Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + Cara Pembuatan

Cahaya Bintang February 18, 2024

Contoh CV lamaran kerja adalah selebaran yang berisikan informasi mengenai diri pendidikan serta pengalaman kerja, buatlah Curriculum Vitae secara menarik yang terdeskripsi secara jelas, untuk setiap orang bisa dengan cepat memahami informasi dari cv yang kamu miliki. Hal yang tak mungkin jika setiap kamu melamar kerja berkas yang pertama kali dilihat adalah cv kamu, baru beranjak ke dokumen lainnya.

Bagaimana sih cara membuat cv menarik agar dapat dilirik oleh HRD saat mengajukan lamaran kerja? Jawabannya bisa kamu temukan disini, karena akan diberikan berbagai macam contoh agar kamu bisa membuat cv dengan tampilan yang menarik.

Apa Saja isi Dari CV yang Bisa Kamu Masukkan?

Sebelum kamu menemukan berbagai macam data diri, kamu harus paham terlebih dahulu akan fungsi sesungguhnya dari vc itu dibuat. mengapa sih cv wajib untuk kamu tampilkan saat ingin memasukkan berkas lamaran kerja, tentunya setiap berkas mempunyai informasi yang harus HRD dapatkan. Saat mencari orang berkompeten, di bidang yang sedang diperlukan pada perusahaan.

Tujuan dari membuat CV adalah untuk membuat orang mengenal diri kamu meski belum melihat secara langsung, yang meliputi berbagai aspek seperti kepribadian, penampilan, postur, tata cara berbicara dengan tulisan terhadap cara kamu menampilkan cv dan paling penting merupakan pengalaman kerja apa yang telah kamu lakukan selama ini.

Pengalaman kerja yang tak berkompeten akan menjadi bumerang bagi kamu, karena pada umumnya perusahaan akan mencari orang yang berpengalaman sesuai dengan basic yang mereka miliki.

Baca juga: Cara Lengkap Membuat CV Ats Friendly Indonesia yang Benar

Cara Pembuatan CV Lamaran Kerja yang Menarik Supaya Bisa Mudah Diterima Kerja

Cara Pembuatan CV Lamaran Kerja yang Menarik Supaya Bisa Mudah Diterima Kerja

Aplikasi apa aja sih yang sering digunakan untuk membuat cv dan apa saja yang dibutuhkan? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat cv, kamu bisa manfaatkan beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat cv yaitu aplikasi editing untuk membuat desain grafis.

Berbagai macam aplikasi yang memiliki berbagai fitur lengkap, untuk jadikan cv kamu menjadi lebih menarik. Sebenarnya yang membedakan cv bukan hanya dari desainnya saja, namun yang paling penting adalah isi dari cv yang kamu buat. karena yang lebih diperhatikan dari desain yang menarik adalah isi yang kompeten, untuk meyakinkan HRD bahwa kamu lah orang yang mereka cari.

1. Aplikasi yang Biasa Digunakan Saat Membuat CV

Pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin membuat cv, adalah memilih aplikasi yang bisa kamu operasikan secara maksimal. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk bantu kamu dalam proses pembuatan cv, agar cv kamu tampil dengan desain yang fresh dan menarik untuk dibaca oleh HRD. berikut aplikasi yang sering digunakan untuk membuat cv :

  1. Microsoft Word – Membuat desain cv yang sederhana dan sangat simpel
  2. Corel Draw – Membuat cv yang lebih menarik bagi yang gemar menggunakan aplikasi ini
  3. Adobe Photoshop – Membuat cv paling menarik dan menjadi aplikasi favorit banyak orang.

Berbagai macam fitur bisa kamu gunakan untuk kamu memperindah tampilan cv, agar terkesan berbeda dari bentuk cv yang lainnya. Terlihat lebih modern dan setidaknya lebih baik dari cv yang dimiliki oleh setiap saingan kamu, saat menyerahkan berkas lamaran kerja.

2. Format CV

Kemudian selanjutnya saat aplikasi telah kamu tentukan, sekarang kamu lanjut untuk menentukan format seperti apa sih untuk membuat cv yang akan kamu gunakan. sebagai feeling kamu untuk meyakinkan kamu bahwa cv kamu sangat menarik untuk dibaca, format cv terbagi menjadi tiga jenis diantaranya.

Kronologi TerbalikFungsiona;Kombinasi
Menampilkan pengalaman kerja terdahulu kemudian baru dilanjutkan dengan pengalaman kerja lalu diikuti dengan pengalaman kerja sebelumnya.menonjolkan bakat dan kemamuan yang di tuliskan dan ditampilkan setelah menjelaskan keterangan data diriFormat yang digunakan untuk menjelaskan pengalaman dan menonjolkan bakan yang kamu miliki dalam satu pembahasan yang kamu lampirkan.

telah disampaikan beberapa format yang sering digunakan oleh para pencari kerja yang umumnya, selalu membuat cv dengan menggunakan format seperti itu. Tidak perlu bingung akan format yang ingin kamu gunakan saat membuat cv, karena format yang digunakan tidak akan melenceng jauh dari ketiga model format yang dijelaskan pada tabel.

Lebih mudah di pahami dan mengutamakan apa yang ingin mereka baca terlebih dahulu, karena contoh cv lamaran kerja yang masuk ke setiap perusahaan tentunya sangatlah banyak.

3. Menentukan Pembahasan yang Dibuat Pada CV

Selanjutnya kamu harus menentukan pembahasan yang lebih menarik, yang akan kamu gunakan saat mengisi tentang cerita pribadi. Namun pembahasan yang kamu lakukan jangan terlalu panjang, karena bisa membuat isi dari cv kamu akan terlihat membingungkan.

pembahasan yang kamu lakukan yaitu gunakan penjelasan yang singkat, namun sangat mudah untuk dipahami. Serta font yang kamu gunakan dapat terbaca dengan jelas, kamu bisa gunakan font yang standar. Menampilkan huruf yang lebih proporsional, agar tidak membuat bingung serta lebih cepat diserap otak melalui mata. apa saja sih data yang perlu kamu tampilkan pada cv, berikut urutannya :

Data yang perlu dimasukkanPenjelasan
Nama lengkapIsi nama lengkap dengan gunakan caps lock
Informasi diripenjelasan singkat tentang gambaran diri kamu
FotoSebaiknya gunakan foto formal
Data diri dan jenjang pendidikanjelaskan secara singkat dan histori pendidikan
Keahliankeahlian yang kamu kuasai sebagai penunjang
Pengalaman kerjaawali pengalaman kamu dari terakhir bekerja

masukkan data yang diperlukan untuk cv melamar kerja kamu dengan teratur dan terlihat rapi, karena semua segi akan dinilai untuk kamu lebih menarik di depan HRD.

4. Simpan Sebagai PDF

Digunakannya file pdf karena lebih mudah untuk digunakan dan tidak dapat diedit dengan mudah ataupun perubahan format secara tiba tiba, seperti yang bisa dilakukan pada format file lainnya. Jika file disimpan dengan menggunakan pdf maka kamu akan lebih merasa aman saat membagikannya ke banyak orang, karena pdf adalah sebuah file jadi yang tidak perlu dilakukan pengeditan lagi.

Baca juga: Template CV Word Indonesia yang Gratis, Tinggal Download1

Bagaimana sudah pahamkah untuk kamu bentuk cv yang akan digunakan, sebagai senjata utama saat memasukkan berkas lamaran kerja. Kamu akan merasa sangat pede saat memasukan ke perusahaan manapun, jika cv yang kamu punya sangat berkompeten.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik & Terbaik Untuk Semua Lulusan (SMA & SMK)

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik & Terbaik Untuk Semua Lulusan (SMA & SMK)

curriculum vitae (cv) yang terbaik adalah yang dibentuk dengan informasi yang jelas dan memiliki isi yang sangat kompeten, akan terasa percuma jika kamu memiliki cv dengan tampilan yang menarik namun isi dari cv yang kamu masukkan sangatlah sederhana.

Kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang, pelamar kerja diseluruh wilayah dan seseorang yang bertalenta lah akan terpilih. Sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan, oleh karena itu sebenarnya yang perlu dibentuk adalah sumber dayanya.

Dari situ akan tercipta sebuah cv yang sangat menarik, tentunya pasti sangat menjadi incaran semua perusahaan.

Itulah yang dapat disampaikan dalam pembahasan contoh CV untuk melamar kerja, kamu juga dapat imak berbagai macam pembahasan lainnya, yang tersedia pada link dibawah ini untuk menambah wawasan kamu.

Baca juga: Materi Konfigurasi Elektron: Pengertian, Jenis, Tabel & Contoh

Artikel Terkait