Sistem Pencernaan Manusia, Berikut Fungsi & Cara Menjaganya

Cahaya Bintang March 1, 2024

Sistem pencernaan manusia adalah suatu sistem yang terdiri dari organ – organ yang berfungsi untuk mencerna makanan, mengeluarkan sisa – sisa metabolisme, dan menyerap nutrisi. Pada sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan yang dapat membantu dalam proses pencernaan.

Makan dan minum dapat  di proses menjadi sebuah energi sangat ketergantungan dengan proses pencernaan manusia. Sementara itu, di karenakan tubuh kita yang akan menyerap hasil dari perbaikan dan pertumbuhan sel untuk kelangsungan hidup manusia.

Terdapat pula solusi yang biasa di pakai pada kalangan masyarakat salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan misalnya, jangan makan terburu – buru Karena dapat menyebabkan dan  membuat kita sulit mencerna makanan dan mengalami masalah pencernaan.

Lebih baik mengunyah makanan secara perlahan dan menghindari makanan seperti kacang – kacangan yang mengandung protein dan lemak yang berat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang sistem pencernaan manusia. Yuk, simak langsung informasi selengkapnya berikut ini !

Struktur Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia

Khususnya organ sangat berfungi penting bagi sistem pencernaan. Maka dari itu silahkan pahami penjelasan lengkap yang kami sajikan secara informative.  Berikut kami sajikan informasi yang dapat kamu simak sampai tuntas mengenai penjelasan organ pada system pencernaan manusia.

Baca juga: Pengertian Teks Drama: Ciri-Ciri, Unsur dan Strukturnya

1. Mulut dan Gigi

Proses pencernaan di mulai di mulut. Sistem pada gigi dan lidah berguna dan memiliki peran untuk membantu menghancurkan makanan. Gigi belakang di sebut molars, yang memiliki peran guna mengunyah makanan yang lebih besar. Gigi depan di sebut incisors, yang di gunakan untuk memotong makanan.

2. Kerongkongan

Setelah makanan di hancurkan di mulut, makanan kemudian melewati kerongkongan, suatu saluran otot yang menghubungkan mulut dengan perut.

3. Perut

Di perut, makanan dicerna lebih lanjut oleh asam lambung dan enzim pencernaan. Enzim pencernaan adalah zat kimia yang membantu mengurai makanan menjadi nutrisi yang dapat dicserap oleh tubuh. Perut juga memiliki otot yang membantu mencampur makanan dan asam lambung untuk membentuk bubur.

4. Usus Halus

Setelah makanan diccerna di perut, makanan masuk ke usus halus, yaitu organ terpanjang dalam sistem pencernaan manusia. Di usus halus, makanan dicerna lebih lanjut oleh enzim pencernaan dari pankreas dan empedu dari hati. Nutrisi yang dihasilkan dari proses pencernaan ini diserap oleh dinding usus halus dan masuk ke dalam pembuluh darah untuk dibawa ke seluruh tubuh.

5. Usus Besar

Sesudah makanan melewati usus halus, sisa – sisa makanan kemudian masuk ke usus besar. Di sini, air dan nutrisi yang tersisa diserap kembali ke dalam tubuh, sementara sisa – sisa makanan di ubah menjadi feses.

6. Anus

Akhir dari saluran pencernaan adalah anus. Feses kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui proses defekasi.

Selain organ utama di atas, ada juga kelenjar pencernaan yang membantu dalam proses pencernaan. Kelenjar pencernaan, seperti pankreas, hati, dan kelenjar ludah, mengeluarkan enzim dan cairan yang membantu mencerna makanan.

Pada sistem pencernaan juga di pengaruhi oleh sistem saraf. Sistem saraf dapat mempengaruhi sekresi cairan pencernaan, gerakan saluran pencernaan, dan peristaltik, yaitu gerakan otot yang membantu mendorong makanan melalui saluran pencernaan.

Baca juga: Link Tdomino Boxiangyx Alat Mitra Download Apk (Login + Daftar)

Proses pencernaan juga di pengaruhi oleh hormon. Hormon, seperti gastrin dan sekretin, membantu mengatur pengeluaran asam lambung dan enzim pencernaan.

Apa Saja Dampak Disaat Sistem Pencernaan Mengalami Gangguan?

Apa Saja Dampak Disaat Sistem Pencernaan Mengalami Gangguan?

Jika sistem pencernaan mengalami gangguan, maka proses pencernaan dapat terganggu, dan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan manusia adalah :

  • Gangguan Gastrointestinal Sebuah kondisi yang disebabkan oleh gangguan dalam sistem pencernaan. Beberapa contoh gangguan gastrointestinal adalah gastritis, ulkus peptikum, gastroenteritis, dan irritable bowel syndrome (IBS).
  • Infeksi : Saluran Pencernaan Infeksi saluran pencernaan dapat terjadi karena bakteri, atau parasit. Infeksi ini dapat menyebabkan diare, muntah, dan demam.
  • Batu Empedu ; Batu empedu adalah massa padat yang terbentuk dalam kantung empedu. Batu empedu ini dapat menghalangi saluran empedu, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan pencernaan.
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) : Penyakit GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menimbulkan rasa sakit dan perih di dada. Kondisi ini dapat menyebabkan luka dan peradangan pada kerongkongan.
  • Kanker Pencernaan : Penyakit ini juga dapat terjadi di berbagai organ dalam sistem pencernaan, seperti esofagus, perut, usus besar, dan rektum.

Berikut Tips Untuk Jaga Kesehatan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Berikut Tips Untuk Jaga Kesehatan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah hal yang sangat penting. Jika tidak peduli dengan kesehatan pencernaan yang miliki, maka akan sangat merugikan bahkan untuk kesehatan pada pencernaan tersebut. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.

  • Makan makanan yang sehat dan seimbang

Penting untuk memperhatikan jenis dan kualitas makanan yang kita konsumsi setiap hari. Makanan sehat dan seimbang dapat membantu mempertahankan fungsi pencernaan yang optimal. Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari makanan yang terlalu tinggi lemak, gula dan garam.

  • Minum cukup air

Air sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Air membantu mempertahankan kelembaban di dalam tubuh, memfasilitasi proses pencernaan dan membantu membuang racun dari tubuh. Dianjurkan untuk minum sekitar 8 gelas air setiap hari.

  • Hindari makan terlalu banyak

Kalaumakan secara banyak dalam satu waktu dapat memberikan tekanan berlebih pada sistem pencernaan. Lebih baik memakan beberapa kali dalam sehari dengan porsi kecil agar sistem pencernaan dapat memproses makanan secara efektif.

  • Konsumsi probiotik dan prebiotik

Probiotik dan prebiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba di dalam saluran pencernaan. Probiotik adalah bakteri “baik” yang hidup di dalam saluran pencernaan dan dapat membantu mencegah infeksi dan masalah pencernaan. Prebiotik adalah serat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan probiotik dan membantu menjaga keseimbangan di dalam saluran pencernaan.

  • Olahraga

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu mengatur berat badan yang sehat.

  • Hindari stress

Stress dapat mempengaruhi sistem pencernaan, memperlambat peristaltik, dan dapat meningkatkan gangguan pencernaan. Hindari stress dengan mengelola waktu dan pekerjaan dengan baik, beristirahat yang cukup, dan melakukan aktivitas relaksasi.

Hal yang Perlu Di Hindari Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Manusia

Kesimpulannya, menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia melibatkan pola makan yang sehat, minum air yang cukup, dan gaya hidup yang sehat. Dalam rangka menjaga kesehatan sistem pencernaan, kita juga harus menghindari merokok dan minum alkohol berlebihan.

Sampai juga pada penghujung artikel, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan system pencernaan dan bijak dalam memilih makanan serta mengkonsumsi minuman.

Baca juga: Kode Bank BSI (Syariah) 2023 Untuk Kebutuhan Transfer

Artikel Terkait