Doa Pembuka dan Penutup Suatu Acara yang Singkat

Cahaya Bintang April 4, 2024

Doa pembuka dan penutup acara adalah doa yang diguakan untuk membukan dan menutup suatu acara. Selayaknya umat Islam, kita diperintahkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan beribadan dan juga berdoa. Berdoa tidak hanyan dilakukan saat sholat dan setelah sholat, namun di setiap kegiatan sellau diawali dan diakhiri dengan membaca doa.

Salah satu kegiatan yang perlu memasukkan doa di pembuka dan penutupnya adalah ketika mengadakan acara atau hadir di sebuah acara tertentu. Di dalamnya terdapat doa singkat yang dimaksudkan untuk mengucap syukur dan meminta ridho atas keberlangsungan acara. Doa singkat ini terbagi menjadi dua antara doa pembuka dan doa penutup.

Doa Pembuka dan Penutup Suatu Acara yang Singkat

Sesuai dengan namanya, doa pembuka. Doa ini adalah doa yang dipanjatkan atau digunakan ektika hendak memulai suatu acara. Membaca doa pembuka pada suatu acara menjadi salah satu keharusan karena memiliki tujuaan untuk meminta ridho Allah SWT dan mengucap syukur atas kehadiran dan umur panjang yang telah diberikan dan juga berharap agar acara diridhoi dan juga dilancarkan.

Baca juga: Berikut Doa Sebelum & Sesudah Tidur Beserta Dengan Artinya

Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban untuk menghafalkan doa pembuka pada suatu acara, mengingat banyaknya acara yang ada di sekeliling kita. Di bawah ini ada beberapa doa pembuka acra singkat yang mudah untuk kamu hafalka. Berikut diantaranya :

1. Doa Pembuka Majelis 1

Bacaan doa dalam huruf latin :

Alhamdulillahi rabbil aalamiin, wash-solatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i walmursaliin, waala alihi washohbihii ajmain ammaba’adu.

Yang memiliki arti :

Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Semoga shalawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

2. Doa Pembuka Majelis 2

Bacaan doa dalam huruf latin :

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Yang memiliki arti :

Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

3. Doa Pembuka Majelis III

Bacaan doa dalam huruf latin :

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Yang memiliki arti :

Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Shalawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya Lafal Doa Dimudahkan Segala Urusan Doa Nabi Musa Doa Setelah Adzan.

4. Doa Pembuka Majelis 4

Bacaan doa dalam huruf latin :

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Yang memiliki arti :

Puji syukur kepada Allah, doa shalawat serta keselamatan semoga selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

Setu memanjatkan doa pembuka majelis seperti di atas, maka acara bisa dilanjutkan sesuai dengan sususan acara yang sudah ada dan ditetapkan sebelumnya. Jika dalam acara majelis ta’lim keagamaan, kira-kira sususan acaranya seperti di bawah ini :

  1. Pembukaan (membaca doa dan ayat suci Al-Qur’an)
  2. Tausiyah, pidato dan juga sabmutan-sambutan diakhiri dengan diskusi atau tanya jawab.
  3. Penutup

Doa Penutup dan Pembuka Untuk Berbagai Kebutuhan Suatu Kegiatan

Doa Penutup dan Pembuka Untuk Berbagai Kebutuhan Suatu Kegiatan

Selain dimulai dengan doa sebagai pembuka, dalam suatu acara juga harus diakhiri dengan penutup yang berisika doa penutup juga di dalamnya. Maksud dari doa penutup ini adalah sebagai rasa syukur dan terima kasih karena telah diberikan kelancaran ketika menjalankan acara.

Baca juga: Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid atau Berhubungan

Selain itu maksud doa penutup juga untuk kamu memohon ampunan jika selama ini khususnya dalam acara membuat dosa yang disengaja maupun tidak disengaja serta mengharapka agar dengan berlangsungnya acara ini memberikan manfaat kepada banyak orang termasuk diri kamu sendiri. Seperti doa pembuka, doa penutup singkat juga ada beberapa, di bawah ini diantaranya :

1. Doa Penutup Acara 1

Bacaan dalam huruf latin :

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Yang memiliki arti :

“Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.”

2. Doa Penutup Acara 2

Bacaan dalam huruf latin :

“Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin.

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina ‘adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin.”

Yang memiliki arti :

“Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepadamu ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu.

Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.

Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari azab api neraka “

3. Doa Penutup Acara 3

Bacaan dalam huruf latin :

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiin maa tuhawaiki ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatin aa maa ogyatanaa, waj’alna waaris minnaa, waj’al tsa rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurna ‘alaa man ‘adaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa tajal dunya akbara hammina, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Yang memiliki arti :

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini.

Adab Dalam Membaca Suatu Doa Pembuka dan Penutup Acara

Adab Dalam Membaca Suatu Doa Pembuka dan Penutup Acara

Oleh karena bedoa merupakan salah satu cara bagi para umat muslim untuk dapat berkomunikasi dengan tuhannya, Allah SWT, maka ada beberapa adab yang harus diperhatikan ketika kamu sedang berdoa kepada Allah. Diantara adab-adab tersebut, inilah beberapa diantaranya :

  1. Dalam berdoa haruslah khusyu dan sungguh-sungguh diniatkan dari dalam hati agar doa kamu dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT
  2. Ketika berdoa harus diresapi dan diucapkan dengan penuh ketulusan hati dan dengan penih kemantapan. Karena dalam doa itu sendiri banyak sekali terkandung makna.
  3. Dilakukan dengan mengangkat kedua belah telapak tangan yang terbuka dan di taruh di depan dada atau bisa juga di tengah dada.
  4. Menghadap ke arah kiblat ketika berdoa apabila memungkinkan.
  5. Dihimbau agar tidak tergesa-gesa ketika membaca doa, melainkan harus diucapkan dengan tenang dan penuh kesungguhan.

Keutamaan Dalam Membaca Doa Bagi Semua Umat Muslim

Keutamaan Dalam Membaca Doa Bagi Semua Umat Muslim

Berdoa bukan hanya seruan Allah SWT namun juga merupakan sunah Rasulullah SAW yang artinya adalah hal yang dilakukan oleh beliau dan sebagai umatnya, maka kamu jga harus mengikutinya. Membaca doa pada akhir sebuah acara memiliki keutamaan tersendiri, diantaranya :

  1. Berdoa pada akhir sebuah acara disinyalir dapat menghapuskan dosa yang telah kamu perbuat baik yang sengaja maupun tidak sengaja kamu lakukan.
  2. Dengan berdoa pada akhir acara, maka kamu juga mengharapkan agar ilmu dan juga pengetahuan yang telah kamu dapatkan selama acara dapat kamu amalkan dan juga bermanfaat untuk masa depan.
  3. Allah akan memudahkan kamu untuk dapat masuk ke surga Allah dengan banyaknya kamu berdoa dengan sungguh-sungguh.
  4. Ketika berdoa, kamu akan mendapatkan banyak kebaikan.
  5. Berdoa dapat membantu kamu memperkuat imanmu.
  6. Berdoa dapat menenangkan jiwa kamu.

Demikianlah yang bisa mimin sampaikan kepada kamu mengenai doa yang diucapkan ketika membuka dan menutup suatu acara. Mudah-mudahan informasi singkat yang mimin siapkan untuk kamu ini bisa memberi manfaat. Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kesalahan. Sampai jumpa di artikel-artikel yang lainnya.

Baca juga: Amalan Malam Nuzulul Quran Pada 17 Ramadhan 2023

Artikel Terkait