Template CV Word Indonesia yang Gratis, Tinggal Download1

Arif Rudianto February 13, 2024

Sebagai orang yang memiliki status baru lulus sekolah ataupun kuliah, tentu mencari pekerjaan adalah salah satu prioritas utama. Oleh karena itu, dibutuhkan template CV Word karena merupakan salah satu syarat wajib untuk melamar kerja di perusahaan.

Dengan adanya template ini para fresh graduate yang ini mendaftar kerja tidak kebingungan ketika disuruh membuat CV. Bahkan bisa langsung mengisi data-data yang sudah ditentukan pada CV tersebut dengan format yang sesuai pada setiap perusahaan.

Tentunya CV ini juga menjadi salah satu syarat paling utama dan sangat penting bagi setiap orang yang ingin melamar pekerjaan. Terlebih, isi dari CV ini juga sangat banyak meliputi data-data pribadi beserta riwayat dari setiap yang membuat CV tersebut.

Oleh karena itu, CV harus sesuai dengan format setiap perusahaan, atau paling tidak CV yang dibuat harus sesuai dengan format pada umumnya. Sehingga untuk membuat syarat tersebut tidak boleh sembarangan dan perlu benar-benar diperhatikan.

Nah, pada artikel ini kami telah memberikan penjelasan lengkap mengenai CV beserta contoh template sesuai format pada umumnya. Bagi pembaca yang membutuhkan pembahasan beserta templatenya, maka mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Sekilas Mengenai Template CV Word

CV atau Curriculum Vitae adalah berkas wajib yang harus dilampirkan saat melamar sebuah pekerjaan. Dokumen CV ini biasanya berisi gambaran atau profil seorang pencari kerja secara detail yang diberikan kepada seorang HR atau Interviewer.

Selain itu, dokumen syarat melamar pekerjaan ini juga berisikan informasi data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, serta prestasi yang dimiliki. Bahkan CV juga dapat ditambahkan informasi seperti sertifikat pelatihan dan lain-lainnya.

Tentunya semua data-data tersebut dibutuhkan perusahaan untuk keperluan akademis lainnya. Oleh karena itu, data-data yang berada dalam CV harus disusun secara terstruktur agar mudah dibaca dan dipahami oleh pihak yang memeriksa CV.

Dengan adanya CV ini, seorang pemeriksa CV atau yang disebut dengan HR dapat mengetahui detail seseorang melalui informasi diri yang telah diberikan serta memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan atau dari spesifikasinya.

Maka dari itu, CV menjadi hal penting dan menjadi dokumen yang berpengaruh terhadap hasil tes lamaran pekerjaan seseorang. Sehingga seperti yang sudah dikatakan bahwa dokumen ini harus benar-benar diperhatikan dan dipahami sebelum dibuat.

Jangan sampai, hanya karena salah ketik pada dokumen akan membuat seseorang gagal mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, template CV Word sesuai format juga sangat penting untuk dimiliki. Lantas, bagaimana format pembuatan CV tersebut?

Baca Juga : Tabel Gaji PNS Perbulan Terbaru 2023 Beserta Tunjangan

Inilah Isi dan Format Template CV Word Agar Bisa Terlihat Menarik

Inilah Isi dan Format Template CV Word

Sebagai seorang fresh graduate tentunya dokumen seperti ini masih sangat tabu untuk diketahui. Sebab sangat jarang sekali pengetahuan mengenai format CV ini dipelajari di sekolah-sekolah maupun lembaga pendidikan yang lebih tinggi lainnya.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai dokumen syarat melamar pekerjaan ini harus sering-sering digali lebih dalam oleh masing-masing individu. Karena tanpa mencari tahu sendiri, mungkin pelamar kerja akan sangat kebingungan ketika menghadapi ini.

Seperti yang sedang para pembaca lakukan dengan menyimak artikel ini untuk mengetahui pembahasan mengenai format dari dokumen CV umum. Tentunya kegiatan seperti ini harus selalu dilakukan dan dengan mencari lebih dari satu referensi format.

Dengan begitu, setiap format yang ditemukan bisa dibandingkan atau bahkan bisa dikombinasikan agar mendapatkan format template CV Word terbaik. Nah, berikut ini kami telah memberikan isi dan format terbaik untuk mengisi dokumen CV lamaran.

  1. Data pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon aktif, dan alamat email.
  2. Latar belakang pendidikan seperti almamater dan gelar.
  3. Pengalaman profesional seperti posisi yang pernah ditempati, durasi kerja, job desc, dan lain-lainnya.
  4. Keterampilan yang dimiliki, sesuai dengan posisi yang dilamar.

Namun pada saat ini CV tidak cukup dengan hanya mencantumkan data-data tersebut. Tetapi, tampilan atau desain CV yang eye catching tanpa meninggalkan kelengkapan data juga menjadi bahan pertimbangan dari pihak pemeriksa CV atau seorang HR.

Baca Juga : Rincian Lengkap Gaji Dosen Swasta dan Negeri Tahun 2023

Begini Tips Memilih dan Menggunakan Template CV Word

Begini Tips Memilih dan Menggunakan Template CV Word

Selain format yang perlu diperhatikan dalam memilih template CV Word, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan guna menjadikan dokumen syarat lamaran pekerjaan yang dimiliki benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Terlebih, dengan memperhatikan secara detail setiap template yang tersedia maka pelamar bisa memenuhi syarat dokumen penting tersebut. Ini dikarenakan setiap situs yang menyediakan templatenya tentu banyak memiliki perbedaan mendasar.

Maka dari itu, pada artikel ini kami telah merangkum beberapa tips yang perlu dilakukan ketika mendapatkan banyak referensi template CV di berbagai media. Dengan melakukan beberapa tips ini, maka hasil CV pembaca akan sesuai dengan format umum.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih dan menggunakan template CV yang sesuai dengan format umum dan bisa diterima oleh setiap perusahaan yang membuka lamaran pekerjaan.

  • Menentukan Jenis Curriculum Vitae (CV)
    CV sendiri memiliki beberapa model seperti biasanya jika melamar profesi accounting dan administrasi sekretaris menggunakan ATS Friendly. Sementara pekerjaan industri kreatif, bisa menggunakan CV Creative maupun ATS Friendly.
  • Membuat Konsep CV
    Menentukan konsep CV ini akan membantu menyusun informasi pribadi dan ketika mendesain tampilan CV. Konsep ini nantinya berfungsi untuk melihat apakah CV sudah baik atau belum. Jadi bisa dapat direvisi sebelum interview.
  • Memasukkan Informasi Penting
    Informasi penting dalam CV adalah hal yang harus diutamakan disamping desain yang menarik. Sebab tampilan CV hanya sebagai nilai tambahan saja, sedangkan informasi penting mengenai data pribadi merupakan poin prioritas.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memilih dan menggunakan template CV yang beredar di berbagai situs. Dengan mengikuti tips yang kami berikan, tentu CV pembaca akan diterima dengan baik oleh pihak perusahaan khususnya HRD.

Baca Juga : Cara Membuat Berkas Lamaran Kerja Beserta Susunannya

Berikut Kumpulan Template CV Word Indonesia Terbaik & Gratis Tahun 2023

Berikut Kumpulan Template CV Word Terbaik Tahun 2023

Tentunya pembahasan mengenai kumpulan template CV Word ini merupakan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian para pembaca. Sebab template ini bisa dijadikan salah satu referensi terbaik yang bisa digunakan oleh masing-masing pelamar kerja.

Terlebih, kami template yang akan kami berikan juga memiliki format pada umumnya yang bisa diterima oleh setiap perusahaan. Bisa dibilang format template yang kami berikan adalah yang terbaik karena telah mengikuti syarat format dan tips-tips di atas.

Tentu dengan mengikuti format template yang kami berikan, maka para pembaca yang juga seorang pelamar pekerjaan berpotensi diterima sesuai dengan yang diinginkan. Namun tentu didukung dengan para pelamar sendiri ketika di interview.

Nah, pada artikel ini kami telah menyediakan beberapa link khusus untuk mengunduh beberapa template CV dalam bentuk Word tersebut. Tanpa berlama-lama lagi berikut ini beberapa kumpulan template yang kami berikan dalam tautan link khusus.

Template CV Word 1Klik Disini
Template CV Word 2Klik Disini
Template CV Word 3Klik Disini
Template CV Word 4Klik Disini
Template CV Word 5Klik Disini

Artikel Terkait