik ID Aplikasi Cek Bansos tidak asal-asalan dalam mengajukan usulan.

Tentu untuk memanfaatkan fitur tersebut perlu melakukan beberapa langkah-langkah yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, kami telah menyediakan langkah-langkah menggunakan fitur usul sanggah yang tersedia di dalam platform cek bansos ini.

  1. Langkah pertama, pastikan pembaca telah mengunduh Aplikasi Cek Bansos melalui Play Store.
  2. Lakukan registrasi dalam aplikasi dengan menyiapkan Nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP.
  3. Setelah data diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial, pilih menu Tanggapan Kelayakan pada aplikasinya.
  4. Melalui menu ini, pengguna bisa memberikan tanggapan kelayakan pada penerima bansos yang tidak layak mendapatkan atau bisa juga mendaftarkan diri, keluarga, atau masyarakat fakir miskin lainnya.
  5. Selanjutnya, lengkapi data-data yang diminta aplikasi.
  6. Apabila proses berhasil, maka akan muncul nama, NIK, status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul Kartu Keluarga.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan atau dengan mengikuti petunjuk dalam aplikasi, maka pembaca akan bisa memanfaatkan fitur usul sanggah tersebut dengan baik. Tentu kedepannya fitur ini akan lebih sering untuk membantu orang lain.

Baca Juga : 8 Aplikasi Saham Online Terbaik, Aman dan Terpercaya

Download Aplikasi Cek Bansos Kemenkes RI

Download Aplikasi Cek Bansos Kemenkes RI

Aplikasi Cek Bansos yang ditawarkan langsung oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia ini dirilis resmi pada 16 Agustus 2021. Dimana aplikasi ini sudah sering melakukan update versi yang terakhir dilakukan pada tanggal 11 Mei 2023 dengan versi 1.0.13.

Aplikasi yang digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial seperti BPNT, BST, dan PKH ini memiliki ukuran yang sangat kecil yang dibawah 10 MB dengan mendukung semua perangkat smartphone dengan OS minimal Android versi 5.0.

Melalui aplikasi ini, penggunanya dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan sosial yang dianggap tidak layak untuk menerima bantuan tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengguna juga bisa mengusulkan dirinya sendiri, keluarga, maupun tetangga dan masyarakat yang dianggap benar-benar layak untuk masuk ke dalam DTKS atau menerima manfaat bantuan sosial tersebut.

Dengan adanya aplikasi ini, manfaat bansos yang dikeluarkan pemerintah akan jauh lebih tepat sasaran penerimanya karena masyarakat juga turut serta memberikan usulan maupun sanggahan terhadap masyarakat lain yang layak untuk menerimanya.

Artikel Terkait