Kode Bank BRI Beserta Jenis Tabungan dan Keuntungan di 2024

Cahaya Bintang April 8, 2024

Kode Bank BRI digunakan untuk mengirimkan uang dari rekening non BRI ke rekening BRI. Layanan yang menyediakan transfer antar bank sudah menjadi laynan yang biasa dan dimiliki oleh seluruh masyarakat. Banyaknya pengguna layanan ini menjadikan layanan ini tersedia di semua bank. Apalagi layanan ini juga bisa dilakukan lewat e-commerce dan layanan online lain.

Walaupun tersedia dengan berbagai macam transaksi yang bia dilakukan via online dengan bantuan aplikasi dan juga ponsel pintar, namun masih banyak masyarakat yang menggunakan ATM dalam bertransaksi untuk mengirimkan uang.

Oleh sebab itu perlu sekali untuk kamu mengetahui kode-kode bank dari semua bank yang ada, khususnya BRI. Kamu tidak perlu bingung lagi berapa kode Bank BRI karena di artikel ini mimin akan membahasnya.

Kode Bank BRI 2023

Untuk kamu yang masih bingung dengan kode dari Bank BRI, sekarang kamu gak perlu bingung lagi. Nih di bawah ini sudah ada info seputar kode bank BRI.

No.Nama BankKode Bank
1BRI (Bank Rakyat Indonesia)002

Memangnya Apa Sih Kegunaan dari Kode Bank?

Guna dari kode Bank BRI ini adalah sebagai metod untuk mengidentifikasi suatu rekening untuk tujuan transfer. dengan kode bank itu, rekening tujuan kamu nantinya akan direvifikasi secara ototmatis dengan rekening Bank BRI.

Cara ini dilakukan untuk meminimalisir salah transfer yang biasa terjadi di masyarakat. Prosesnya pun akan menjadi lebih cepat dan praktis juga. Jika kode bank yang dimasukkan salah, maka proses ransfer akan gagal sehingga meningkatkan kemaanan.

Baca juga: Cara Membuat Channel Akun YouTube yang Menghasilkan Uang

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Jika Memakai Kode Bank BRI untuk Transfer Via ATM

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Jika Memakai Kode Bank BRI untuk Transfer Via ATM

Menggunakan kode Bank BRI untuk melakukan transfer via ATM memiliki segudang manfaat. Manfaat-manfaat itu adalah sebagai berikut :

  • Sebagai salah satu metode untuk mengidentifikasi apabila rekening yang kamu tuju benar dan merupakan rekening BRI ketika proses transfer dilakukan.
  • Dapat mengurangi resiko terjadinya kesalahan transfer menuju ke rekening lain. Dan apabila kode bank salah atau tidak sesuai dengan rekening yang kamu tuju, maka transaksi akan segera dibatalkan.

Inilah Beberapa Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Juga Keuntungannya

Inilah Beberapa Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Juga Keuntungannya

Bank BRI merupakan Bank yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. BRI tersedia hampir di seluruh wilayah di Indonesia, bahkan di kota-kota kecil sekalipun kamu bisa menemukan BRI dengan mudah.

Faktor inilah yang membuat Bank BRI memiliki nasabah terbanyak dibandingkan dengan bank lain. Karenanya, bank BRI juga menyediakan berbagai penawaran produk yang bisa digunakan dan dipilih nasabahnya untuk menabung. Berikut jenis-jenis tabungan yang tersedia di BRI :

1. BRI Simpedes

Jenis tabungan yang pertama adalah BRI Simpedes. Simpanan ini adalah jenis tabungan yang banyak digunakan oleh para nasabah dari Bank BRI. Untuk setoran awalnya termasuk sangat terjangkau yaitu di nominal 50 ribu rupiah saja. Dengan nominal tersebut, tabungan yang satu ini menjadi mudah diakses oleh hampir semua kalangan.

BRI Simpedes adalah tabungan dengan mata uang rupiah yang untuk membukanya bisa kamu lakukan di seluruh unit kerja cabang BRI. Syarat untuk pembukaan rekening ini juga tidak sulit, kamu cukup mengisi formulir dan melengkapi identitas dirimu dan memberikan setoran awal.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru Tanpa Minimal Followers

Apabila kamu ingin membuka untuk perorangan, maka kamu harus menyiapkan KTP, NPWP atau surat keterangan tidak memiliki NPWP untuk kamu yang tidak memilikinya. Sedangkan pembuatan rekening untuk sebuah badan, kamu memerluka beberapa data seperti surat izin usaha, NPWP, Akte pendirian dan anggaran dasar organisasi dan lainnya.

2. BRI Simpedes TKI

Kalau untuk yang satu ini kamu pasti sudah tahu. Dari namanya pun kamu pasti sudah tahu bahwa simpanan ini ditujukkan untuk kamu para Tenaga Kerja Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri. Simpanan ini ditujukkan untuk penyaluran dan pendistribusian gaji TKI dan juga untuk memudahkan transaksi.

Untuk syarat pembuatan rekening ini, kamu cukup mengisi beberapa formulir dan melampirkan fotokopi identitas berupa Paspor, SIM atau KTP dan juga surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh PPTKIS. Untuk nominal setoran awal simpanan ini juga sangat terjangkau, hanya 10 ribu rupiah saja.

3. BritAma

Kalau BritAma menawarkan berbagai keunggulan mulai dari fasilitas mbanking, e-banking, kartu ATM ataupun debit. Rekening ini juga dapat digunakan di beberapa jaringan sepeti asuransi kecelakaan diri dan yang lainnya.

Syarat pembukaan tabungan ini adalah kamu harus mengisi formulir yang berisikan identitas diri, NPWP, KTP, Paspor dan data diri pendukung lainnya. Setoran awal yang dibutuhkan adalah senilai 250 ribu rupiah.

4. BritAma Bisnis

Beralih ke BritAma Bisnis, simpanan ini adalah jenis simpanan yang sesuai dengan namanya yaitu memang cocok untuk transaksi para pelaku bisnis. Simpanan ini memiliki keuntungan yaitu bebas biaya administrasi apabila saldo yang dimiliki rata-ratanya 5 juta rupiah.

Untuk layanan yang disediakan oleh simpanan ini adalah memiliki layanan internet banking dan memiliki waktu yang real-time gross settlement atau RTGS sampai dengan jumlah 1 miliar rupiah dan untuk booking sampai 5 miliar rupiah.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening ini adalah kamu harus mempersiapkan beberapa identitas diri seperti KTP, NPWP, Paspor atau data diri lain. Jangan lupa juga siapkan setoran minimal 1 juta rupiah.

5. BritAma Muda/BritAma X

BritAma Muda atau dikenal juga dengan BritAma X adalah jenis tabungan keluaran BRI yang mencari pasar anak muda. Dengan menggunakan rekening ini, nasabah bisa mendapatkan kartu ATM dengan logo Mastercard dengan desain yang kekinian dan memiliki akses jaringan kartu di dalam dan di luar negeri. Jenis simpanan ini juga memiliki asuransi kecelakaan hingga 150 juta rupiah.

Untuk mendapatkan rekening ini, kamu harus berusia setidaknya 17-35 tahun dan menyetorkan setoran awal sebesar 100 ribu rupiah. Untuk pembukaan rekeningnya sama dengan kebnyakan pembukaan rekening, kamu butuh identitas diri berupa KTP, Paspor atau NPWPjika kamu seorang WNI dan KIMS atau KITAS dan yang lainnya untuk kamu yang WNA.

6. BritAma Rencana

Untuk BritAma Rencana, simpanan ini merupakan sebuah simpanan investasi yang di dalamnya terdapat Rencana Plan A dan juga Plan B. Untuk Plan A kamu akan terdapat premi sebesar 6% yag memang harus disetorkan setiap bulan, sedangkan pada Rencana Plan B premi asuransinya adalah gratis.

Dengan menggunakan rekening ini, kamu akan mendapatkan suku bunga yang lebih tinggu dari rekening tabungan lain, dan juga kamu tidak akan dibebankan biaya administrasi.

Untuk kamu calon pengguna rekening ini, kamu tidak diharuskan untuk melakukan medical check up sebelum membuka rekening ini. Kamu bahkan bisa menentukan berapa lama kamu akan menabung, bisa dimulai dari 1 sampai 20 tahun dengan setoran mulai dari nominal 100 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah.

Kamu juga bisa mendapatkan asuransi dengan manfaat hingga 1 miliar rupiah. Syaratnya adalah kamu harus berusia antara 17-64 tahun dan sudah memiliki salah satu rekening Bank BRI sebelumnya. Selanjutnya isi formulir sesuai kewarganegaraanmu.

7. BritAma Valas

Sesuai dengan namanya, BritAma Valas adalah sebuah simpanan yang digunakan untuk kamu menabung dengan mata uang asing di dalamnya. Hal ini dibuat karena nilai tukar asing yang cenderung lebih stabil dan berada di atas nilai tukar rupiah. Contoh valas yang sering ditabungkan adalah USD, AUD, GBP , HKD, JPY dan lain sebagainya.

Rekening yang satu ini dapat digunakan mulai dari WNI sampai dengan WN, tentunya apabila sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan diminta oleh pihak Bank Mandiri. Dan untuk setoran awalnya bervariasi tergantung dengan mata uang mana yang akan kamu pilih.

Artikel Terkait