Download Video Youtube Shorts Ke Galeri Baik Dari HP & Laptop

Arif Rudianto February 12, 2024

Youtube adalah sebuah platform pencarian video yang sudah sangat populer dan telah digunakan di seluruh dunia. Aplikasi Youtube ini memiliki fitur baru yaitu shorts video yang sangat menarik dan juga bisa di download layaknya video biasa.

Fitur ini sendiri terbilang cukup baru karena mengikuti perkembangan dari media-media sosial yang juga memiliki fitur serupa. Dimana fitur ini hanya bisa berisi video dalam durasi yang terbatas, sehingga cocok untuk menemani waktu luang.

Dengan adanya konten video berdurasi pendek ini juga membuat pengguna smartphone bisa mendapatkan informasi secara singkat dan padat. Sehingga untuk mendapatkan informasi tidak harus menyimak video dalam durasi yang terlalu lama.

Selain itu, adanya fitur ini juga cukup baik untuk memberikan hiburan kepada penikmatnya. Sebab fitur menyediakan video-video pendek secara random yang tentu tidak akan membosankan untuk disaksikan sekaligus menikmati setiap hiburan pada aplikasi.

Pada artikel ini kami sudah menyiapkan pembahasan lengkap mengenai Youtube Shorts ini. Jadi bagi pembaca yang merasa penasaran maka kami sarankan untuk menyimak pembahasan demi pembahasan pada artikel ini hingga selesai.

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Apa Itu Youtube Shorts

Mengenal Lebih Lanjut Apa Itu Youtube Shorts

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Youtube Shorts adalah platform berbagai video berdurasi pendek. Dimana platform ini menampung banyak konten pengguna seperti layanan Youtube, namun dengan durasi video maksimal 60 detik.

Fitur unik dari Youtube ini sendiri di pertama kali diperkenalkan pada September 2020 yang kemudian menyebar ke 26 negara. Untuk di Indonesia, fitur ini dirilis resmi pada Jumat, 23 Juli 2021 yang sudah langsung ramai digunakan oleh para penggunanya.

Fitur ini juga disebut-sebut bisa menghasilkan uang bagi para konten kreatornya. Dimana para kreator harus memenuhi syarat yaitu harus memiliki setidaknya 10 juta penayangan shorts dalam waktu 90 hari atau memiliki setidaknya 1.000 pengikut.

Selain itu, keotentikan video juga sangat diperhatikan, bahkan jika klip video yang mengambil dari acara TV ataupun mengupload ulang video dari kreator lain tidak akan memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui aplikasi ini.

Oleh karena itu, video benar-benar harus di edit dan lebih baik jika mengupload konten video yang dibuat sendiri. Sehingga nantinya melalui video Youtube shorts ini akan menarik untuk ditonton bahkan di download oleh para pengguna lainnya.

Namun para pengguna non kreator mungkin bertanya mengenai bagaimana cara untuk mengunduh video dari Youtube shorts sebagai penikmat konten hiburannya? Untuk mengetahui jawabannya, maka mari kita terus menyimak aritkel ini hingga selesai.

Baca Juga : 8 Cara Download Video IG yang Di Privasi Tanpa Aplikasi (HD)

Begini Cara Mudah Download Video Dari Youtube Shorts Agar Langsung Ke Galeri

Begini Cara Mudah Download Video Dari Youtube Shorts

Kembali pada pembahasan topik utama tentang bagaimana cara mengunduh video dari Youtube Shorts yang memang sangat menarik untuk dikoleksi. Tentu ada beberapa alasan seseorang ingin mengunduh video Shorts pada aplikasi Youtube.

Dimana biasanya ada beberapa informasi yang memang perlu disimpan untuk diingat atau bahkan beberapa video menarik yang ingin di upload ulang pada media sosial lain. Tak jarang pula seseorang ingin mengunduh dengan alasan ingin menyimpannya.

Sebenarnya untuk mengunduh video Youtube Shorts ini caranya cukup mudah dan tidak akan merepotkan para penggunanya. Dimana ada beberapa platform yang menyediakan pengunduhan khusus untuk video-video Youtube baik yang biasa atau shorts.

Bahkan kini ada beberapa platform yang menyediakan pengunduhan untuk video dari berbagai media sosial. Sehingga akan memudahkan pengguna media sosial untuk mengunduh video apapun dengan menggunakan satu alat unduhan spesial saja.

Sebenarnya ada beberapa alat yang bisa melakukan hal tersebut, misalnya saja dengan aplikasi maupun menggunakan situs penyedia yang memang sangat mudah diakses. Nah, berikut ini cara mengunduh melalui situs penyedia unduhannya.

  1. Langkah pertama, carilah video Youtube Shorts yang ingin di download.
  2. Setelah itu, klik tombol ikon Bagikan, lalu pilih opsi Salin Tautan.
  3. Kemudian, buka browser lalu ketik Youtube Shorts Downloader.
  4. Pilihlah salah satu situs penyedia unduhan favorit atau yang paling atas.
  5. Setelah masuk pada situs pengunduhan, Tempelkan Tautan video pada kolom yang sudah disediakan.
  6. Apabila terdapat pilihan resolusi, pilih resolusi yang diinginkan.
  7. Selanjutnya, klik tombol Download Video.
  8. Maka video akan di download lalu tersimpan pada memori ponsel.

Perlu diketahui bahwa untuk setiap situs khusus pengunduhan video dari media sosial khususnya Youtube memiliki kesamaan cara untuk mengaksesnya. Oleh karena itu, pengguna hanya perlu menyesuaikan cara pengunduhan dengan situs yang berbeda.

Baca Juga : Cara Download Video YouTube di HP dan PC Secara Online

Berikut Ini Beberapa Kelebihan yang Dimiliki Youtube Shorts

Berikut Ini Beberapa Kelebihan yang Dimiliki Youtube Shorts

Fitur dari Youtube Shorts yang menampilkan berbagai video dengan durasi pendek ini tentunya terinspirasi pada aplikasi media sosial lain. Misalnya saja TikTok yang memang menjadi inspirasi para developer media sosial untuk membuat fitur seperti ini.

Namun media sosial lain yang menerapkan fitur serupa tidak kalah ramai digunakan oleh pengguna smartphone. Bahkan ada beberapa fitur yang memang memiliki kemiripan dengan TikTok dan memudahkan para penggunanya untuk melakukan sesuatu.

Youtube Shorts sendiri sudah sering digunakan oleh para konten kreator Youtube untuk mengunggah beberapa trailer video yang akan di upload. Selain itu, ada banyak juga konten lain yang memang sangat menarik untuk dijadikan sebagai hiburan.

Fitur pada aplikasi Youtube ini juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu pilihan utama bagi sebagian orang. Lantas, apa sajakah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Youtube Shorts? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

1. Video Search Engine

Belum banyak yang mengetahui bahwa Youtube Shorts ini merupakan fitur video search engine yang mana video di dalamnya bisa di unduh atau di download. Melalui fitur ini, pengguna Youtube bisa mencari berbagai video menarik yang diinginkan.

Hal ini sama seperti yang disediakan oleh TikTok dengan memberikan search engine terhadap berbagai video yang ingin dicari. Bahkan juga akan mempengaruhi algoritma Youtube terhadap konten-konten yang akan muncul setelah video tersebut dicari.

Untuk bisa mudah dicari oleh pengguna lain, seorang konten kreator juga perlu memberikan gambaran serta keterangan yang jelas mengenai konten yang diunggah. Atau juga bisa menambahkan tagar agar lebih mudah dicari oleh para pengguna lain.

Baca Juga : Kumpulan Link Grup WA Video Viral TikTok Terbaru 2023

2. Content Library

Content library adalah sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan video-video lama. Dimana fitur ini sendiri sudah banyak dihilangkan oleh beberapa media sosial, sehingga membuat penggunanya kesulitan mencari video-video lama.

Cara kerja fitur ini yaitu dengan menambahkan secara otomatis video Youtube Shorts ke channel library. Dengan begitu, ketika ingin melihat konten video yang mungkin sudah sulit ditemukan, maka bisa membuka menu channel atau channel library.

Selain itu, fitur ini juga dapat bertindak sebagai cara cepat untuk meningkatkan angka views channel karena disimpan di samping video-video yang berdurasi panjang lainnya. Sehingga fitur ini tentunya fitur ini sangatlah menguntungkan bagi semua pihak.

Artikel Terkait