Urutan Zodiak Berdasarkan Bulan dan Ramalan Bintang 2023

Cahaya Bintang September 14, 2023

Prinsip astrologi paling mendasar yang populer di masyarakat berpusat pada zodiak. Yuk, kenali mulai dari urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir yang benar hingga ramalan bintang terbaru 2023.

Zodiak adalah satu set dari 12 tanda atau rasi bintang yang mewakili bulan-bulan dalam satu tahun. Setiap zodiak diidentifikasi oleh bintang-bintang yang membentuk pola di langit.

Dalam astrologi, zodiak memiliki hubungan dengan keberuntungan, kepribadian, dan karakter seseorang. Dalam artikel ini, kita akan membahas urutan zodiak berdasarkan bulan kelahiran.

Apa itu Zodiak?

apa itu zodiak

Menurut astrologi, Zodiak adalah gugus bintang yang dianggap memiliki pengaruh pada karakter dan kepribadian seseorang. Sedangkan menurut KBBI, Zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi 12 tanda.

12 tanda perbintangan tersebut masing-masing melambangkan periode waktu kurang lebih satu bulan. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa urutan dalam perbintangan Zodiak tidak sama dengan hitungan bulan dalam kalender Masehi maupun Hijriah.

Sementara di wilayah Barat, tanda Zodiak pertama kali dihitung berdasarkan peralihan musim semi di wilayah belahan Utara. Peralihan musim semi itu sendiri biasanya terjadi pada tahun masehi yang sekitar tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

Dari sejarahnya sendiri, Zodiak berasal dari zaman Babilonia dan pada saat itu, Zodiak sangat berkaitan dengan pembahasan-pembahasan mengenai astronomi. Namun sekarang hanya dianggap sebagai pseudosains oleh sebagian besar orang.

Meskipun begitu, simbol-simbol dari Zodiak ini sendiri masih sering dipakai di berbagai budaya Barat dan budaya-budaya lainnya. Bahkan Zodiak hingga kini masih tetap menarik dan memiliki banyak peminatnya di seluruh dunia mengenai filosofinya.

Yap, Zodiak memang memiliki simbol dan cerita yang berbeda-beda sesuai filosofinya. Pada umumnya, nama dan lambang zodiak dikaitkan dengan hewan tertentu yang sesuai dengan arti Zodiak dari bahasa asing yaitu zodiacus yang berarti lingkaran hewan.

Urutan Zodiak Berdasarkan Bulan dan Tanggal Lahir

Urutan Zodiak

Urutan Zodiak yang kita ketahui pada saat ini sebenarnya terdiri dari empat elemen yang dipercayai memainkan peran penting dalam kepribadian seseorang. Keempat elemen penting dalam Zodiak tersebut terdiri dari udara, tanah, api, dan juga air.

Konsep empat elemen ini sendiri pertama kali dikenalkan oleh filsuf Yunani kuni, Empedocles pada abad kelima sebelum Masehi. Menurutnya, alam semesta terdiri dari dua kekuatan yang saling berlawanan yang dikenal sebagai cinta dan permusuhan.

Dua kekuatan yang saling berlawanan ini mempengaruhi kekuasaan atas empat elemen penting tersebut. Dalam kombinasi yang berbeda-beda, elemen-elemen tersebut dapat menjelaskan esensi alam dan benda-benda yang ada di dunia kita.

Selain empat elemen tersebut, setiap tanda zodiak juga memiliki modalitas yang terkait. Dimana Modalitas ini merupakan cara dasar bagaimana suatu tanda mengekspresikan dirinya. Modalitas Zodiak ini disebut dengan nama quadruplicity.

Dimana quadruplicity ini memiliki arti yaitu empat tanda zodiak ditugaskan untuk setiap modalitas. Meskipun tanda-tanda dalam kelompok yang sama memiliki kualitas ini yang serupa, namun masing-masing zodiak tetap mempertahankan karakteristik unik.

Modalitas zodiak yang dimaksud adalah Cardinal, Fixed, dan Mutable yang berkaitan dengan empat elemen yang telah dijelaskan. Lantas, bagaimana dengan urutan Zodiak yang tepat? Berikut ini kami telah merangkum penjelasan secara singkat dan padat.

1. Aries (21 Maret – 19 April)

Urutan zodiak pertama ini adalah Aries yang menjadikannya sebagai perwakilan dari inisiatif. Aries adalah sosok yang selalu ingin berada satu langkah di depan dan mengajak orang lain untuk mengikuti jejaknya untuk mencari hal-hal baru.

Bahkan Aries dianggap sebagai salah satu tanda zodiak yang dapat diandalkan dalam seluruh roda. Namun tetap saja, Aries memiliki sisi negatifnya seperti impulsif, egois, dan tidak sabar terhadap orang-orang yang tidak dapat mengikuti kecepatannya.

Dari sisi percintaan, Aries sangat cocok dan akan menjadi pasangan yang sempurna bersama Taurus. Aries sendiri merupakan zodiak yang jujur dan langsung terhadap pasangannya. Bahkan Aries ini memiliki gairah seks dan penuh dengan dedikasi.

Nama ZodiakAries
Tanggal Lahir21 Maret – 19 April
Rasi BintangDomba Jantan
Elemen dan ModalitasApi dan Cardinal
Simbol Zodiak

2. Taurus (20 April – 20 Mei)

Orang-orang yang berzodiak Taurus biasanya adalah orang-orang yang tenang dan jarang kehilangan kendali. Ketika mereka mulai bertengkar, mereka tidak akan berhenti sampai mereka mendapatkan kebenaran, sebab sisi negatifnya adalah ketegaran.

Dari sisi percintaan, Taurus sangat cocok dengan Aries dan Cancer karena memberikan bantuan yang diperlukan oleh banteng untuk merasa bahagia, kasih sayang, dan gairah. Selain itu, Virgo, Capricorn, dan Pisces juga sangat cocok dengan Taurus.

Sedangkan Zodiak Leo dan Aquarius sangat tidak cocok dengan Taurus karena mungkin akan melawan norma-norma dan sesuatu yang tidak dipahami. Selain itu, Zodiak Gemini dan Leo juga sangat tidak cocok dalam hal percintaan dengan Taurus.

Nama ZodiakTaurus
Tanggal Lahir20 April – 20 Mei
Rasi BintangBanteng
Elemen dan ModalitasTanah dan Fixed
Simbol Zodiak

3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Urutan Zodiak yang dilambangkan dengan dua bersaudara ini mengingatkan kita akan kepribadian yang berubah-ubah dari zodiak ini. Terdapat beberapa jenis Gemini yang memiliki dua sisi yaitu jauh lebih serius dan sisi lainnya yaitu jauh lebih santai.

Zodiak ini akan mudah dipercaya perkataannya karena memiliki kekuatan orasi. Gemini memiliki sisi negatif yang cenderung takut pada komitmen karena keputusan yang dibuat tidak stabil dan tidak bertahan lama karena kepribadian yang berubah-ubah.

Gemini sangat cocok dengan Libra, Aquarius, Aries, dan Gemini sendiri. Sedangkan untuk Taurus, Capricorn, Virgo, dan Leo, mereka sangat tidak cocok menjalin percintaan dengan Gemini kareena zodiak udara sulit berhubungan dengan trinitas tanah.

Nama ZodiakGemini
Tanggal Lahir21 Mei – 20 Juni
Rasi BintangDua Bersaudara
Elemen dan ModalitasUdara dan Mutable
Simbol Zodiak

4. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

Cancer merupakan zodiak yang paling sensitif meskipun tidak terlihat begitu jelas. Terkadang mereka terlihat dramatis terkait hal-hal kecil, akan tetapi jika Cancer membiarkan orang lain melihat sisi negatif mereka, maka hargai hal yang ia buat.

Mereka sangat empati dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya, sehingga membuat ledakan emosinya hanya sedikit. Bahkan Cancer sangat cocok dijadikan sebagai sahabat sejati apabila orang-orang ingin memiliki teman paling setia.

Cancer sendiri sangat cocok dengan Virgo, Taurus, Scorpio, dan Pisces karena memiliki emosi yang kuat dan melimpah. Sedangkan zodiak yang tidak cocok dengannya adalah Aries, Libra, Sagitarius, dan Aquarius karena dianggap tidak aman.

Nama ZodiakCancer
Tanggal lahir21 Juni – 22 Juli
Rasi BintangKepiting
Elemen dan ModalitasAir dan Cardinal
Simbol Zodiak

5. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

Urutan Zodiak kelima ini adalah orang-orang dengan kehadiran yang kuat. Ketika mereka tiba di suatu tempat, mereka segera mencuri perhatian. Sebenarnya mereka mengetahui hal ini, namun mereka membiarkannya karena mereka menyukainya.

Leo sendiri memiliki sisi negatif yaitu egois, namun hanya jika mereka terlalu terbuai dengan kehadiran mereka yang menyilaukan. Di sisi lain, Leo selalu memberikan hal-hal terbaik bagi orang-orang yang berada sangat dekat dengannya.

Dari percintaannya sendiri, Leo sangat cocok dengan Aries, Libra, Sagitarius, dan Aquarius. Namun, Leo juga tidak cocok dengan beberapa zodiak yaitu Taurus, Gemini, dan Scorpio karena memiliki banyak sekali perbedaan yang membuatnya saling berseteru.

Nama ZodiakLeo
Tanggal Lahir23 Juli – 22 Agustus
Rasi BintangSinga
Elemen dan ModalitasApi dan Fixed
Simbol Zodiak

6. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Virgo diyakini sebagai zodiak analisis dan keteraturan yang mungkin orang-orangnya akan terlihat dinging. Namun sebenarnya mereka yang berzodiak Virgo ini memiliki hati nurani yang sangat besar untuk orang-orang yang dianggap penting bagi mereka.

Meskipun banyak yang mengira bahwa mereka yang berzodiak Virgo ini tidak memperhatikan apa yang terjadi, sebenarnya mereka tahu dengan pasti tentang setiap masalah. Virgo juga sangat mengontrol tindakan mereka dan mencegah hal buruk.

Virgo sendiri sangat cocok untuk menjalin hubungan percintaan dengan orang yang berzodiak Taurus, Cancer, dan Capricorn. Sedangkan beberapa zodiak lain seperti Aquarius, Libra, Sagitarius sangat tidak cocok dengan orang yang berzodiak Virgo.

Nama ZodiakVirgo
Tanggal Lahir23 Agustus – 22 September
Rasi BintangPerawan
Elemen dan ModalitasTanah dan Mutable
Simbol Zodiak

7. Libra (23 September – 22 Oktober)

Urutan zodiak ketujuh yang dilambangkan dengan timbangan ini sebenarnya adalah zodiak yang terus berjuang mencapai keseimbangan. Orang yang berzodiak ini adalah yang paling romantis diantara zodiak lainnya, namun juga yang paling ragu.

Libra sendiri harus memikirkan keputusan yang mereka buat berulang kali. Namun di sisi lain, orang-orang tidak akan pernah melihat Libra kehilangan kendali. Keanggunannya inilah yang selalu mendahului kemarahan, marah, ataupun rasa kesalnya.

Libra sangat cocok untuk menjalin hubungan percintaan dengan Gemini, Libra, Scorpio, Libra, Leo dan Sagitarius. Namun juga Libra sangat tidak cocok dengan beberapa zodiak lain seperti Aries, Cancer, Virgo, Capricorn karena alasan tertentu.

Nama ZodiakLibra
Tanggal Lahir23 September – 22 Oktober
Rasi BintangTimbangan
ElemenUdara
Simbol Zodiak

8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

Scorpio sering disebut dengan kepribadian yang intensitas karena terlibat penuh dalam hubungan mereka dan merasakan semuanya dengan intensitas yang luas biasa. Bahkan mereka melakukannya meskipun hal ini sering membuat mereka terluka.

Inilah saat muncul sifat Scorpio yang paling pahit yaitu menutupi diri dan menunjukkan sifat buruk juga merepresentasikan diri mereka. Terkadang, mereka terlihat seperti orang kasar, namun ini muncul saat mereka tersakiti karena intensitas yang diberikan.

Scorpio sendiri sangat cocok menjalin hubungan dengan Cancer, Scorpio, Capricorn, dan juga Pisces. Namun Scorpio juga tidak cocok dengan beberapa zodiak lain seperti Gemini, Leo, Sagitarius, Aquarius karena Scorpio cenderung tidak percaya diri.

Nama ZodiakScorpio
Tanggal Lahir23 Oktober – 21 November
Rasi BintangKalajengking
ElemenAir
Simbol Zodiak

9. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

Sagitarius diyakini sebagai zodiak yang paling beruntung, tetapi hal ini terjadi karena mereka adalah orang yang paling positif di antara yang lainnya. Sagitarius sendiri memiliki kepribadian yang tidak membosankan dan menyukai berbagai petualangan.

Mereka adalah orang-orang yang penuh dengan semangat dan berpikiran terbuka terhadap banyak hal. Mereka juga sangat senang dan menikmati bertemu orang-orang baru dan mengalami pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

Sagitarius sangat cocok menjalin hubungan percintaan dengan Leo, Libra, Sagitarius, dan Aquarius. Sedangkan zodiak seperti Cancer, Scorpio, Taurus, dan juga Virgo sangat tidak cocok dengan Sagitarius karena alasan-alasan mengenai kepribadian.

Nama ZodiakSagitarius
Tanggal Lahir22 November – 21 Desember
Rasi BintangPemanah
ElemenApi
Simbol Zodiak

10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn adalah Zodiak yang selalu cenderung menuntut diri mereka sendiri. Mereka biasanya ketagihan tanggung jawab dan pekerjaan. Masalah yang mereka temukan adalah menuntut diri orang lain untuk hal yang sama dari tuntutan diri sendiri.

Capricorn cenderung melankolis dan pesimis, sehingga mereka membutuhkan seseorang yang membantunya bersantai dan menikmati hasil dari semua usahanya. Capricorn sendiri sangat tidak cocok berasmara dengan Aries, Gemini, Leo, dan Libra.

Sedangkan untuk Taurus, Virgo, Scorpio, dan Capricorn sendiri, mereka sangat cocok karena memiliki kepribadian yang serupa dengan menemukan kedamaian dalam stabilitas dan memahami keseriusan sebagai sesuatu yang diperlukan.

Nama ZodiakCapricorn
Tanggal Lahir22 Desember – 19 Januari
Rasi BintangKambing Gunung
ElemenTanah
Simbol Zodiak

11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

Aquarius adalah zodiak yang saling bebas dan pemberontak. Mereka adalah orang-orang yang cenderung tidak ingin merespon suatu hal yang tidak penting. Namun, Aquarius juga merupakan Zodiak yang paling jujur di antara zodiak-zodiak lainnya.

Mereka mampu mengakui kesalahannya dan mengubah pendapat jika menyadari bahwa mereka salah. Untuk sisi asmara Aquarius, mereka sangat cocok dengan Aries, Sagitarius, Gemini, dan Aquarius sendiri karena kecocokan antar simbol mereka.

Sedangkan Cancer, Scorpio, dan Pisces sangat tidak cocok dengan zodiak ini karena sangat sensitif dan ditandai dengan intensitas sekaligus keterlibatan emosional yang besar dalam hubungan. Dimana hubungan tersebut akan berakhir dengan buruk.

Nama ZodiakAquarius
Tanggal Lahir20 Januari – 18 Februari
Rasi BintangPembawa Air
ElemenUdara
Simbol Zodiak

12. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Urutan Zodiak terakhir adalah Pisces yang memiliki kekreatifan dan berimajinasi yang tinggi. Mereka sering hidup dalam dunianya sendiri, namun terkadang imajinasi mereka membuat khayalan aneh. Tetapi, mereka juga sangat peka dan empati.

Pisces sendiri adalah orang yang paling bisa diandalkan untuk berbagai masalah, sebab mereka sangat tenang, sabar, dan ramah. Meskipun terkadang mereka terlalu banyak menyerap dari lingkungan sekitar, sehingga terlihat bingung dan tidak teratur.

Pisces sangat cocok dengan Scorpio dan cancer karena sama-sama memahami intensitas hidup dan hubungan personal. Selain itu, Taurus dan Pisces sendiri juga sangat cocok dengannya, namun tidak untuk zodiak Aries, Gemini, dan Aquarius.

Nama ZodiakPisces
Tanggal Lahir19 Februari – 20 Maret
Rasi BintangIkan
ElemenAir
Simbol Zodiak

Kesimpulan

Kesimpulan

Urutan zodiak berdasarkan bulan kelahiran dapat memberikan informasi tentang karakter seseorang. Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang.

Meskipun demikian, keakuratan dan relevansi dari zodiak masih menjadi topik perdebatan sehingga terdapat banyak faktor lain yang juga berperan dalam membentuk kepribadian seseorang,

Apa yang dimaksud dengan zodiak?

  • Zodiak adalah satu set dari 12 tanda atau rasi bintang yang mewakili bulan-bulan dalam satu tahun.

Apakah zodiak berpengaruh pada kepribadian seseorang?

  • Zodiak dapat memberikan informasi tentang karakter seseorang, namun bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang.

Bagaimana cara mengetahui zodiak seseorang?

  • Zodiak seseorang dapat diketahui berdasarkan tanggal lahir.

Apa saja zodiak yang ada?

  • Terdapat 12 zodiak, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

Apakah zodiak memiliki hubungan dengan astrologi?

  • Ya, zodiak memiliki hubungan dengan astrologi dan dapat digunakan untuk meramalkan keberuntungan seseorang.

Artikel Terkait