Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid atau Berhubungan

Cahaya Bintang May 11, 2024

Ada yang masih belum tahu tata cara mandi wajib? Kalau mandi itu wajib, pasti sudah tahu kan? Namun untuk menghilangkan keraguan bagi kamu yang belum mengerti tentang mandi wajib itu sendiri, jangan khawatir. Karena dalam artikel ini kamu akan memahami semua detail tentang mandi wajib beserta doa mandi wajib.

Terlebih ada banyak sekali amalan yang harus kita lakukan dalam keadaan suci, seperti shalat. Tidak hanya sholat wajib, tapi juga sholat tahajud, sholat taubat, sholat jumat, sholat hajat, sholat istikharah, bahkan sholat tarawih. Bahkan termasuk amalan lain seperti masuk masjid sangat dianjurkan dalam keadaan suci.

Hal yang Menyebabkan Kenapa Harus Mandi Wajib

penyebab mandi wajib

Selain mempelajari tata cara mandi wajib dan salat wajib, kita juga harus mempelajari hal-hal yang menyebabkan terjadinya mandi wajib.

Karena inilah penyebab terjadinya harus melaksanakan mandi wajib dan tentunya dengan membaca doa mandi wajib. Ada beberapa alasan untuk kamu mandi wajib ini, dan mungkin juga ada perbedaan pendapat di kalangan ulama.

Namun yang akan kita bahas pada artikel ini adalah dalil-dalil wajib mandi yang umum diketahui oleh mayoritas umat Islam. Dan semoga penjelasan tentang0 wajib mandi dan alasan wajib mandi ini dapat dipelajari dan menjadi pedoman untuk kamu yang membaca artikel ini.

1. Keluar Air Mani

Keluarnya air mani merupakan hal yang membuat seseorang harus melakukan mandi wajib. Karena ketika air mani keluar, seseorang dianggap najis. Kondisi yang tidak suci harus mengharuskan kita menjadi suci kembali dengan melakukan mandi wajib tentunya. Maka sangat penting untuk mempelajari tentang mandi wajib.

Sperma yang keluar disini bisa terjadi karena berbagai sebab. Entah itu karena berhubungan badan, mimpi basah, ejakulasi dini, atau mengeluarkan air mani dengan sengaja.

Semuanya itu mengharuskan kita untuk melakukan mandi wajib. Karena kondisi tersebut memang telah membuat seseorang dalam keadaan junub, maka ia harus mandi. Jadi tidak ada perbedaan antara penyebab keluarnya mani baik disengaja maupun tidak.

Karena apapun penyebab keluarnya mani, tetap wajib mandi wajib. Oleh karena itu, harus benar-benar diperhatikan penyebabnya.

Dan juga harus dipahami dengan sangat detail tentang air mani itu sendiri agar bisa membedakan berbagai jenis cairan yang keluar dari kemaluan. Karena ada beberapa jenis cairan selain mani, seperti kencing, mazi dan madi.

2. Berhubungan Suami-Istri

Berhubungan badan adalah salah satu hal yang mewajibkan kita untuk melakukan mandi junub. Hal ini berlaku meskipun air mani tidak keluar saat mandi junub. Maka mandi wajib tetap harus dilakukan meskipun tidak keluar air mani.

Persetubuhan ini juga berlaku bagi mereka yang bersetubuh dengan istrinya maupun mereka yang berzina. Meski zina merupakan perbuatan tercela, namun hukum mandi wajib tetap berlaku. Karena syaratnya adalah seseorang telah melakukan hubungan intim.

3. Keluar Darah Menstruasi

Keluarnya darah haid juga wajib mandi. Oleh karena itu, dengan seringnya hal ini terjadi pada wanita, sangat penting juga bagi wanita untuk memahami mandi wajib. Karena jika tidak mandi wajib walaupun mandi secara detail dan sempurna, maka kondisi kamu masih belum suci.

Menstruasi merupakan masalah yang terjadi pada wanita. Namun bukan berarti tidak penting bagi pria untuk mengetahuinya. Justru pria juga sangat dianjurkan untuk mengetahui masalah ini. Sehingga menjadi dasar ilmu yang diajarkan kepada istri atau putrinya.

4. Nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari seorang wanita setelah melahirkan. Umumnya darah nifas keluar selama 40 hari. Dan selama darah nifas belum berhenti, seorang wanita tidak boleh shalat dan berbagai ibadah lainnya. Darah nifas juga menjadi salah satu penyebab yang mengharuskan seseorang untuk mandi wajib.

Lebih tepatnya, seorang wanita harus mandi wajib setelah berhentinya darah nifas ini. Baru setelah itu ibadah diperbolehkan, karena sebelum mandi wajib, seseorang belum boleh melakukan ritual yang membutuhkan kesucian. Karena itu, seorang wanita harus menyadari kondisinya sebanyak mungkin.

Serta merawatnya ketika darah nifasnya telah berhenti, maka dia harus melakukan mandi junub. Kemudian setelah dalam keadaan suci, ia diwajibkan melakukan berbagai ibadah fardhu secara umum.

Baca Juga: Amalan Malam Nuzulul Quran Pada 17 Ramadhan 2023

Bacaan Niat Doa Mandi Wajib Untuk Pria dan Wanita

niat doa mandi wajib

Beberapa hal yang membuat kita harus melaksanakan mandi wajib. Karena apabila kita melakukan mandi wajib tersebut maka kita tidak bisa untuk melaksanakan ibadah suci yang biasa kita lakukan.

Berikut adalah doa mandi wajib yang harus dibaca:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaytul ghusla lirof’il hadastil akbari minaljanabah fardhu lillahi ta’ala

Artinya : “Sengaja aku mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Alloh SWT

1. Doa Mandi Wajib Setelah Keluar Air Mani

Mandi wajib setelah mimpi basah adalah kewajiban yang dilakukan oleh seseorang setelah sebelumnya mengalami mimpi basah. Untuk hal ini, biasanya baru disadari air maninya keluar di pagi hari. Maka jika diketahui dia mengeluarkan air mani di malam hari karena mimpi basah, maka dia wajib mandi wajib.

Ketentuan yang telah dijelaskan bahwa keluarnya mani merupakan salah satu sebab yang mewajibkan mandi wajib untuk kembali ke keadaan suci.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabat, fardhu karena Allah Ta’ala.”

2. Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

Mandi wajib setelah berhubungan suami istri juga sama dengan mandi wajib pada umumnya. Satu-satunya perbedaan adalah alasannya. Tapi di sisi lain, semuanya sama. Karena hakikat mandi wajib adalah membersihkan diri atau mensucikan diri kembali dengan berbagai alasan.

Dalam hal ini penyebabnya adalah hubungan suami istri. Apakah mani sudah keluar atau belum, tetap wajib mandi wajib. Lafadznya sama dengan mandi wajib lainnya, metodenya pun sama.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Bahasa Latin : “nawaytul ghusla lirof’il hadastil akbari minaljanabah fardhu lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabat, fardhu karena Allah Ta’ala.”

3. Doa Wajib Mandi Setelah Haid

Jika seseorang sedang haid dan telah selesai haidnya, maka dia wajib melaksanakan mandi wajib. Tentu saja ini hanya terjadi pada wanita. Wanita sendiri berbeda-beda dalam hal lamanya periode menstruasi, ada yang 4 atau 5 hari. Ada yang 7 hari bahkan ada yang 15 hari.

Namun jika telah mencapai 15 hari, mayoritas ulama berpendapat bahwa haidnya telah berakhir.
Sehingga, darah yang terus mengalir dianggap bukan darah haid, melainkan darah dari penyakit lain. Maka jika sudah mencapai 15 hari, seorang wanita wajib mandi wajib. Caranya sama dengan mandi wajib lainnya. Berikut niat nya :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

tata cara mandi wajib

Mandi wajib sering disalahpahami oleh berbagai kalangan. Ada yang bilang kalau mandi harus di kolam yang besar. Ada juga yang mengatakan bahwa mandi harus di sungai dan sebagainya. Ini semua adalah penjelasan yang salah. Karena mandi itu wajib, tidak jauh berbeda dengan mandi lainnya.

Baca Juga: Bacaan Teks 99 Asmaul Husna Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Secara teknis, mandi wajib sama dengan mandi lainnya, kecuali bahwa mandi wajib mengharuskan kamu membasuh seluruh tubuh.

Berikut adalah tata cara mandi wajib yang harus diikuti oleh setiap muslim:

  1. Baca niat mandi wajib terlebih dahulu.
  2. Gunakan kain basahan sebagai penutup aurat.
  3. Melakukan gosok gigi atau siwak.
  4. Melakukan wudhu seperti biasa.
  5. Gunakan air yang langsung mengalir dari keran / shower.
  6. Menyiram air ke atas kepala dan rambut sebanyak 3x.
  7. Kemudian alirkan air ke bagian pundak kanan dan kiri sebanyak 3x.
  8. Selanjutnya alirkan air ke seluruh tubuh sebanyak 3x.
  9. Menyiram seluruh tubuh dengan air hingga basah semua bagian tubuh.

Niat mandi wajib hanya di awal mandi atau cipratan air. Hal ini harus dipastikan terbaca karena niat merupakan rukun dari mandi wajib itu sendiri. Jika tidak membaca akan membatalkan mandi wajib. Niat itu sendiri hanya bisa diucapkan dalam bahasa Indonesia. Sebenarnya niat ini disebut dengan wajib mandi.

Meratakan udara ke seluruh tubuh dilakukan dengan sangat hati-hati. Ini meliputi setiap helai rambut dan juga bagian tubuh yang memiliki banyak lipatan. Bagian tubuh yang memiliki banyak lipatan antara lain perut, ketiak, dan lainnya.

Selain itu, penting juga untuk membasuh secara menyeluruh area kedua bokong, karena itu juga merupakan bagian yang wajib dicuci.

Mandi wajib adalah mandi yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk membersihkan diri dari najis besar. Najis besar ini meliputi hadats besar, bersetubuh, haid, dan nifas. Doa mandi wajib adalah doa yang harus dibaca saat mandi wajib dilakukan agar mandi wajib tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT.

Artikel Terkait