Cara Cek Info GTK 2024 Melalui SIM PKB dan SSO Dapodik

Cahaya Bintang April 5, 2024

Bagi guru yang ingin segera mengecek validasi data dapodik dapat langsung mencari tahu tentang cara cek info GTK melalui website khusus yang telah disediakan oleh Kemendikbud.

Info GTK ini sangat bermanfaat bagi para guru yang ingin melihat hasil validasi data yang telah diinput dan dimasukkan ke dalam data di Dapodik. Karena guru dan tenaga kependidikan sangat paham dengan informasi GTK ini.

Saat ini pemerintah sedang mengeluarkan berbagai opsi untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar. Setiap guru dan tenaga kependidikan wajib memasukkan data diri ke dalam aplikasi Dapodik.

Pendataan ini dilakukan untuk berbagai tujuan dan juga manfaat. Nah, bagi guru dan tenaga kependidikan yang belum melihat hasil pengecekan apakah info GTK valid atau tidak. Sekarang sudah bisa langsung cek info GTK online dengan mudah dan cepat tanpa memakan waktu lama.

Apa Itu GTK?

Info GTK adalah informasi elektronik bagi pendidik yang telah memperoleh sertifikasi guru. Dari sana kamu bisa mengecek apakah SKTP sudah muncul atau belum. Secara rinci, info GTK adalah data individu guru dan tenaga kependidikan yang ditulis dan dicatat dalam layanan Dapodik. Guru dan tenaga kependidikan yang telah memiliki sertifikasi akan mendapatkan sertifikasi tambahan.

Kompensasi tersebut berupa tunjangan profesi yang dapat dicairkan pada saat mulai berlaku. Jika tunjangan belum diterapkan, maka hal itu tidak dapat dicairkan. Dalam info GTK, guru dapat mengecek apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak terkait dengan beasiswa yang tidak valid.

Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengawasi GTK itu sendiri. Nah, ada 2 semester di tunjangan SK profesi. Yang pertama adalah tahap satu dari Juli hingga Desember.

Kemudian yang kedua adalah dari bulan Januari hingga Juni, sehingga setiap GTK akan diupdate secara berkala setiap semesternya.

Cek Info GTK ada pada website yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyediakan informasi dari para guru tentang data yang mereka masukkan sebelumnya di Dapodik.

Info GTK ini mungkin merupakan hal baru bagi para guru karena ini juga merupakan opsi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk memudahkan proses pendataan dan juga hal-hal yang berkaitan dengan tenaga pengajar dan guru.

Baca juga: Pengertian Bisnis dan Tujuan Beserta Jenis Menurut Para Ahli

Sekilas Fungsi Dari di Adakannya GTK Oleh Pemerintah Republik Indonesia

Sekilas Fungsi Dari di Adakannya GTK Oleh Pemerintah Republik Indonesia

Adapun fungsi dari adanya GTK ini sendiri yang bisa memudahkan para guru untuk proses pendataan dan juga hal-hal lainnya yang berkaitan dengan tenaga pengajar dan guru di Indonesia. Beriut fungsi dari GTK :

1. Pemantauan Keabsahan Data

Validitas data merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pencairan tunjangan profesi guru. Kamu bisa mendapatkan tunjangan profesi guru dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang sudah tertera.

Sehingga jika tidak valid, guru dapat meminta bantuan operator sekolah untuk melakukan penanganan tersebut.

2. Unduh Pembaruan Kebijakan atau Informasi GTK

Dalam GTK terdapat berbagai informasi dan kebijakan terkait yang penting bagi guru yang bersangkutan. Biasanya seperti surat edaran dari Ditjen GTK, UU Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah, dan sebagainya.

3. Pemantauan Hasil Dapodik

Guru dapat menggabungkan data terkait Dapodik dengan membuka info GTK. Jika ada kesalahan, maka kamu dapat meminta bantuan operator sekolah untuk melakukan pengaturan.

Berikut Cara Cek Info GTK 2023 Melalui Dapodik & Kemdikbud.co.id Online

Berikut Cara Cek Info GTK 2023 Melalui Dapodik & Kemdikbud.co.id Online

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk pengecekan info GTK ini. ada beberapa website yang sulit dibuka untuk melakukan nya tapi kamu tidak perlu khawair karena pihak pemerintah sudah menyiapkan alternatifnya yaitu dengan menggunakan website lainnya yang sudah disediakan juga oleh Kemendikbud.

Berikut beberapa cara cek info GTK melalui website-website yang tersedia.

1. Melalui Halaman Info GTK

Langkah mudah dalam memproses cara cek info GTK adalah melalui laman Kemdikbud langsung. Cara pengecekan ini bisa menggunakan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengecek info GTK dengan NUPTK.

  1. Silahkan akses website resmi GTK Kemendikbud info.gtk.kemendikbud.go.id;
  2. Setelah muncul halaman tersebut, silahkan pilih menu Direct Login to GTK. Nanti bisa dibawa langsung ke halaman yang bisa bantu isi akun PTK dan pastikan juga masukan password.
  3. Jangan lupa untuk mengisi captcha dan akan mengecek info GTK semester berapa;
  4. Selanjutnya, login di bagian bawah, dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  5. Jika pada langkah ini masih tidak bisa muncul, maka bisa menggunakan cara lain.

2. Cek GTK Melalui SIM PKB

Kamu dapat mengecek info GTK melalui laman SIM PKB. Yaitu aplikasi yang menyediakan menu untuk mengecek info GTK. Jika ingin menggunakannya bisa langsung ke halaman link https://simpkb.id/.

  1. Tunggu halaman dasbor muncul dan masuk menggunakan nama pengguna atau kata sandi kamu. Cari nomor UKG dan gunakan tanggal lahir untuk masuk.
  2. Jika muncul halaman berupa tampilan homepage pada aplikasi SIM PKB, kamu bisa klik menu info GTK dan langsung masuk ke website info.gtk.kemendikbud.
  3. Langkah selanjutnya login menggunakan akun PTK dan password PTK dari Dapodik. Setelah klik login, tunggu beberapa saat, akan muncul tampilan informasi yang tersedia.
  4. Proses pengecekan menggunakan SIM PKB, syaratnya daftar akun GTK terlebih dahulu. Setelah mendaftar, kamu hanya dapat membuka SIM PKB.

3. Melalui Laman Datadik

Langkah selanjutnya adalah membuka halaman GTK melalui halaman Datadik yang hanya bisa diakses oleh operator sekolah. Cocok untuk guru yang bingung mengakses info GTK. Nantinya tentu akan lebih mudah karena adanya pendampingan dari operator.

Untuk cara cek info GTK melalui laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id.

4. Cara Cek Info GTK Menggunakan SSO

Seringkali masalah bagi guru adalah GTK error dan sulit dibuka. Untuk dapat menggunakan langkah alternatif lain seperti melalui SSO PTK Dapodik, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik halaman URL https://sso.datadik.kemdikbud.go.id.
  2. Kemudian login ke akun Dapodik, dengan mengisi username dan password;
  3. Lakukan login dan tugas;
  4. Tunggu proses autentikasi selesai, dan data PTK akan langsung muncul;
  5. Kemudian silahkan masuk ke akun PTK anda dan klik tab biodata, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan;
  6. Pada bagian bawah Identitas PTK pada menu Info GTK, anda dapat mengklik submenu Buka Info GTK. Proses ini memakan waktu cukup lama untuk memunculkan tab dengan sempurna;
  7. Jika kemungkinan aksesnya masih sulit, jangan putus asa. Kamu dapat mencoba lagi. Waktu yang tepat untuk melakukan akses juga perlu diperhatikan agar bisa lebih cepat, seperti pada malam hari atau tidak pada jam sibuk.

Beberapa Alasan yang Membuat Info GTK Terkadang Tidak Dapat Ditemukan

Beberapa Alasan yang Membuat Info GTK Terkadang Tidak Dapat Ditemukan

Berbagai masalah yang sering dialami oleh guru dan tenaga kependidikan adalah pada saat pengecekan username dan password. Biasanya ada notifikasi bahwa password dan username tidak bisa ditemukan. Berikut hal-hal yang harus di perhatikan :

1. Adanya Perubahan Password Pada akun PTK

Seringkali guru baru saja mengganti kata sandinya dan itu bisa terjadi jika perubahan itu belum dimasukkan di server. Artinya belum ada update langsung setelah mengganti password.
Jika kamu menemui masalah seperti ini, kamu bisa bertanya kepada operator yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

2. Sinkronisasi Data Belum Diperbarui

Proses pengiriman data setelah operator melakukan sinkronisasi, dikirim ke server Dapodik pusat. Kemudian pusat Dapodik mengirimkannya kembali ke server.

Manfaat yang Kamu Bisa Di Dapat Jika Selalu Cek Info GTK Bagi Guru dan Pendidik

Manfaat yang Kamu Bisa Di Dapat Jika Selalu Cek Info GTK Bagi Guru dan Pendidik

Sebagai informasi tambahan untuk kamu mengenai Info GTK. Kami juga akan menjelaskan manfaat apa saja yang akan diterima dari data informasi elektronik ini. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari info GTK ini yang juga menjadi tujuan dari pemerintah.

Mungkin masih banyak guru dan tenaga kependidikan yang belum mengetahui manfaat dari informasi GTK ini. Untuk itu, pembahasan kali ini mungkin cukup membantu kamu. Agar lebih mengetahui manfaat dan kelebihan dari info GTK ini. Berikut manfaat informasi GTK yang dapat diperoleh oleh guru dan tenaga kependidikan.

  • Staf pengajar dapat melihat data dari entri yang sudah masuk dapodik sebelumnya secara online dan dapat diakses kapan saja.
  • Jika muncul error di Info GTK, mereka masih bisa memperbaikinya melalui aplikasi Dapodik lalu mengeceknya kembali.
  • Guru dan tenaga kependidikan dapat melihat dan juga mengecek berbagai surat tunjangan penerima lainnya dengan mudah.
  • Semua informasi terkait kebijakan guru, tenaga kependidikan, sertifikasi, dan tujuan lainnya dapat dipantau melalui info GTK ini.
  • Seluruh guru dan tenaga kependidikan yang datanya sudah masuk ke Dapodik dapat mengecek informasi GTK melalui laman website yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

Itulah manfaat yang akan dirasakan dan juga diterima oleh para guru dan tenaga pengajar lainnya dari info GTK ini.

Artikel Terkait