Cara Menyembunyikan Aplikasi di Perangkat iOS & Android

Arif Rudianto April 3, 2024

Untuk menjaga privasi, pengguna smartphone mungkin melakukan berbagai cara agar smartphonenya hanya bisa dibuka dan digunakan oleh dirinya saja. Kebanyakan dari mereka menggunakan cara unik yaitu dengan menyembunyikan aplikasi tertentu.

Terkadang apabila hanya mengunci smartphone saja tidaklah cukup karena beberapa orang terdekat mungkin sudah mengetahui passwordnya. Namun dengan menyembunyikan aplikasi, tentu hanya penggunanya sendirilah yang tau cara untuk membukanya.

Sebagian pengguna smartphone mungkin masih mencari fitur yang sangat menjaga privasi ini. Namun karena memang fitur ini masih sangat langka dan jarang digunakan, jadi banyak yang mengira bahwa hal ini hanya bisa dilakukan oleh ponsel tertentu.

Nyatanya fitur ini bisa didapatkan melalui fitur bawaan ponsel ataupun melalui aplikasi tambahan yang memiliki fitur tambahan lainnya. Sehingga dengan melakukannya, maka akan membuat privasi dari pengguna smartphonenya terjaga dengan aman.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara mudah untuk melakukan hal tersebut. Jadi bagi para pembaca yang merasa penasaran dan tertarik dengan pembahasan ini, maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Mengapa Seseorang Ingin Menyembunyikan Aplikasi?

Sebagian pembaca mungkin merasa bingung mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi pada smartphonenya. Namun sebenarnya hal ini merupakan langkah yang wajar terjadi karena untuk menjaga privasi dari masing-masing penggunanya.

Memang sering kali kita mendapati smartphone yang diperiksa oleh orang tua, pasangan, maupun orang lain. Terlebih bagi anak sekolah yang terkena razia ponsel di sekolahan dan di cek seluruh isi ponselnya yang sebenarnya ponsel merupakan alat privasi.

Jadi dibutuhkan fitur atau cara untuk menyembunyikan beberapa aplikasi agar tidak dapat diketahui dan ditemukan ketika ponsel diperiksa orang tertentu. Sehingga fitur ini memang penting dimiliki oleh sebagian orang yang sangat mengutamakan privasi.

Selain itu, apa saja sih alasan mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi pada smartphonenya? Di bawah ini kami telah menyediakan beberapa alasan kuat seseorang ingin menyembunyikan beberapa aplikasi pada perangkat smartphonenya.

  1. Koleksi E-Book Pribadi
    Sebagian orang mungkin menyimpan e-book penting dalam aplikasi yang ada di smartphonenya. Tentunya ini bisa sangat privasi untuk dilihat oleh orang lain, sehingga seseorang ingin menyembunyikan aplikasi penyimpan e-book-nya.
  2. Mencegah Pembelian Online yang Tidak Diketahui
    Adanya e-commerce ini memudahkan seseorang untuk memesan barang tertentu. Aplikasi yang mudah diakses ini membuatnya sangat rawan apabila disalahgunakan orang lain. Sehingga aplikasi ini juga perlu disembunyikan.
  3. Memiliki Foto Pribadi yang Rahasia
    Selain hal-hal di atas, foto juga menjadi salah satu hal yang rahasia dan bisa dibilang tidak boleh dilihat orang lain. Sehingga alasan ini juga sangat relevan bagi seseorang yang ingin menyembunyikan beberapa aplikasi smartphonenya.
  4. Menghindari Pencurian Data
    Membiarkan ponsel atau aplikasi di dalamnya terbuka tanpa adanya pengaman mungkin akan menimbulkan pencurian data penting. Jadi alasan untuk menghindari pencurian data ini sangat relevan untuk seseorang yang menyembunyikan aplikasi.
  5. Mengamankan Konten
    Sebagai seorang konten kreator mungkin ada beberapa draft konten yang belum sempat di upload. Hal ini membuat sebagian konten kreator menyembunyikan beberapa aplikasi media sosialnya untuk mengamankan konten yang ia buat.

Beberapa Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Smartphone

Beberapa Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Smartphone

Tentu sebagian orang membutuhkan fitur ini untuk menjaga privasi smartphonenya agar lebih aman. Namun beberapa orang belum mengetahui cara untuk menyembunyikan aplikasi pada setiap smartphone sesuai merk yang dimiliki penggunanya.

Sebenarnya setiap perangkat smartphone memiliki fitur bawaan yang satu ini. Akan tetapi, ada beberapa perangkat smartphone lama yang belum menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Jadi mungkin membutuhkan aplikasi tambahan khusus.

Dengan mengetahui alasan-alasan yang sudah kami jelaskan di atas, mungkin beberapa pembaca juga menjadi tertarik untuk menggunakan fitur ini. Sebab menjaga privasi memang sangat penting dilakukan agar informasi pribadi tetap terjaga.

Sehingga walaupun ponsel yang dimiliki pembaca tidak memiliki fitur bawaan ini, maka bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan aplikasi tambahan demi menjaga privasi pribadi agar tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh orang-orang lain.

Pada artikel ini kami akan memberikan langkah-langkah cara untuk menyembunyikan aplikasi pada setiap smartphone. Bagi pembaca yang penasaran, maka tanpa berlama-lama lagi berikut ini merupakan beberapa cara ampuh melakukannya.

Baca Juga : Cara Membuat CV Menarik Agar Lebih Mudah Dilirik Rekruter

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Samsung

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Samsung

Khusus pembaca yang merupakan pengguna HP Samsung mungkin penasaran dengan cara untuk menyembunyikan aplikasi. Samsung sendiri telah menyediakan fitur bawaan khusus untuk para penggunanya dapat melakukan hal privasi tersebut.

Dimana untuk melakukannya cukup mudah dan sangat praktis tanpa perlu repot-repot melakukan hal lain. Nah, berikut ini telah kami sediakan cara khusus untuk menyembunyikan aplikasi pada HP Samsung tanpa ribet-ribet.

  • Tekan ruang kosong di layar HP.
  • Lalu, klik ikon pengaturan layar beranda.
  • Setelah itu, klik sembunyikan aplikasi.
  • Pilih beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Selanjutnya, klik Terapkan.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Xiaomi

Bagi pengguna Xiaomi, tentu cara ini sudah sangat familiar dilakukan oleh para penggunanya. Bahkan dari awal adanya ponsel merk ini, sudah tersedia fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang sekiranya terdapat banyak privasi.

Walaupun fitur ini sudah sangat familiar, kami akan tetap memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan. Sehingga pengguna baru HP Xiaomi atau sejenisnya bisa memanfaatkan fitur penyembunyian aplikasi bawaan yang mudah dilakukan.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pada bar pencarian, ketik Apl tersembunyi.
  • Pilihlah aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Maka secara otomatis aplikasi akan tersembunyi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi HP OPPO

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP OPPO

Pengguna smartphone OPPO juga bisa melakukan penyembunyian aplikasi melalui fitur bawaannya. Dimana untuk menyembunyikannya sendiri sangatlah mudah dan juga tidak perlu melakukan langkah-langkah yang sangat sulit untuk dilakukan.

Walaupun begitu, langkah-langkah untuk melakukannya perlu dijelaskan bagi para pengguna awam. Sehingga ketika ingin melakukan penyembunyian aplikasi, maka akan jauh lebih mudah dibanding harus mencari fitur bawaannya terlebih dahulu.

  • Bukalah menu pengaturan ponsel, lalu pilih password & biometrics.
  • Setelah itu, pilih opsi Privacy Password, lalu klik Hide Apps.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Selanjutnya, ada beberapa langkah untuk membuat Access Code untuk menyembunyikan aplikasi.
  • Kemudian, aplikasi yang ingin disembunyikan akan otomatis tersembunyi.

4. Cara Menyembunyikan Aplikasi Vivo

Cara Menyembunyikan Aplikasi Vivo

Pengguna HP Vivo juga bisa melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Dimana cara yang dilakukan juga sangat mudah untuk dilakukan tanpa perlu melakukan beberapa langkah yang ribet bagi penggunanya.

Nah, pada artikel ini kami juga sudah menyediakan beberapa langkah cara mudah untuk menyembunyikan aplikasi pada smartphone Vivo. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah mudah untuk menyembunyikan aplikasinya.

Baca Juga : Cara Download Video CapCut Mudah Tanpa Watermark (HD)

  • Pada tampilan awal, klik menu tiga ikon pada bagian paling kiri homescreen.
  • Setelah itu, pilih menu hide icon.
  • Masukkan PIN atau pola lain yang kamu gunakan untuk mengunci ponsel.
  • Kemudian, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Apabila sudah, pilih Encryption settings untuk memberi pola kunci pada aplikasi yang ingin disembunyikan.

5. Cara Menyembunyikan Aplikasi iPhone

Cara Menyembunyikan Aplikasi iPhone

Selain ponsel Android, smartphone iPhone juga memiliki fitur yang fungsinya untuk menyembunyikan aplikasi. Dimana cara yang dilakukan untuk melakukan penyembunyian aplikasi pada iPhone ini sangatlah mudah dan praktis untuk dilakukan.

Selain itu, untuk melakukannya juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan aplikasinya. Sehingga sama seperti perangkat Android, iPhone juga memiliki fitur bawaan yang untuk memanfaatkannya seperti yang di bawah ini.

  • Buka aplikasi App Store pada iPhone.
  • Ketuk tombol akun atau gambar foto pengguna di bagian atas layar.
  • Setelah itu, pilih dibeli dan pembelian saya jika menggunakan layanan keluarga berbagi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu usap aplikasi tersebut ke kiri layar.
  • Pilih sembunyikan, lalu klik selesai.

Baca Juga : Daftar Pinjol Ilegal yang Masih Aktif dan Cara Mengetahuinya

6. Cara Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Aplikasi Khusus dan Folder Aman

Cara Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Aplikasi Khusus dan Folder Aman

Selain menggunakan fitur bawaan, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang tersedia pada Google Play atau App Store. Sejumlah aplikasi yang bisa digunakan adalah Nova Launcher, App Hider, Vault, atau aplikasi sejenis yang lainnya.

Pengguna juga bisa menggunakan cara yaitu memanfaatkan folder aman yang mana biasanya fitur ini juga tersedia pada ponsel jenis terbaru. Namun apabila ponsel pengguna tidak memiliki fitur tersebut, maka bisa memanfaatkan aplikasi tambahan.

  • Untuk memanfaatkan fitur folder aman, buka Pengaturan ponsel.
  • Pilih menu Cek biometrik dan keamanan.
  • Masuk ke Secured Folder.
  • Di sana, pengguna bisa mengatur aplikasi yang ingin disembunyikan pada folder.

Artikel Terkait