Insomnia

Pengobatan INSOMNIA pada Akupunktur

Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan mental. Dengan tidur semua keluhan hilang atau berkurang, dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kehilangan kekuatan, kerusakan pada sistem kekebalan dan meningkatkan tekanan darah.

Apakah sebenarnya insomnia itu?

Insomnia adalah sebuah gejala (bukan penyakit) yang dapat menyertai tidur, gangguan medis dan psikiatris, ditandai oleh kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur meskipun ada peluang untuk itu.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya suatu permasalah psikologis.

Gangguan masuk tidur dan mempertahankan tidur ini dikelompokkan da

lam tiga tipe:

  1. Penderita yang tidak dapat atau sulit tidur selama 1 sampai 3 jam pertama, namun karena kelelahan akhirnya tertidur juga. Tipe ini biasanya dialami oleh penderita usia muda yang sedang mengalami kecemasan.
  2. Dapat tidur dengan mudah dan nyenyak, namun setelah 2 sampai 3 jam tidur terbangun. Kejadian ini bisa berlangsung berulang kali.
  3. Penderita dapat tidur dengan mudah dan nyenyak, namun pada pagi buta dia terbangun dan tidak dapat tidur lagi. Ini biasa dialami orang yang sedang mengalami depresi.

Apakah yang dapat menyebabkan insomnia?

Penyebabnya bervariasi antara lain kurang olahraga, khawatir, ketakutan, kecemasan, kemarahan, kekurangan gizi, kesedihan, ataupun rasa sakit.

Bagaimana akupunktur membantu penderita insomnia?

Dengan menghilangkan faktor penyebab semisal rasa sakit atau kecemasan, akupunktur dipercaya dapat meredakan insomnia. Beberapa pasien mulai tidur nyenyak setelah pengobatan akupunktur pertama mereka. Enam kali perawatan akupuntur biasanya cukup untuk mengembalikan pola tidur yang normal, bahkan pada pasien yang mengalami insomnia selama bertahun-tahun.

Mekanisme kerja akupunktur

Dengan merangsang titik akupunktur dapat merangsang kelenjar pineal (kelenjar di otak untuk menghasilkan hormone tertentu) mengeluarkan melatonin yang berfungsi mengatur siklus sirkadian (bangun/tidur) dalam tubuh.

Post Author: permana arya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *