Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online Online Dengan NIK, Mudah!

Cahaya Bintang February 25, 2024

Cek tagihan BPJS Kesehatan mu secara online, agar biaya kesehatan kamu akan tetap terjamin. Dengan selalu mengontrol tagihan secara online, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. kamu tidak perlu bersusah payah, untuk pergi ke kantor pelayanan BPJS Kesehatan dalam melakukan pengecekan tagihan.

Hadirnya beberapa fitur pengecekan tagihan secara online, telah bisa kamu lakukan hanya dari rumah. Wah BPJS Kesehatan, benar benar memanjakan para penggunanya nih, dengan banyaknya fitur kemudahan yang bisa kamu nikmati.

Yuk, Cek tagihan BPJS Kesehatanmu sekarang juga. simak langsung beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan online.

Nikmati berbagai macam fasilitas yang bisa kamu manfaatkan, dengan semakin banyaknya berbagai macam kemudahan. Dihadirkan oleh BPJS Kesehatan, demi kenyamanan saat kamu bertransaksi menggunakan BPJS kesehatan. Menggunakan dengan aman dan nyaman, bertransaksi mudah serta biaya kesehatan yang terjamin yang bisa kamu cairkan kapanpun kamu membutuhkannya.

5 Cara Paling Muda Untuk Cek Tunggakan BPJS Kesehatan di HP

Cara mengecek tagihan BPJS di HP yaitu, ketik NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan dan kirim ke nomor 087775500400. Selain itu juga kamu bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan secara online hanya dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN.

Berbagai macam kemudahan yang bisa kamu nikmati, dengan fitur fitur BPJS Kesehatan yang tersebar pada beberapa aplikasi, yang bisa langsung kamu gunakan di ponsel kamu. Tanpa ribet dan tak perlu menunggu lama untuk kamu bisa cek tagihan BPJS Kesehatan, dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan online kamu bisa mengetahui besar tagihan yang kamu milik di bulan ini.

Berikut ini terdapat 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan online. Hanya cukup dengan menggunakan ponsel yang kamu gunakan.

Baca juga: Cara Cek Nomor Smartfren Selain *995# (Masih Aktif atau Tidak)

1. Gunakan Situs Website Resmi BPJS Kesehatan

Gunakan Situs Website Resmi BPJS Kesehatan

Cara yang pertama bisa kamu gunakan dengan sangat mudah, lakukan pengecekan tagihan melalui website resmi BPJS Kesehatan Dengan menggunakan. Manfaatkan jaringan internetmu untuk mendapatkan berbagai informasi penting, yang sudah bisa kamu temukan hanya dengan menggunakan ponsel. Berikut beberapa cara yang bisa menjadi referensi, saat lakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan melalui website :

  1. Buka menu browser kamu sekarang juga, Akses situs ini https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ sekarang dan kunjungi website resmi BPJS Kesehatan.
  2. Gunakan koneksi internet yang baik untuk kamu akses dengan mudah, setelah masuk di laman website resmi BPJS Kesehatan.  
  3. Klik menu yang tersedia di bar sebelah kanan halaman, lalu pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.
  4. Selanjutnya akan muncul data BPJS Kesehatan kamu, dengan mengisi data seperti nomor kartu BPJS Kesehatan sebanyak 13 digit, tanggal lahir, dan jangan lupa juga angka validasi yang ada di laman tersebut.
  5. Setelah itu kamu bisa mengklik Cek, untuk memunculkan tampilan agar kamu bisa melihat jumlah tagihan beserta informasi lainnya seperti nama peserta, status kepesertaan, jumlah anggota keluarga, dan jenis kepesertaan.

Menggunakan website resmi BPJS Kesehatan adalah salah satu cara efektif, untuk nikmati berbagai kemudahan yang bisa kamu cek secara langsung. Fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

2. Cek Iuran Tagihan BPJS Lewat Aplikasi Mobile JKN

Cek Iuran Tagihan BPJS Lewat Aplikasi Mobile JKN

Kini telah hadir aplikasi yang digunakan untuk kamu mencari berbagai macam informasi, mengenai BPJS Kesehatan secara cepat dan sangat mudah. Jika kamu belum memiliki aplikasi Mobile JKN, maka kamu wajib untuk hadirkan aplikasi ini di ponselmu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan online :

  1. Segera ambil ponsel kamu dan Install aplikasi Mobile JKN yang bisa langsung kamu search di Google PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah aplikasi ditemukan lalu klik download untuk menginstall aplikasi Mobile JKN.
  3. Kemudian bukalah aplikasi setelah di-install dan lakukan registrasi akun baru apabila kamu belum pernah memiliki akun sebelumnya.
  4. Setelah akun selesai dibuat, lakukan login kembali dengan akun JKN yang baru saja kamu buat.
  5. Kemudian Klik menu Tagihan, lalu pilih menu Premi.
  6. Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, maka akan muncul pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Semakin mudah mengakses berbagai macam fitur yang bisa kamu lakukan, saat kamu telah menghadirkan aplikasi ini di ponsel kamu.

Gunakan Aplikasi Link aja

Sarana pengecekan tagihan BPJS Kesehatan, telah hadir juga di aplikasi link aja. Sebuah aplikasi dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi apapun. Ayo cek tagihanmu dengan menggunakan aplikasi link aja, dengan menyimak langkah langkahnya :

  1. Buka sekarang juga aplikasi link aja yang tersedia di ponsel kamu.
  2. Kemudian lakukan pilihan di menu Lainnya yang terdapat pada halaman utama.
  3. Lalu akan muncul beberapa menu layanan, dan kamu pilih menu Beli/Bayar Tagihan.
  4. Selanjutnya klik menu Asuransi, kemudian pilih BPJS Kesehatan.
  5. Masukan ID Pelanggan LinkAja yang digunakan untuk melakukan transaksi dan masukan juga nomor peserta BPJS Kesehatan milikmu.
  6. Apabila data sudah benar, maka akan muncul tampilan informasi berupa nama peserta, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah total keseluruhan pembayaran.
  7. lakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan, agar kamu bisa tetap nikmati layanan BPJS Kesehatan kapanpun kamu butuhkan.

Gunakan link aja untuk mempermudah kamu lakukan transaksi apapun, sehingga kamu bisa dengan mudah menyelesaikan transaksi secara online. berikut ini cara selanjutnya untuk kamu lakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan.

Baca juga: Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dan Pensiun + Cara Cek Saldo

4. Cek Tagihan BPJS Melalui M-Banking

Cek Tagihan BPJS Melalui M-Banking

Cara lainnya kamu bisa memanfaatkan m-banking yang kamu miliki, karena fitur pengecekan tagihan BPJS Kesehatan juga tersedia di berbagai aplikasi m-banking. kamu bisa memanfaatkan berbagai macam fitur kemudahan dengan melakukan langkah langkah berikut untuk lakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan :

  1. Buka aplikasi mobile banking yang kamu miliki di ponsel kamu.
  2. Kemudian klik menu pembayaran yang tersedia pada menu utama.
  3. Lalu pilih menu Virtual Account, dan lakukan masukkan nomor virtual account seperti yang diterangkan di bawah ini.
  4. Ketentuan bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan tagihan BPJS melalui m-banking :
    • Bagi pengguna Bank BRI, BNI, BTN, dan BCA, masukkan kode 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan. Contohnya, jika nomor kepesertaan 0001944358912, maka nomor VA nya adalah 8888801944358912.
    • Bagi pengguna Bank Mandiri, masukkan kode 89888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan. Contohnya, jika nomor kepesertaan 0001944358912, maka nomor VA nya adalah 8988801944358912.
  5. Setelah kamu memasukkan nomor virtual account maka klik menu selanjutnya.
  6. Setelah itu akan muncul jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus kamu bayar, jika kamu belum ingin melakukan pembayaran silahkan kembali ke menu utama m-banking.

Selain menggunakan website resmi, aplikasi resmi, maupun, aplikasi lainnya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi belanja online yang bisa membantu kamu untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan.

5. Bayar Tagihan PJS Bisa Lewat Aplikasi Tokopedia

Bayar Tagihan PJS Bisa Lewat Aplikasi Tokopedia

Kamu juga bisa gunakan aplikasi belanja online Tokopedia, pada aplikasi ini terdapat juga fitur BPJS Kesehatan yang bisa kamu gunakan untuk mengecek tagihan kamu secara online, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengetahui tagihan mu :

  1. Buka situs Tokopedia yang bisa kamu search melalui browser, atau buka aplikasi Tokopedia jika kamu telah memiliki aplikasinya.
  2. lalu pilih menu Tagihan yang tersedia pada menu utama.
  3. Setelah itu, pilih BPJS dan klik kotak centang Kesehatan untuk mengakses BPJS Kesehatan.
  4. Kemudian masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan milikmu lalu pilih bulan yang ingin dilakukan pengecekan atau pembayaran.
  5. Selanjutnya kamu bisa klik Bayar dan secara otomatis sistem akan menampilkan rincian pembayaran BPJS Kesehatan yang perlu kamu lakukan pembayaran.
  6. Jika ingin melanjutkan pembayaran, lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap semua data. Apabila dirasa sudah benar maka klik Lanjut dan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, lalu klik Bayar.

Berbagai kemudahan dan banyak cara, untuk kamu bisa mengetahui besaran tagihan BPJS Kesehatan. Baik dengan menggunakan website resmi, aplikasi yang menggunakan internet, sampai solusi yang diberikan untuk kamu jika tidak memiliki akses internet.

Baca juga: Cara Cek NUPTK Aktif Dengan Nama dan NIK Secara Online

Artikel Terkait