CV Perusahaan Untuk Fresh Graduate yang Menarik (Word)

Cahaya Bintang February 24, 2024

Bagi kamu yang fresh graduate atau baru lulus sekolah dan menjadi respon tentunya hal yang paling kamu nantikan adalah lowongan kerja. Oleh sebab itu kamu bisa mempersiapkan CV perusahaan, supaya lamaranmu bisa diterima di kerjaan.

Nah, langkah pertama yang harus disiapkan adalah CV atau curriculum vitae yang berfungsi sebagai tempat memperkenalkan dan mempromosikan diri kamu ke perusahaan yang kamu incar. Karena CV adalah hal yang menjebak, tentunya kamu memerlukan contoh CV.

Untungnya, contoh CV yang kamu lihat menarik tetapi mudah dibuat untuk pemula. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa menulis CV itu sulit dan menyita waktu.

Buat kamu yang bingung, berikut ini contoh CV yang tepat dan cara membuatnya mudah bagi kamu sebagai fresh graduate, namun tetap menarik agar perusahaan melirik kamu.

Contoh CV Bahasa Indonesia untuk Fresh Graduate

CV atau curriculum vitae berasal dari bahasa latin yang berarti ‘way of life’. Makanya dalam contoh CV yang benar, sebaiknya jangan menuliskan sejarah atau perjalanan hidup yang panjang atau berliku.

Baca juga: Cara Membuat CV Menarik Agar Lebih Mudah Dilirik Rekruter

Kamu harus menampilkan slogan dan kisah hidup yang mendukung nilai jual kamu agar perusahaan melirik kamu. adapun contoh CV sebagai berikut:

1. Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik

Contoh CV Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Kapan CV bahasa Inggris dibutuhkan. Tentunya saat melamar pekerjaan ke perusahaan asing atau multinasional. Perusahaan yang memiliki kantor di lebih dari satu negara biasanya menggunakan formulir dokumen berbahasa Inggris. Oleh karena itu, CV dan cover letter juga harus ditulis dalam bahasa Inggris. adapun contoh CV sebagai berikut:

1. Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris

Simak Berbagai Langkah-langkah Mudah Untuk Membuat CV

Simak Berbagai Langkah-langkah Mudah Untuk Membuat CV

Sebelum membuat dan mencetak CV, pastikan bagian-bagian penting sudah tercantum di dalamnya. Berikut beberapa langkah membuat CV yang bisa diikuti.

1. Masukkan Data Identitas Dengan Benar

Contoh CV yang benar adalah dengan memasukkan data diri atau data identitas diri dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama lengkap, alamat, nomor telepon kontak, alamat email, dan alamat media sosial lainnya. Pastikan media sosial kamu terlihat normal. Karena bisa jadi perusahaan yang kamu tuju benar-benar melihat media sosial kamu.

Baca juga: Cara Lengkap Membuat CV Ats Friendly Indonesia yang Benar

Kemudian di contoh CV, deskripsikan diri kamu dengan baik. Deskripsi diri ini mencakup usia kamu, kondisi kesehatan, kemampuan bahasa, dan beberapa perasaan tentang pendidikan terakhir kamu. Misalnya, kamu berasal dari lulusan mana dengan nilai memuaskan.

2. Masukkan Riwayat Pendidikan

Sejarah pendidikan adalah hal penting lainnya dalam contoh CV. Tidak perlu menulis secara berurutan mulai dari pendidikan di Taman Kanak-Kanak. Pendidikan cukup di SD, SMP, SMA, dan Universitas. Juga sertakan durasi pendidikan kamu di masing-masing.

Jika kamu memiliki riwayat pendidikan informal lainnya, kamu dapat mencantumkannya di bagian contoh CV ini.

3. Masukkan pengalaman kerja atau pengalaman organisasi (jika ada)

Jika sebelum melamar pekerjaan ini kamu sudah memiliki pengalaman kerja, maka jangan ragu untuk menuliskan apa saja yang ada di dalam contoh CV. Tetap detail di perusahaan tempat kamu bekerja, durasi kerja, posisi, dan level atau jenjang karir yang kamu dapatkan. Walaupun kamu bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam contoh CV kamu.

Selain pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi juga bisa menjadi nilai plus bagi kamu. Apalagi jika dalam organisasi kamu menduduki atau memegang jabatan yang cukup berharga. Pertahankan atau jelaskan secara detail aktivitas yang kamu lakukan dan dampaknya terhadap pengembangan diri kamu.

4. Tunjukkan Kualifikasi Diri yang Kamu Miliki

Selain pendidikan yang berkualitas, perusahaan juga akan melihat kualifikasi khusus yang kamu miliki. Apalagi jika kamu berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan itu. Jadi jangan ragu untuk menulis di contoh CV.

5. Melemahkan Ketrampilan Pribadi Kemampuan Pendukung

Tidak hanya gambaran diri dan pendidikan, atasan juga ingin mengetahui kepribadian kamu seutuhnya. Sehingga kamu dapat menuliskan atau menjelaskan keterampilan pribadi yang kemudian mendukung kemampuan kamu dalam bekerja. Jadi jangan lupa sertakan dalam contoh CV.

6. Terlampir pada Prestasi atau Penghargaan yang Kamu Raih

Jika kamu memiliki kemampuan khusus, maka ini adalah nilai tambah. Perjuangkan prestasi atau penghargaan yang telah kamu raih secara detail, termasuk berapa tahun, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

7. Terlampir Secara Singkat, Kokoh, dan Jelas

Setelah kamu melengkapi contoh CV dengan lengkap, pastikan bahwa kamu dapat menjelaskannya secara singkat, padat dan jelas. Gunakan kata-kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien.

Lalu tuliskan setiap alur kisah hidup secara runtut. Termasuk tingkat pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang telah kamucapai. Jangan menulisnya dengan cepat.

Cantumkan dalam contoh CV, jangan gunakan nama yang berlebihan atau aneh untuk alamat email seperti celaluimuth@gmail.com.

Itulah contoh CV lengkap, menarik, dan mudah dibuat oleh pemula. Selain dalam bentuk dokumen atau kata, perusahaan sering meminta contoh CV dalam bentuk PDF. Karena itu jangan lupa untuk mengubahnya menjadi PDF.

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Sangat Cocok Bagi Fres Graduate

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Sangat Cocok Bagi Fres Graduate

Tidak hanya melamar di perusahaan dalam negeri, terkadang kamu juga tergiur untuk melamar di perusahaan asing di Indonesia atau bahkan perusahaan di luar negeri.

Selain kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sebagai bahasa internasional dan mental baja, hal teknis lain yang harus kamu lakukan adalah CV atau curriculum vitae yang ditulis dalam bahasa Inggris. Apakah itu terdengar sulit?

Jika kamu sabar dan mau berusaha, menulis CV dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit. Prinsipnya sama dengan menulis CV menggunakan bahasa Indonesia.

Hanya saja, kamu harus menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang formal, efektif, dan mudah dipahami. Jangan menulisnya panjang lebar karena akan terlihat tidak menarik. Pada contoh CV Bahasa Inggris, beberapa bagian yang harus dicantumkan adalah sebagai berikut.

1. Profil

Dalam contoh CV bahasa Inggris, hal pertama yang harus kamu tulis adalah bagian profil. Bagian ini menjelaskan secara detail namun efektif tentang profil kamu dengan cara yang positif.

2. Kontak

Dalam contoh CV bahasa Inggris, hal kedua yang harus kamu tulis adalah kontak. Sesuai namanya, bagian ini menjelaskan atau mencantumkan cara menghubungi kamu.

Bagian ini berisi nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat akun Skype yang biasa digunakan untuk alat wawancara online, alamat email, dan alamat akun Linkedin.com. Gunakan nama atau alamat formal dan jangan berlebihan agar terlihat profesional.

3. Keterampilan

Keterampilan atau kemampuan adalah hal penting lain yang diperhatikan perusahaan selain pendidikan. Oleh karena itu, isi bagian ini dengan sepositif dan semenarik mungkin. Karena kemampuan bisa menjadi nilai dan pertimbangan positif bagi perusahaan untuk mempekerjakan kamu.

4. Pendidikan

Pada bagian pendidikan atau pendidikan, tuliskan jenjang pendidikan yang telah kamu tempuh. Pada contoh CV Bahasa Inggris, kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan kamu sejak pertama kali bersekolah. Cukup tuliskan universitas tempat kamu kuliah beserta alamatnya dan sertakan juga IPK yang kamu raih.

Jika kamu pernah mengikuti pendidikan informal, sertakan juga di bagian ini. Berlangsung secara detail, berapa lama kamu mengambilnya, dan di mana lokasinya.

5. Pengalaman

Pengalaman dalam contoh CV Bahasa Inggris terkait dengan pengalaman kerja sebelumnya. Baik itu pekerjaan yang bersifat formal, informal, maupun sukarela.

Terakhir, berapa lama kamu tinggal, di posisi mana kamu bekerja, dan jelaskan tentang posisi pekerjaan tersebut. tertarik secara koheren dari tahun pertama kamu bekerja kemudian berlanjut ke pengalaman kerja formal atau informal berikutnya.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi yang Singkat Beserta Strukturnya

Artikel Terkait