Contoh Teks Editorial/Opini Singkat Beserta Struktur & Fakta

Cahaya Bintang February 20, 2024

Bagaimana sih cara membuat teks editorial? berikut berbagai macam contoh teks editorial, yang bisa disimak untuk lebih memahami. Teks editorial merupakan sebuah teks yang sering ditampilkan, di berita media koran ataupun digital. Membahas tentang berita berita isu dengan menggunakan bahasa yang lugas, untuk menciptakan pemasaran yang menarik dan lebih jelas untuk dipahami si pembaca.

Banyak sekali ditemukan, bahwa contoh teks editorial yang merangkum berbagai kejadian yang terjadi di indonesia, menyangkut kabar berita yang menarik untuk disiarkan. Sehingga dapat disiarkan ke seluruh lapisan masyarakat, dengan menggunakan teks editorial tentunya membuat lebih menarik saat membaca.

Hadirkan berita terpercaya yang di siarkan langsung di media cetak maupun digital, ataupun bisa juga digunakan untuk menempatkan berbagai macam informasi lainnya yang terangkum secara up to date.

Jenis – Jenis Teks Editorial yang Sering Dibuat Oleh Suatu Sumber Terpercaya

Teks editorial juga memiliki berbagai macam jenis, yang bisa digunakan saat merangkum berita sesuai dengan fakta yang terjadi. Membahas sesuai dengan berita dan jenis dari teks editorial, sehingga pembahasan pun dapat menghadirkan penulisan yang menarik. Berikut berbagai macam jenis teks editorial untuk diketahui, saat menemukan berbagai macam berita menarik.

Baca juga: Pengertian Startup Menurut Para Ahli dan Contohnya

1. Interpretative Editorial

Teks editorial interpretatif adalah sebuah teks editorial yang hadirkan penjelasan makna dari berbagai isu terhadap beberapa peristiwa yang terjadi yang terjadi ditengah masyarakat yang terpublikasi oleh media massa. Menghadirkan fakta fakta yang memberikan informasi kepada sang pembaca, dimana memiliki tujuan tersendiri dari media massa terhadap perspektif pemberi berita tersebut.

Berbagai jenis editorial yang bisa tergolong pada sifat positif, negatif, ataupun netral saat memberi informasi, yang tergantung pada kondisi dari pemberi berita dalam membahas suatu isu.

2. Controversial Editorial

Teks editorial kontroversial adalah sebuah teks editorial yang dibahas dalam bentuk penglihatan sudut pandang, terhadap suatu reaksi yang didapat. Teks ini cenderung digunakan untuk memberi kepercayaan kepada sang pembaca saat menemukan berbagai macam berita pada isu tertentu. Dengan memberi gambaran sudut pandang berlawanan dikemas secara negatif saat diterbitkan.

3. Explanatory Editorial

Teks editorial adalah sebuah teks yang menampilkan sebuah masalah yang sedang terjadi, dengan tujuan untuk memancing respon dari sang pembaca. Memberikan rangsangan provokasi terhadap suatu berita yang disajikan, seperti yang biasa dibahas oleh khalayak ramai seperti berita tentang politik, ekonomi maupun sosial. Dimana pembahasan ini dapat lebih mudah memicu pikiran, untuk menghadirkan berbagai macam solusi menurut pribadi.

Berikut Struktur atau Kerangka Dalam Pembuatan Teks Editorial

Berikut Struktur atau Kerangka Dalam Pembuatan Teks Editorial

Pada suatu penulisan tentunya memiliki dasar sebagai kerangka, dalam membangun sebuah pembahasan yang menarik. Seperti membangun suatu gedung yang memiliki berbagai macam bagian, yang memiliki perspektif agar terlihat sempurna serta memiliki kualitas yang baik.

Dimana kerangka tersebut terdiri dari tesis, argumentasi, dan juga penegasan. Pada dasarnya masing masing kerangka tersebut memiliki satu kesatuan untuk membangun suatu teks editorial yang tepat sasaran, sehingga tidak akan merasa rancu saat sang pembaca menyimak berbagai berita di suatu media massa. Dapat dipahami dari berbagai kerangka tersebut, yang dijelaskan sebagai berikut.

1. Tesis

Tesis adalah suatu pengenalan terhadap berbagai macam bagian pada sebuah pendahuluan teks editorial, yang membahas isu – isu yang muncul. Adapun fungsi dari tesis yaitu menggambarkan suatu permasalahan untuk dapat dipahami oleh sang pembaca, sehingga pembahasan sebuah peristiwa secara aktual, kontroversial,maupun fenomenal. Sehingga lebih terbuka ketika berlanjut ke bagian selanjutnya.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah berbagai macam teks yang digunakan, untuk menyampaikan pendapat dari sebuah pembahasan yang berisi tanggapan tanggapan. Dimana berita ini diperkenalkan dari redaksi yang dimunculkan pada pembahasan sebelumnya, yang dikemas dari sebuah isu yang disiarkan pada sebuah berita di media massa dalam sebuah teks editorial.

3. Penegasan

Penegasan adalah sebuah teks yang berisikan simpulan dan juga saran serta rekomendasi, yang diharapkan dapat direspon untuk memecahkan sebuah isu yang muncul dari sebuah persoalan tersebut. Dengan itu sebuah teks editorial dapat dihadirkan secara sempurna, saat setiap pembahasan dapat terpenuhi oleh berbagai macam isi yang memenuhi kerangka penulisan.

Saat telah memahami berbagai macam jenis, dan kerangka dari teks editorial. Dapat disimpulkan bahwa teks editorial bisa menghadirkan berbagai macam berita, yang dapat merespon sebuah makna dari sebuah isu. Menghadirkan sudut pandang yang luas dalam memancing berbagai macam respon, yang diharapkan bisa menghadirkan solusi terhadap sebuah isu yang dihadirkan media massa.

Contoh Teks Editorial Singkat Lengkap Dengan Strukturnya Dari Berbagai Jenis Peristiwa

Contoh Teks Editorial Singkat Lengkap Dengan Strukturnya Dari Berbagai Jenis Peristiwa

Berikut merupakan beberapa contoh, yang akan disesuaikan terhadap jenis dari teks editorial. Terdapat di berbagai penerbit, yang menghadirkan berita berita di masyarakat. Oleh karena itu dihadirkan pula berbagai contoh isu dari peristiwa yang terjadi.

1. Peristiwa Banjir Di Jakarta (Interpretative)

Buruknya cuaca dengan intensitas curah hujan, yang terjadi di jakarta. Selalu menimbulkan bencana banjir ketika diterpa hujan berkepanjangan, yang terjadi di berbagai daerah. Bencana alam ini kerap kali menimbulkan polemik tiada henti di indonesia, khususnya ibu kota negara indonesia (Jakarta). Sehingga sering terlintas sebuah pertanyaan, terhadap bencana ini.

Apakah terjadinya banjir tidak lain hanya disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi atau karena ulah penduduknya?

Dilihat dari jumlah penduduk yang padat, hal yang sangat wajar jika jakarta sering sekali dilanda banjir. Walaupun sudah banyak drainase yang dibuat untuk mencegah banjir, namun hal tersebut tidak akan berpengaruh besar tanpa kesadaran dari warganya sendiri. Mengapa demikian, karena dengan semakin banyaknya penduduk yang tinggal maka semakin banyak sampah yang dihasilkan.

Baca juga: Pengertian Teks Drama: Ciri-Ciri, Unsur dan Strukturnya

Terlebih jika banyak dari warga yang membuang sampah ke sembarang tempat, seperti pada aliran sungai yang dapat membuat terhambatnya aliran air pada sungai tersebut. Sehingga ketika hujan turun dengan intensitas tinggi pada waktu yang cukup lama, akan mengakibatkan peluapan pada sungai tersebut yang akhirnya berakibat banjir.

Oleh karena itu sangat diperlukan untuk kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, karena masalah bencana banjir tidak akan selesai. Jika terus menerus terjadinya penumpukkan sampah dari limbah rumah tangga, yang semakin hari semakin bertambah dari penduduk yang padat.

2. Selebgram Endorse Iklan (Kontroversial)

Selebgram merupakan sebuah profesi yang dilakukan di media sosial, tentunya ini merupakan jalan alternatif untuk memasarkan produk. Memanfaat kan jasa selebgram untuk mengiklankan produk di media sosial merupakan salah satu cara yang sering digunakan, namun dengan memanfaatkan jasa endorse merupakan salah satu cara yang kurang efektif untuk memasarkan produk.

Faktanya yang terjadi saat pemasangan iklan di suatu media sosial, hanya dapat meningkatkan penjualan sekitar 5% dari berbagai iklan yang dipasang di media sosial. Oleh karena itu penggunaan jasa endorse iklan selebgram di media sosial dirasa kurang tepat.

Sehingga tetap akan membuat para pengusaha berpikir kembali, untuk mencari alternatif lain untuk memasarkan produknya. Pemasaran produk bagi para pengusaha merupakan salah satu jalan untuk mereka mendapatkan orderan, dengan itu maka mereka akan mendapatkan untuk dari usaha yang dijalani.

3. Irjen Pol Dihukum Mati (Explanatory )

Hukuman berat telah ditetapkan oleh majelis hakim, sebagai pidana yang dilakukan oleh seorang Irjen Pol kepada anak buahnya. Terhadap kejadian yang terjadi di rumahnya, saat sang Irjen Pol memanggil seorang brigadir untuk mendatanginya, lalu dengan perasaan bingung brigadir ini datang ke rumahnya.

Kemudian saat sang brigadir pun tiba di rumah Irjen Pol, Tak tunggu lama perintah diturunkan kepada ajudan untuk menembak langsung brigadir tersebut. Kemudian merekayasa kejadian, yang terjadi di rumahnya tersebut. sehingga muncul pertanyaan, tindakan rekayasa apa yang dilakukan oleh Irjen Pol tersebut?

Tindakan yang dilakukan oleh Irjen Pol ini adalah membuat seolah olah telah terjadinya penyerangan yang membuat brigadir tersebut tertembak mati. Sebuah profesionalitas tinggi dilakukan oleh Irjen Pol ini, yang tau akan titik titik rekayasa yang harus dibuat, untuk mengelabui tim investigasi.

Pada kejadian ini dapat disimpulkan bahwa serapih apapun kamu menutupi kesalahan, maka sampai kapanpun lambat laun akan terungkap. Hal ini mengakibatkan penyesalan yang mendalam dari sang Irjen Pol yang akan dihukum mati, setelah melakukan tindakan kriminal anggota polri. Andaikan hal tersebut tidak terjadi, maka rasa hormat dan kedudukan kepada dirinya akan semakin bertambah.

Baca juga; Sistem Pencernaan Manusia, Berikut Fungsi & Cara Menjaganya

Artikel Terkait