Daftar Pinjol Ilegal yang Masih Aktif dan Cara Mengetahuinya

Bunga Malam April 16, 2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menemukan 85 daftar pinjol ilegal beroperasi hingga Februari 2023.

Masyarakat harus menjauhi layanan pinjaman ilegal agar tidak menjadi korban dan lebih baik menggunakan aplikasi pinjaman legal yang terdaftar di OJK.

Pinjaman ilegal semakin marak beroperasi pada 2023. Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengatur pinjaman dari perusahaan financial technology (fintech) ilegal sepanjang Februari 2023.

Saat ini ada 102 aplikasi pinjaman resmi yang terdaftar di OJK pada tahun 2023. Penggunaan layanan pinjaman resmi yang terdaftar di OJK 2023 lebih aman karena diawasi oleh otoritas.

Pinjol Ilegal 2023 Cepat Cair Tanpa Verifikasi yang Masih Aktif & Tidak Harus Bayar

Pernahkah kamu tergoda untuk mencoba aplikasi pinjaman online yang menawarkan bunga rendah dan proses pengajuan yang cepat? Hati-hati, karena tidak semua aplikasi pinjaman resmi dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penggunaan aplikasi pinjaman ilegal 2023 cair cepat tanpa verifikasi dapat berdampak buruk bagi keuangan kamu, bahkan dapat mengancam keselamatan dan keamanan pribadi. Hati-hati diteror Debt Collector (DC).

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa daftar aplikasi pinjaman ilegal tanpa verifikasi wajah yang harus kamu hindari:

1. KreditQ

daftar pinjol ilegal

Daftar pinjol ilegal yang pertama yaitu KreditQ, KreditQ dalah fasilitas pinjaman tanpa agunan dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati. Sepintas terlihat terpercaya, namun pemerintah mencurigai KreditQ mencuri data pribadi pengguna.

Itu sebabnya mereka secara resmi menutup APK pinjaman ilegal, kamu tidak perlu membayar untuk yang ini.

2. CashCash Now

daftar pinjol ilegal

Selanjutnya daftar pinjol ilegal yang kedua adalah Cashcash Now. Bagi pengguna baru CashCashNow memang memiliki penawaran yang cukup menggiurkan yaitu limit awal yang tinggi hingga Rp 10 juta.

Kamu juga tidak perlu memberikan deposit dan tidak ada pemotongan biaya lainnya.

Namun, banyak kasus di mana pengguna mengalami ancaman oleh DC meskipun tanggal jatuh temponya jauh. DC mengancam akan membagikan data pribadi peminjam. Itu sebabnya OJK juga menutup aplikasi ini.

3. Doku Kas

dokukas

Hati-hati, geng. Masalahnya, Doku Kas memiliki skema untuk menjebak para peminjamnya. Mereka menyalahgunakan data pribadi pengguna dan menyebarkannya. Akibatnya, baik produk Doku Cash maupun Doku diblokir oleh OJK.

4. Pinjaman SoFi

daftar pinjol ilegal

Pinjaman SoFi adalah salah satu daftar pinjol ilegal yang menawarkan batas pinjaman tinggi mulai dari US$5.000 – US$100.000. Namun banyak hal yang mencurigakan dari aplikasi ini, akibatnya pemerintah menutupnya sejak Februari 2022.

5. Uang mudah

uang mudah

Syarat pinjam uang di Easy Money adalah kamu baru berusia 18 tahun ke atas, memiliki KTP, dan rekening bank. Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 200.000 – Rp. 8 juta!

Meski syaratnya mudah, APK pinjaman aktif ilegal ini belum terdaftar di OJK sehingga belum bisa dipastikan keamanannya. Jadi, berhati-hatilah sebelum menggunakan aplikasi ini.

6. UangMe

uangme

Meski menawarkan limit pinjaman yang tinggi yaitu Rp. 2 juta – Rp. 8 juta hanya dengan KTP, jangan coba-coba pakai Money Me.

Soalnya, standar keamanan yang ditetapkan oleh aplikasi ini untuk data konsumen tidak sesuai standar. Ditambah lagi ada kecurigaan akan aktivitas Money Game di dalamnya.

7. AkuRupiah

aku rupiah

Berikutnya ada daftar pinjol ilegal AkuRupiah yang menawarkan pencairan dana pinjaman cepat 24 jam. Yap, pinjaman kamu akan cair dalam waktu 5 menit dan bisa dicicil dengan tenor 90 hari.

Namun, AkuRupiah diduga melakukan kegiatan money game dan dianggap ilegal oleh OJK. Aplikasi ini juga telah dihapus dari Play Store.

8. Dokter Uang

dokter uang

Terakhir ada Money Doctor, aplikasi pinjaman ilegal 2023 cepat habis yang memang harus kamu hindari. Memang, tawaran bunga rendah dan limit pinjaman tinggi begitu menggiurkan, tapi belum terdaftar di OJK!

Nah, itulah daftar aplikasi pinjaman ilegal 2023 yang berjalan cepat yang bisa kamu ketahui di luar sana.

Ingat, meskipun mereka menawarkan penawaran menarik dengan batas tinggi, bunga rendah, dan tanpa biaya tambahan, kamu tidak boleh mempercayai mereka.

Soalnya, ada lebih banyak kerugian daripada keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Lebih baik pinjam uang dari aplikasi pinjaman hukum cepat cair yang terdaftar resmi dan aman di OJK.

9. AsaKita

asa kita

Aplikasi pinjaman online tanpa verifikasi wajah yang pertama adalah AsaKita. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Sedangkan untuk mengajukan pinjaman di AsaKita sebenarnya bisa dilakukan tanpa verifikasi wajah. Sebab, kamu hanya perlu menyiapkan persyaratan berupa eKTP, nomor ponsel, email, dan koneksi internet.

Setelah menyiapkan semua persyaratan, selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk pengajuannya. Selain itu AsaKita juga memberikan limit pinjaman yang cukup besar yaitu mulai dari Rp. 500 ribu – Rp 3 juta.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih tenor pengembalian hingga 12 bulan (1 tahun).

Artikel lainnya:

10. KoinWorks

koin works

Selanjutnya, ada juga aplikasi pinjaman online legal alias telah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan memungkinkan pengguna mendapatkan limit pinjaman tanpa perlu melalui proses verifikasi wajah.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang kami peroleh, aplikasi KoinWorks mampu memberikan limit pinjaman hingga Rp. 2 miliar.

Namun dengan limit yang begitu besar ditambah proses pengajuan bisa dilakukan tanpa verifikasi wajah, tentunya KoinWorks memberlakukan syarat lain bagi calon pengguna.

Ya, syarat utama untuk mengajukan pinjaman dalam aplikasi ini adalah kamu harus memiliki SIUP dan usaha yang kamu jalankan minimal sudah berjalan selama 1 tahun.

11. Prima Plus

prima plus

Selanjutnya ada aplikasi pinjaman online bernama Prima Plus yang memungkinkan pengguna mendapatkan limit pinjaman antara Rp. 500 ribu – Rp 4 juta.

Tenor pengembalian yang tersedia berkisar antara 7 hari hingga 30 hari (1 bulan). Sedangkan proses pengajuan pinjaman di aplikasi Prima Plus tidak mengenal proses pemindaian wajah.

Disini kamu hanya perlu menyiapkan eKTP sebagai syarat utama pengajuan. Namun tetap harus berhati-hati, karena aplikasi Prima Plus sendiri belum terdaftar di sistem OJK.

12. DanaBijak

daftar pinjol ilegal

Pinjaman online tanpa perlu melakukan scan wajah juga bisa ditawarkan oleh aplikasi Dana Bijak. Aplikasi ini hanya menanyakan syarat berupa eKTP, foto selfie sambil memegang eKTP, NPWP dan mengisi formulir data diri.

Sedangkan Dana Bijak juga memberikan limit pinjaman yang cukup besar dengan proses pencairan kurang lebih 15 menit. Selain dapat diakses melalui aplikasi, kamu juga dapat mengajukan pinjaman melalui situs resmi Dana Bijak di https://danabijak.com.

Tips Memilih Dan Menghindari Bahaya Pinjaman Ilegal yang Ada di Indonesia

daftar pinjol ilegal

Bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih Pinjol untuk menghindari resiko penipuan dan peretasan data. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari bahaya pinjaman ilegal:

1. Teliti dan Periksa Reputasi Pinjaman

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, pastikan Pinjaman tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selain itu, cek reputasi Pinjol dengan mencari informasi melalui media sosial atau forum diskusi.

2. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Sebelum mengajukan pinjaman, pertimbangkan baik-baik kebutuhan dan kemampuan kamu untuk membayar. Jangan tergiur dengan pinjaman yang memberikan bunga rendah atau cepat cair, tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar.

3. Pahami Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Sebelum menandatangani perjanjian, pastikan untuk membaca dengan seksama dan memahami syarat dan ketentuan pinjaman. Jangan sampai ada ketentuan yang merugikan atau tersembunyi yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi Sensitif

Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi yang sensitif seperti nomor identitas, nomor rekening, atau kata sandi akun kepada peminjam yang tidak dipercaya. Ini untuk menghindari peretasan data atau penipuan.

Artikel Terkait