Cara Transfer Melalui SMS Banking BRI Ke Bank Lain, Mudah!

Bunga Malam April 5, 2024

Melakukan transaksi, seperti mentransfer dana ke rekening lain, kini semakin canggih. Ada banyak jenis layanan yang digunakan oleh bank-bank tertentu untuk lebih memanjakan nasabahnya dalam bertransaksi contohnya cara transfer melalui SMS.

Salah satunya adalah bank BRI dengan produk layanan SMS Banking-nya. Terbukti masyarakat yang telah menggunakan layanan ini tidak perlu lagi mengunjungi dan mengantri di gerai ATM atau di kantor cabang BRI terdekat.

Karena semua kemudahan yang dimaksud sudah bisa didapatkan melalui sentuhan digital di ponsel.

Meski cukup mudah, sebagian orang mungkin masih lebih familiar dengan cara bertransaksi melalui layanan mesin ATM. Sehingga sebagian dari mereka cenderung masih bingung bagaimana cara transfer SMS Banking BRI.

Apakah SMS Banking BRI Sama Dengan BRI Mobile?

Layanan mobile lain yang ditawarkan BRI selain SMS Banking dari Bank BRI adalah mobile banking BRI.

Layanan online yang dikenal dengan BRI Mobile ini juga menawarkan kemudahan kepada nasabah sehingga transaksi perbankan menjadi lebih sederhana. BRI Mobile telah diperkealkan sejak tahun 2012 dan hanya dapat diakses melalui smartphone.

Fitur yang terdapat pada mobile banking BRI bisa dikatakan beragam, mulai dari fitur cek saldo, mutasi rekening, transfer uang, pembayaran, pembelian, hingga ganti PIN. Tak hanya itu, ada fitur lain yang terpasang di BRI Mobile. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Merusak riwayat transaksi.
  • Jadwalkan pembayaran.
  • Limit transfer atau limit hingga Rp 1 miliar.
  • Kirim pemberitahuan transaksi.
  • Cari informasi keberadaan ATM.
  • Cari informasi merchant E-Pay, seperti Tiket.com, Kereta Api Indonesia, Citilink, Blibli, hingga Electronic Solutions.
  • Informasi produk bank BRI seperti deposito.

Lalu, apakah layanan SMS Banking BRI sama dengan BRI Mobile? Tentu kedua layanan ini berbeda.

Jika metode SMS Banking BRI dapat digunakan dengan mengirimkan pesan dalam format SMS tertentu, maka BRI Mobile dapat langsung diakses melalui aplikasi yang telah terinstal di smartphone.

Namun baik SMS Banking dari Bank BRI maupun BRI Mobile sama-sama dapat digunakan untuk melakukan pembayaran premi asuransi, termasuk premi asuransi BRIngin Life.

Mendaftar SMS Banking BRI

cara transfer melalui sms

Sebelum mengenal cara transfer melalui SMS Banking BRI, kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan proses registrasi layanan ini. Cara pendaftarannya cukup mudah yaitu bisa melalui kantor cabang BRI terdekat atau melalui ATM.

Pendaftaran melalui kantor cabang BRI dapat dilakukan dengan cara langsung mendatangi customer service dan mengajukan permohonan pendaftaran layanan ini.

Namun, sebelum mengunjungi kantor cabang BRI, pastikan kamu membawa beberapa persyaratan, seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu ATM BRI, dan buku rekening jika diperlukan sewaktu-waktu.

Selain itu, nomor handphone yang akan didaftarkan harus selalu terkonfirmasi aktif agar proses transaksi kedepannya tidak bermasalah.

Jika menggunakan ATM, kamu dapat langsung masuk ke menu “Transaksi Lainnya” lalu pilih menu “Pendaftaran”. Pilih opsi SMS Banking, lalu ikuti instruksi selanjutnya oleh sistem.

Terakhir, masukkan kode verifikasi yang masuk melalui nomor telepon yang terdaftar untuk menyelesaikan proses.

Artikel lainnya:

Begini Cara Transfer Uang Dengan Memanfaatkan SMS Banking BRI

sms banking

Karena menggunakan layanan SMS, maka metode transfer BRI SMS Banking juga hanya melalui SMS. Namun, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa kamu masih memiliki saldo pulsa di nomor kamu.

Transfer melalui layanan ini cukup mudah, karena cukup dengan menuliskan kode transaksi transfer pada layanan SMS kamu ke nomor 3300 maka dana yang diinginkan akan ditransfer seperti menggunakan mesin ATM atau melalui kantor cabang.

1. Transfer ke sesama BRI

Cara transfer ke BRI lain yaitu dengan mengikuti format ‘TRANSFERBRI(Nomor Rekening Tujuan)NominalPIN’, lalu kirim ke 3300. Misal dengan ketik ‘TRANSFER BRI123456789 120000 234567’.

2. Transfer antar bank

Cara transfer melalui sms ke bank lain: ‘Transfer’Kode Bank Tujuan+Nomor RekeningNominalPIN’, lalu kirim ke 3300. Kode bank tujuan dalam hal ini dapat diperoleh melalui informasi di ATM mesin atau dapat ditemukan di berbagai situs di internet.

BRIlink merupakan perluasan layanan BRI, dimana Bank BRI bekerjasama dengan nasabah BRI sebagai agen yang dapat langsung melayani transaksi perbankan untuk masyarakat.

Cara transfer melalui SMS BRI ke BRI melalui BRIlink mudah, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi BRIlink terdekat
  • Berikan nomor rekening BRI yang dimaksud, jika sudah benar serahkan jumlah uang yang ingin dikirimkan
  • Tunggu beberapa saat karena agen BRIlink sedang memproses transfer
  • Jika sudah, agen BRIlink akan memberitahu detikers jika proses transfer berhasil.

Berbagai Keuntungan Jika Menggunakan SMS Banking

keuntungan

SMS Banking adalah salah satu fitur perbankan mobile yang memungkinkan semua nasabah untuk mengakses melalui jaringan SMS. Fitur ini sendiri bekekrja menggunakan provider jaringan telpon yang kita pakai.

Adapun kelebihan dari penggunaan SMS Banking ini adalah kemudahan dalam mengaksesnya kapan pun dan dimana pun. Selain untuk mentransfer uang antar nasabah, SMS Banking ini juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Seperti memeriksa saldo, membayar listrik, atau bahkan dapat membeli pulsa. Meskipun fitur ini merupakan layanan yang tergolong sudah cukup lama namun caranya yang praktis inimasih membuat banyak para pengguna memilihnya.

Berikut keunggulan dari SMS Banking yang bisa kamu rasakan nantinya.

1. Mudah dan Fleksibel

Alasan utama mengapa banyak nasabah masih menggunakan SMS Banking ini yaitu mudah dan fleksibel. Meskipun fitur ini sudah cukup lama ada tapi tak jarang banyak yang menggunakannya karena fleksibel dan mudah digunakan dimana saja dan kapan saja.

2. Fitur yang Jauh Lebih Lengkap

Layanan SMS Banking ini tak kalah lengkap dengan e-banking lainnya. Karena di fitur ini juga banyak menawarkan beragam fitur yang bisa nasabah gunakan dengan mudah.

Dengan SMS Banking ini kamu bisa dengan mudah menggunakan fitur autocomplate, melihat mutasi rekening, mengganti pin, melakukan pembayaran listrik, melakukan top up saldo e wallet, serta dapat melakukan pembayaran BPJS.

Dengan begitu transaksi kamu jauh lebih efisien dan praktis.

3. Lebih Efisien

Tak hanya mudah dan fleksibel, Layanan SMS Banking ini juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan dengan perbankan elektronik lainnya.

Yang menawriknya SMS Banking ini masih tetap dapat diakses dengan situasi dan kondisi darurat seperti pemadaman listrik, atau putusnya koneksi internet.

4. Menggunakan Semua Jenis SIM Card

Layanan SMS Banking ini tidak terbatas pada satu jenis SIM card tertentu ya. Kamu dapat menggunakannya di semua SIM Card yang ada saat ini. Hal ini tentunya memudahkan kamu dalam bertansaksi melalui SMS Banking BRI.

Meskipun semua layanan SMS Banking ini sangat unggul dari perbankan elektronik yang ada, kamu tetap harus berhati hati dengan adanya kebocoran data ya.

Untuk menghindari masalah ini, kamu perlu untuk menghapus semua riwayat transaksi kamu.

Tips Menggunakan SMS Banking BRI Khusus Bagi Konsumen yang Masih Awam

tips

Saat bertransaksi melalui SMS Banking ini pastinya tidak menutup kemungkinan akan adanya resiko yang terjadi.

Meskipun begitu, hal ini tidak boleh megnhilangkan niat kamu untuk menggunakan SMS Banking BRI dikarenakan kejahatan online saat ini dapat diatasi asal mengetahui caranya.

Yuk simak tips untuk mengatasi kejahatan yang apabila terjadi kepada kita saat menggunakan SMS Banking.

Meskipun cara SMS Banking ini dapat digunakan tanpa harus menggunakan aplikasi, tetapi akan lebih baik dan amannya apabila kamu tetap mengunduh aplikasi SMS Banking BRI.

Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar kamu memiliki catatan atau riwayat cadangan transasksi resmi dari bank yang bersangkutan.

Sehingga apabila nantinya akan ada kebocoran data, kamu tetap memiliki riwayat untuk membuktikan mutasi transaski ke bank lainnya menggunakan layanan SMS Banking.

Artikel Terkait