Doa Taubat Untuk Diri Sendiri Dari Segala Dosa Arab + Latin

Cahaya Bintang March 2, 2024

Bacaan doa taubat dan Tata cara mandi taubat adalah hal mendasar yang harus kamu ketahui sebelum kamu melakukan mandi taubat. Sebagai seorang manusia tentulah kita tidak lepas dari yang namanya khilaf dan kesalahan. Yang Maha Kuasa, Allah SWT senantiasa memberikan berbagai ujian kepada umat-Nya yang memiliki berbagai bentuk, salah satunya adalah bentuk godaan untuk kamu melakukan hal-hal yang tidak baik.

Oleh sebab itu, di dalam agama Islam diajarkan untuk kamu bertaubat dan memohon pengampunan atas segala dosa yang telah kamu perbuat. Umat Islam juga dianjurkan utnuk bisa mengetahui taa cara dan bacaan dari doa taubat itu sendiri yang tentunya sesuai dengan syariat Islam yang berlaku.

Pengertian Tentang Anjuran Dalam Melakukan Mandi Taubat Dan Doa

Untuk sebagian orang, rasa ketidaknyamanan yang dimiliki dalam hidup dapat timbul setelah kamu melakukan suatu tindakan tidak baik atau dosa dan kesalahan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup yang lebih nyaman dan tenang tentunya dengan mengakui segala kesalahan dan disertai dengan bertaubat kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW pun telah memberikan anjuran kepada seluruh umatnya untuk dapat menyegerakan melakukan taubat apalagi jika sudah menyadari bila telah melakukan kesalahan atau berbuat dosa. Seruan untuk bertaubat ini telah disebutkan pada salah satu hadits, dimana Rasulullah SAW telah bersabda,

“Setiap anak Adam pasti pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah bertaubat.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Imam Al-Albani)

Lalu menurut sebuah kitab, yaitu kitab Nihayal Al Zain yang merupakan kitab karangan Syeikh Al-Nawawi Al-Jawi bahwa madni taubat sendiri lebih baik dilakukan sesegera mungkin setelah kamu melakukan sebuah dosa, tidak peduli dosa besar ataupun keecil sekalipun.

Baca juga: Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid atau Berhubungan

Disisi lain, Imam Nawawi memiliki pendapat bahwa menunda melakukan taubat akan membuat dosa semakin bertambah besar. Sebagian besar ulama memiliki pendapat bahwa salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan melakukan mandi taubat dengan melakukan sholat taubat setelahnya. Tentunya dengan tata cara yang sesuai dengan syariat Islam yang berlaku. Mandi taubat juga ditujukan untuk para mualaf atau orang yang baru memeluk agama Islam.

Berikut Syarat-Syarat Taubat yang Diterima Untuk Menghapus Dosa

Berikut Syarat-Syarat Taubat yang Diterima Untuk Menghapus Dosa

Apabila membahas tentang bacaan doa taubat dan juga tata cara mandi taubat, ada baiknya jika kamu tau lebih dulu tentang syarat-syarat yang harus kamu kerjakan agar taubat kamu diterima oleh Allah SWT. Berikut telah mimin ringkaskan untuk kamu syarat-syarat agar taubatmu diterima:

  1. Kamu harus menyesali dosa yang telah kamu perbuat dari dalam hatimu tanpa ada pembelaan.
  2. Perbanyaklah berbuat kebaikan sebagai bentuk rasa menyesal kamu akan perbuatan dosa yang telah kamu lakukan.
  3. Jalankan sholat fardhu lima waktu dengan tertib dan khusyu.
  4. Tambahkan sholat sunnah rawatib di setiap harimu.
  5. Perbanyaklah bacaan doa-doa dan dzikir memohon ampunan.

Selain poin-poin di atas, hal yang paling penting untuk kamu lakukan agar taubatmu diterima adalah jauhi perbuatan dosa yang telah kamu lakukan. Jangan sekali-kali mengulangi atau bahkan melirik kesalahan terdahulumu.

Bulatkan niatmu untuk memperbaiki diri di jalan Allah dan berjanjilah untuk senantiasa mengikuti seluruh suruhan Allah dan menjauhi segala larangannya. jangan hanya berjanji, namun tepati janji tersebut dengan sepenuh hati, oleh karena itu kamu harus memiliki komitmen penuh.

Begini Tata Cara Mandi Taubat yang Baik & Benar Bagi Umat Muslim

Begini Tata Cara Mandi Taubat yang Baik & Benar Bagi Umat Muslim

Untuk melakukan sholat taubat dan juga mandi taubat, ada cara-cara sendiri yang harus kamu lakukan dengan benar dan sesuai dengan urutannya. Berikut tata cara mandi taubat terlebih dahulu yang harus kamu ikuti :

  1. Dahulukan dengan membaca niat untuk melaksanakan mandi taubat.
  2. Basuhlah kedua telapak tanganmu sampai ke sela-sela jari dan lanjutkan dengan membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali.
  3. Basuhlah bagian intim kamu dengan menggunakan air dan gunakan tangan sebelah kiri untuk membasuhnya hingga bersih.
  4. Basuhlah seluruh anggota badanmu dengan air, lalu gosoklah seluruh anggota tubuhmu dengan sabun dilanjutkan dengan membilasnya hingga bersih.
  5. Kemudian berwudhhulah seperti biasa kamu berwudhu sebelum sholat.
  6. Basuhlah sela-sela rambutmu dengan air dan bersihkan dengan jari tanganmu.
  7. Lalu guyurlah bagian kepalamu sebanyak tiga kali.
  8. Setelah itu guyur seluruh bagian tubuhmu dari mulai sebelah kanan lalu dilanjutkan bagian kiri.
  9. Terakhir adalah basuh dan juga bersihkan kakimu hingga sela-sela kaki juga.

Itulah tadi tata cara mandi taubat yang harus kamu lakukan secara runut yang menjadi salah satu syarat agar taubatmu diterima. Perhatikan baik-baik langkah-langkahnya dan jangan sampai ada langkah yang terlewat.

Baca juga: Doa Pembuka dan Penutup Suatu Acara yang Singkat

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat yang Baik Dan Benar

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat yang Baik Dan Benar

Setelah kamu melakukan berbagai rangkaian mandi taubat, kamu bisa segera melakukan sholat taubat. Tentunya dengan niat dan juga tata cara tersendiri yang sudah mimin tuliskan untuk kamu di bawah ini :

  1. Membaca niat sholat taubat, boleh di dalam hati atau dilafalkan jika merasa kurang mantap. Berikut bacaannya : Usholli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’ala
  2. Disunahkan untuk membaca doa iftitah.
  3. Kemudian membaca surat Al Fatihah.
  4. Membaca surat dari Al Quran.
  5. Rukuk dengan membaca tasbih ruku’ sebanyak tiga kali.
  6. I’tidal dengan membaca do’a i’tidal.
  7. Sujud dengan membaca tasbih sujud sebanyak tiga kali.
  8. Duduk diantara dua sujud dengan bacaannya.
  9. Sujud kedua dengan membaca tasbih sujud sebanyak tiga kali.
  10. Bangun dan melanjutkan rakaat kedua dengan cara sama seperti nomor 3-10.
  11. Tasyahud akhir dengan membaca bacaan tasyahud akhir.
  12. Salam lalu dilanjutkan dengan berdoa memohon ampunan.

Itulah tadi tata cara sholat taubat yang bisa kamu lakukan. Jika dilihat tata cara sholat taubat ini sama seperti shalat sunnah dua raka’at lainnya, yang membedakan hanya niatnya dan juga ketentuan untuk mandi taubat sebelumnya terlebih dahulu.

Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Arab + Latin yang Sangat Umum Untuk Dibaca

Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Arab + Latin yang Sangat Umum Untuk Dibaca

Setelah melaksanakan sholat taubat dua raka’at, kamu bisa memohon ampunan. Di sela-sela itu sebelumnya kamu bisa memulai dengan memanjatkan doa taubat terlebih dahulu. Berikut lafal doa yang bisa dibaca setelah menjalankan sholat taubat:

Astaghfirullahal-ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi. Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfiru dzunuuba illa anta.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya. Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku.

Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Itulah tadi tata cara dari mandi taubat, sholat taubat dan juga doa taubat yang bisa kamu kerjakan. Bertaubatlah dengan bersungguh-sungguh agar taubatmu diterima oleh Allah SWT. Demikian yang bisa mimin sampaikan tentang sholat taubat dan doanya, mudah-mudahan informasi ini berguna untuk kamu.

Baca juga: Berikut Doa Sebelum & Sesudah Tidur Beserta Dengan Artinya

Artikel Terkait